Contoh Soal Essay Teks Prosedur dan Jawabannya

Sumber : rankingkelas.net

Apakah kamu pernah membaca keterangan dari sebuah produk untuk mengetahui langkah-langkah penggunaannya? Misalnya, kamu baru saja membeli wireless earphone. Pastinya kamu akan membaca terlebih dahulu petunjuk penggunaannya, kan? Nah, teks yang berisi petunjuk penggunaan itulah yang dinamakan dengan teks prosedur. Teks prosedur adalah teks yang berisi petunjuk untuk melakukan sesuatu, termasuk langkah-langkah yang perlu dilakukan, ini supaya tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Nah, biar kamu lebih paham lagi tentang teks prosedur, kami telah menyiapkan contoh soal essay teks prosedur dan jawabannya. Yuk, kita kerjakan bersama-sama dengan cermat dan teliti, ya !

  1. Teks yang berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan adalah …
  2. Bagian yang berisi urutan proses atau cara-cara dalam melakukan sesuatu, di mana pada bagian terdapat kata keterangan seperti pertama, kedua, selanjutnya, setelah itu, dan lain-lain adalah …
  3. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis teks prosedur !
  4. Buatlah contoh teks prosedur sederhana dan protokol !
  5. Apa manfaat dari penyusunan teks prosedur?
  6. Sebutkan ciri kebahasaan dalam teks prosedur !
  7. Sebutkan struktur dalam penyusunan teks prosedur !
  8. Sebutkan kalimat yang terdapat dalam teks prosedur !
  9. Apa yang dimaksud kalimat imperatif ?
  10. Apa yang dimaksud kalimat deklaratif ?

Jawaban :

1. Teks prosedur

Baca juga:  Bagaimana Proses Pembentukan Minyak Bumi?

2. Langkah-langkah

3. Adapun jenis-jenis dari teks prosedur adalah sebagai berikut :

a. Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana adalah teks prosedur yang hanya berisi dua atau tiga langkah saja. Proses dan langkah-langkah yang dijelaskan dalam teks prosedur sederhana juga tidak terlalu rumit dan mudah dipahami.

b. Teks Prosedur Kompleks

Sedikit berbeda dengan teks prosedur sederhana, teks prosedur kompleks mempunyai banyak arahan secara detail. Teks prosedur kompleks memiliki banyak langkah dan memiliki jenjang untuk setiap tahapannya. Teks ini banyak digunakan pada aktivitas yang memerlukan banyak dokumen atau melibatkan banyak pihak.

c. Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol merupakan teks prosedur yang langkah-langkahnya tidak harus berurutan dan dapat dikerjakan secara acak pada bagian mana pun terlebih dahulu. Akan tetapi, tujuan akhirnya tetap bisa tercapai.

4. Berikut ini adalah contoh teks prosedur sederhana. Di mana untuk yang jenis ini, bisa dibilang cukup sederhana karena hanya berisi beberapa langkah saja dan sangat mudah diikuti. 

Cara mengirimkan lamaran pekerjaan via email

Berikut cara mengirim lamaran pekerjaan dengan benar: 

a. Siapkan seluruh berkas yang diperlukan, seperti surat lamaran, biodata diri, dan juga portofolio pekerjaanmu sebelumnya (jika ada)!

Baca juga:  Format Pembuatan LKS yang Baik dan Benar? Pelajari Disini!

b. Pastikan juga kamu menulis judul email, kata pengantar berupa maksud dan tujuan di bagian badan email, dan jangan lupa mencantumkan berkas-berkas yang dibutuhkan dalam bentuk soft file dalam e-mail!

c. Cek kembali seluruh kelengkapan, seperti alamat email tujuan, dan hindari kesalahan penulisan dalam surat elektronik lamaran pekerjaanmu!

Sumber : cnnindonesia.com

Selanjutnya adalah teks prosedur protokol, di mana kamu dapat secara bebas mengikuti teks prosedur secara baik secara teratur, maupun tidak mengikuti urutan pengerjaannya. Salah satu contohnya, yakni cara memasak mie instan.

Cara Membuat Mie Instan

a. Masak 200 ml air matang. Jika sudah mendidih, masukkan mie ke dalamnya hingga tercelup seluruhnya.

b. Tuang bumbu yang ada dalam kemasan mi instan ke dalam mangkok!

c. Jika mie sudah matang dan lembut, lalu tiriskan air dan tuang mie ke dalam mangkok yang sudah terisi bumbu sebelumnya.

d. Aduk merata hingga bumbu tercampur.

e. Mie instan pun siap disajikan dengan pelengkap telur rebus atau irisan cabai rawit.

5. Dalam kehidupan sehari-hari teks prosedur memiliki manfaat sebagai petunjuk bagi pembaca untuk melakukan/membuat/menggunakan sesuatu secara tepat dan teratur sehingga dapat mencapai hasil yang diinginkan.

Baca juga:  Inilah 7 Organisasi Luar Kampus yang Menarik, Mana Pilihan Kamu?

6. Jika ditinjau dari segi kebahasaannya, maka teks prosedur memiliki ciri-ciri diantaranya :

a. Menggunakan kalimat perintah, hal ini sesuai dengan tujuan teks prosedur yang akan menginstruksikan pembaca untuk melaksanakan suatu kegiatan dalam langkahnya.

b. Terdapat kalimat saran, dan larangan agar diperoleh hasil maksimal pada waktu menggunakan, membuat.

c. Menggunakan kata dengan ukuran dan satuan yang akurat (misalnya: ¼ gram tepung, dsb).

d. Menggunakan kelompok kalimat dengan batasan yang jelas (contohnya: rebus hingga menjadi bubur, lipat bagian ujung kanan sehingga membentuk segitiga sama kaki, dsb).

7. Struktur teks prosedur terdiri dari: tujuan, alat dan bahan (untuk jenis prosedur cara membuat), langkah-langkah (tahapan), dan penutup.

8. Dalam teks prosedur terdapat beberapa jenis kalimat diantara yaitu kalimat imperatif, kalimat deklaratif dan kalimat interogatif.

9. Kalimat imperatif adalah kalimat yang mengandung maksud memerintah atau meminta dengan tujuan agar melakukan sesuatu yang diinginkan.

10. Kalimat deklaratif adalah kalimat yang menyatakan sebuah pernyataan dengan tujuan untuk memberikan informasi.

Itulah beberapa contoh soal essay teks prosedur dan jawabannya. Semoga bisa menjadi bahan referensimu untuk berlatih dan semoga bermanfaat, ya !

Sumber Tulisan :

https://umar-danny.blogspot.com/2018/08/contoh-soal-essay-bahasa-indonesia-k13.html

https://serupa.id/teks-prosedur-pengertian-ciri-jenis-tujuan-kaidah-langkah/