Contoh Teks MC Akad Nikah

Sumber : Twitter.com

Terdapat banyak hal yang perlu dipersiapkan saat menjelang hari H pernikahan. Seperti persiapan pengajian, penyebaran undangan pernikahan, persiapan resepsi pernikahan dan akad nikah. Namun, dari beberapa hal di atas, acara yang paling sakral dan dinantikan dalam pernikahan adalah acara akad nikah. Di mana dalam acara ini kedua calon mempelai akan mengikrarkan janji suci di hadapan penghulu dan para saksi pernikahan. sebagai acara yang paling sakral di dalam pernikahan, maka pelaksanaan akad nikah harus dipersiapkan sebaik mungkin. Termasuk dalam mempersiapkan teks mc untuk acara akad nikah. Hal ini dilakukan agar dapat meminimalisir kesalahan sehingga prosesi akad nikah dapat berjalan dengan lancar dan khidmat. Berikut ini adalah contoh teks mc akad nikah yang banyak digunakan dalam acara akad nikah.

Sumber : Trifaris.net

1. Kedatangan Mempelai Pria

Selamat datang kami ucapkan kepada rombongan keluarga besar pengantin pria, keluarga dari … yang merupakan putra dari pasangan Bapak … dan Ibu …

Suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami atas kedatangan keluarga yang hadir dengan penuh cinta.

Sekali lagi dari hati yang paling dalam, kami mengucapkan selamat datang kepada keluarga besar … yang telah datang dari Kota … menuju ke sini.

2. Pengalungan Bunga

Sebagai tanda cinta yang tulus dan suci, maka selanjutnya akan dilangsungkan prosesi pengalungan bunga yang akan diberikan oleh ibunda dari mempelai wanita kepada calon pengantin pria.

Kepada yang terkasih, Ibu … dan juga ananda … untuk melangkah melakukan prosesi pengalungan bunga. Silahkan melangkahkan kaki seraya mengucapkan basmallah, agar setiap langkah kaki kita senantiasa berada dalam ketulusan dan niat untuk menggapai Ridho-Nya.

Alhamdulillah prosesi pengalungan bunga telah selesai, semoga ini menjadi langkah awal agar prosesi akad nikah yang sesaat lagi akan dilaksanakan dapat berjalan dengan khidmat dan penuh keridhoan.

Baca juga:  Mengulik Program Kerja Osis Sampai Tuntas

Untuk melangsungkan acara berikutnya, kami mengundang seluruh keluarga besar dari calon pengantin pria untuk memasuki ruangan utama dan menempati kursi yang telah disediakan.

3. Pembukaan Akad Nikah

Bismillahirrahmanirrahim…

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillaahirabbil’aalamiin, wa sholatu wassalamu ala nabiyyina mursaliin wa ala alihi wa shohbihii ajma’in. Amma ba’du. Yang kami hormati, Bapak … dari Kantor Urusan Agama dari kecamatan …

Yang kami sayangi, Bapak … dan Ibu … beserta seluruh keluarga besar.

Yang kami sayangi, keluarga besar Bapak … dan Ibu Siti …

Dan yang kita banggakan, ananda berdua calon mempelai … dan …

Serta kerabat dan para tamu undangan yang kami hormati.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, segala puji kita persembahkan hanya kepada Allah ‘Azza wa Jalla. Dzat yang Maha Rahman dan dzat yang Maha Rahim, sehingga dengannya izin-Nya kita dapat berkumpul pada hari ini: Hari, dd/mm/yy. Dalam rangkaian acara prosesi akad nikah, antara ananda … dan …

Tidak lupa, sholawat salam semoga senantiasa tercurah limpahkan kepada suri tauladan terbaik dalam hidup kita, yang membawa perubahan besar bagi alam semesta. Yakni junjungan nabi kita, nabi Muhammad SAW. Sosok yang sangat kita nanti-nantikan syafaatnya kelak di yaumil qiyamah.

Hadirin tamu undangan yang berbahagia

InsyaAllah tidak lama lagi kita akan menyaksikan bersama-sama, dua hati yang terpaut dalam satu janji.

Janji yang akan mengubah segalanya, janji yang akan mengubah sesuatu yang semula haram menjadi sesuatu yang halal, janji yang dengannya menjadikan segala hal sebagai rangkaian ibadah yang luar biasa.

Janji antara dua insan yang yang bernama … dan …. … adalah putri pertama dari pasangan Bapak … dan Ibu …. … adalah putra kedua dari pasangan Bapak … dan Ibu …

Baca juga:  Viral Video Pengurus Banser 'Dinyanyikan Saat Sakaratul Maut', Simak Kisahnya

4. Sambutan Penyerahan Calon Pengantin Pria

Memasuki acara selanjutnya, yaitu sambutan calon pengantin pria. Untuk mengetahui mengenai kedatangan dan tujuan dari rombongan calon pengantin pria, maka kita akan menyimak dengan seksama sambutan dari pihak calon pengantin pria yang akan disampaikan oleh Bapak … Kepada Bapak … waktu dan tempat kami persilahkan.

5. Sambutan Penerimaan Calon Pengantin Wanita

Itu sambutan yang disampaikan oleh Bapak … selaku perwakilan dari keluarga pengantin pria. Semoga niat dan tujuan yang sangat mulia ini mendapat ridho-Nya. Aamiin.

Selanjutnya, kita akan an mendengarkan juga sambutan penerimaan dari pihak calon pengantin wanita. Pada kesempatan kali ini akan disampaikan oleh Bapak … Kepada Bapak … waktu dan tempat kami persilahkan.

6. Simbolisasi Penyerahan

Alhamdulillah, baru saja kita mendengar bersama-sama, sambutan penyerahan dan sambutan penerimaan dari kedua keluarga calon mempelai.

InsyaAllah niat dan tekad yang baik akan mendapatkan Ridho-Nya, selanjutnya sebagai tanda cinta dari keluarga calon pengantin pria, maka akan dilakukan penyerahan berupa seserahan secara simbolis.

Penyerahan akan diberikan oleh ibunda dari … yaitu Ibu .., kepada ibunda … yaitu Ibu …. Kepada Ibu … dan Ibu …, kami persilahkan untuk maju ke depan.

Alhamdulillah, penyerahan seserahan secara simbolis sudah dilaksanakan. 

7. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

Tidak terasa kita akan menuju acara inti, acara yang paling ditunggu-tunggu. Namun sebelum menuju acara inti, mari kita dengarkan terlebih dahulu secara seksama, lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang akan dibacakan oleh Saudara … Kepada Saudara/i … waktu dan tempat kami persilahkan.

Baca juga:  Heboh! Intip 5 Fakta Pernikahan Hyun Bin dan So Ye Jin Hari Ini

8. Prosesi Akad Nikah

Hadirin yang berbahagia

Kini kita telah sampai pada acara inti yang sangat kita nantikan, yakni prosesi akad nikah.

Sebelum memulai prosesi akad nikah, marilah sejenak kita beristighfar kepada Allah SWT, mungkin selama melangkahkan kaki ada khilaf dan lupa dari diri kita. Astaghfirullahal’adzim.

Kemudian dilanjut dengan mengucapkan hamdalah, mungkin selama ini ada banyak nikmat yang telah Allah beri namun kita jarang untuk mensyukuri. Alhamdulillah.

Hadirin tamu undangan yang berbahagia

Agar prosesi akad nikah dapat berjalan dengan khidmat, kami menghimbau kepada seluruh tamu undangan untuk bisa mengikuti jalannya acara secara khusyu serta agar dapat mengkondisikan alat komunikasi dalam kondisi silent.

Kemudian saat ijab kabul sudah terucap, kami mengajak tamu undangan sekalian untuk mengucapkan hamdalah doa pernikahan secara bersama-sama.

barakallahulaka wabaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khair

Langsung saja, prosesi akad nikah akan langsung dipandu oleh Bapak … dari KUA …. Kepada Bapak … waktu dan tempat kami persilahkan.

9. Sungkeman

Alhamdulillah, prosesi akad nikah dapat berjalan dengan lancar dan khidmat. Selanjutnya adalah prosesi sungkeman, sebagai tanda ungkapan cinta dari kedua mempelai kepada orangtua.

10. Penutup

Para hadirin yang berbahagia, acara demi acara telah kita lalui bersama-sama. Kini kita tiba pada penghujung acara yaitu penutup. Semoga acara akad nikah pada hari mendapatkan keberkahan dan ridho Allah SWT dan saya selaku pembawa acara pada hari ini izin mengundurkan diri, terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikianlah contoh teks mc akad nikah yang dapat dijadikan referensi ketika nantinya kamu diminta untuk memandu acara dalam acara akad nikah.

Sumber Tulisan :

https://trifaris.net/teks-susunan-acara-akad-nikah/