Contoh Nilai Rapor yang diterima SNMPTN

Sumber gambar : smk1pbs.sch.id

Contoh nilai rapor yang diterima SNMPTN penting untuk kalian ketahui apabila tertarik ikut seleksi Perguruan Tinggi Negeri jalur satu ini. Bahkan banyak sekali baik siswa siswi jenjang SMA, SMK atau pun MA sendiri bertanya tentang nilai rapor sehingga bisa diterima di PTN pilihan. Pasalnya seleksinya sendiri sangatlah ketat sehingga peluang lolos harus bersaing.

Sebelum mengetahui contoh nilai rapor yang diterima SNMPTN, penting untuk kalian pahami jika di seleksi SNMPTN tak hanya dilihat berdasarkan nilai dalam rapor semata. Sebab nilai dalam rapor hanyalah menjadi salah satu untuk kriteria yang termasuk kategori penilaian seleksi tersebut. Penilaian tersebut ada rata-rata, persebaran alumni, prestasi lainnya serta konsistensi untuk nilai tersebut. Pasalnya terdapat sejumlah kriteria penilaian lainnya sehingga berpengaruh pula terhadap tingkat kelulusan peserta dalam PTN tujuan mereka. Tak jarang para peserta mencari tahu bagaimana menghitung rata-rata nilainya sehingga menjadi acuan tersendiri pencapaian nilai dalam pembelajaran tertentu.

Baca juga:  Jadi Situs Warisan Budaya Dunia, Begini Sejarah Candi Borobudur

Salah satu langkah terampuh guna mengetahui peluang peserta didik lolos seleksi yaitu dengan mengetahui contoh nilai rapor yang diterima SNMPTN. Adapun caranya sendiri bisa dengan membandingkan nilai dalam rapor milik kalian dengan nilai milik siswa lain yang tahun lalu diterima PTN lewat SNMPTN. Apabila tahun lalu terdapat siswa  dengan nilai dalam rapornya sekian bisa masuk, otomatis tahun ini kalau persaingannya sama terdapat kemungkinan peluang diterimanya sama besar.

Misalnya saja apabila kalian hendak masuk dalam jurusan akuntansi di kampus UI, maka bandingkan saja nilai kalian dengan alumni yang sudah diterima dalam akuntansi UI itu. Ini juga termasuk contoh nilai rapor yang diterima SNMPTN. Agar bisa mendapatkannya kalian memerlukan relasi yang luas untuk melihat rapor alumni.

Baca juga:  Jelaskan Latar Belakang Berdirinya Kerajaan Demak

Mungkin kamu sedang mencari info terkait rata-rata nilai raport, untuk lolos di SNMPTN. Nah kalian bisa simak contoh nilai-nilai yang berpeluang besar untuk lolos di SNMPTN tahun ini.

Contoh :

Dari hasil survei yang dilakukan, diperolehlah sebuah nilai keseluruhan mata pelajaran siswa (Interval Nilai) dan banyak siswa yang memperoleh nilai tersebut (Frekuensi siswa). Perhatikan tabel berikut :

                                         sumber gambar: kampusimpian.com

 

Berdasarkan data tersebut, diperoleh hasil sebagai berikut ini:

  • Banyak siswa yang lolos di SNMPTN adalah dominasi siswa yang memiliki nilai semester 1 dengan interval 80-85 dan semester 5 dengan interval 85-90.

Kemudian dari data tabel diatas, dicari nilai rata-rata keseluruhan atau mean nya.

                                                       sumber gambar: kampusimpian.com

Dari tabel diatas, diperolehlah grafik berikut ini.

Baca juga:  Rumus Momen Inersia dan Cara Penerapannya

sumber gambar:: kampusimpian.com

Kesimpulannya adalah siswa yang banyak lolos di SNMPTN, ialah ia yang memiliki nilai rata-rata meningkat dari tiap semesternya. Demikian ulasan terkait contoh nilai rapor yang diterima SNMPTN, terus semangat belajar dan tingkatkan prestasi kalian yaa!

Sumber Referensi
https://kampusimpian.com/rata-rata-nilai-raport-untuk-lolos-snmptn-terbaru/.