Contoh Kewajiban Warga Negara Indonesia yang Harus Diterapkan

contoh kewajiban warga negara
sumber gambar ; unsplash.com

OMTELOLET – Menjadi seorang warga negara Indonesia memanglah sangat membanggakan, dikarenakan menjadi bagian dari negara kepualan yang besar nan kaya. Namun, mungkin tak semuanya memahami contoh kewajiban warga negara Indonesia yang harus diterapkan.

Sebagai warga negara Indonesia, ada banyak sekali hak dalam kehidupan yang berhak didapatkan oleh seorang warga negara. Namun, sebaliknya, sebagai warga negara yang baik juga perlu menunaikan berbagai kewajiban yang ada.

Maka, agar menjadi warga negara yang cinta tanah air, perlu menerapkan beberapa contoh kewajiban warga negara dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah contoh kewajiban warga negara yang bisa dilakukan sebagai wujud kecintaan dan sikap nasionalisme.

Kewajiban Taat Hukum dan Aturan

Menjadi seorang warga negara tentu harus mentaati segala peraturan dan sistem hukum yang berlaku, termasuk bagi warga negara Indonesia. Sebagaimana yang sudah tertulis dalam pasal 27 ayat 1 UUD 1945. Tertulis bahwa setiap warga negara wajib menjunjung dan mentaati hukum negara tanpa pengecualian.

Baca juga:  Simak 5 sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat¬†

Mentaati segala peraturan hukum yang berlaku dapat menciptakan suasana kedamaian dan ketertiban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka, sudah menjadi kewajiban bagi setiap warga negara untuk taat terhadap hukum dan aturan yang berlaku.

Kewajiban Membela Negara

Menjadi seorang warga negara Indonesia juga wajib untuk membela negara saat berada dalam situasi perang dengan negara lain. Hal itu sudah tertuang dalam Undang-undang 1945, pasal 27 ayat 3 yang menyatakan setiap warga negara wajib membela negara.

Artinya, kewajiban membela negara tidak serta merta hanya manjadi tanggung jawab TNI saat berada dalam situasi perang. Setiap warga negara juga wajib dan berhak membela negara sebagai bentuk kecintaannya terhadap negara dan kebanggaan sebagai warga negara.

Baca juga:  Berhasil Turunkan Berat Badan sampai 32 Kg, Intip Tips yang Dilakukan Ed Sheeran
contoh kewajiban warga negara
sumber gambar ; unsplash.com

Kewajiban Menghormati HAM

Sebagai warga negara Indonesia yang penuh dengan keragaman suku, ras dan budaya, maka wajib untuk menghormati hak asasi manusia. Bagaimana agar setiap perbedaan yang ada dapat dijadikan pedoman agar lebih mencintai keberagaman bangsa Indonesia. Bila setiap warga negara mampu menghormati HAM dengan baik, maka dapat dipastikan kerukunan dan persatuan bangsa menjadi kokoh.

Kewajiban Mematuhi Undang-undang Negara

Setiap warga negara wajib untuk mematuhi segala peraturan hukum yang diatur dalam undang-undang. Sehingga, kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi lebih tertib dan teratur.

Kewajiban Menjaga Keamanan dan Pertahanan Negara

Setiap warga negara wajib menjaga keamanan dan pertahanan negara, dengan cara menjaga kerukunan. Serta dengan rutin dan taat membayar pajak terhadap negara.

Baca juga:  Ketahui Manfaat dan Cara Membuat Air Jahe Sederhana

sumber referensi ; https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/verina-intan-l/kewajiban-warga-negara/5