Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

Setiap hewan yang hidup di muka Bumi tak akan pernah melewatkan suatu fase kehidupan yang disebut sebagai Metamorfosis. Akan tetapi, ada hewan yang dapat teridentifikasi mengalami metamorfosis tidak sempurna, selain itu, ada juga beberapa hewan yang mengalami metamorfosis sempurna.

Metamorfosis merupakan suatu tahapan proses dimana hewan akan mengalami perkembangan secara Biologis dan bisa diamati hasil perubahannya. Metamorfosis tersebut meliputi perubahan secara fisik dan struktur tubuhnya. Metamorfosis sendiri terjadi akibat adanya pertumbuhan sel dan juga diferensiasi sel.

Metamorfosis sendiri tergolong kedalam dua jenis, yakni metamorfosis sempurna yang pola perkembangannya meliputi perubahan bentuk, penampilan hingga sifat dari hewan itu sendiri sejak dari fase telur. Sedangkan yang kedua, yakni metamorfosis tidak sempurna yang dapat dipahami sebagai fase perkembangan pada suatu hewan yang hanya meliputi tiga tahapan fase saja, yakni dari telur, larva dan Imago.

Baca juga:  Apa Itu Teks Prosedur? Ini Pengertian, Struktur, dan Cirinya

Berikut akan dipaparkan contoh beserta penjelasan dari beberapa hewan yang mengalami fase metamorfosis yang sempurna ;

  • Lebah

Lebah tergolong sebagai contoh pertama dari hewan yang mengalami tahapan fase metamorfosis yang sempurna. Hal itu dikarenakan lebah mengalami fase perkembangan yang meliputi telur, larva, pupa dan Imago.

Tahapan sempurna dari metamorfosis lebah dimulai dari ketika ratu lebah menelurkan masing-masing satu butir pada setiap sarangnya kedalam tiga kategori, yakni lebah pekerja, lebah prajurit dan calon ratu. Lalu, tiga hari kemudian, telur akan menetas dan berubah menjadi Larva yang akan berdiam diri selama 5 hari didalam sarang. Kemudian, Larva akan memasuki fase Pupa yang memakan waktu selama dua belas hari. Berselang beberapa hari kemudian, Pupa akan memakan lilin yang berada disekitar sarangnya dan akan keluar menjadi Lebah dewasa.

sumber gambar ; unsplash,com
  • Kupu-kupu

Kupu-kupu termasuk kedalam contoh kedua dari hewan yang memiliki tahapan fase metamorfosis yang sempurna. Kupu-kupu memulai tahapan fase metamorfosis sempurnanya sejak dari Telur, Larva, Pupa dan Imago.

Baca juga:  Cara Menjadi OSIS di SMP? Pelajari Tipsnya Disini!

Penjelasan lengkapnya, Kupu-kupu dewasa akan bertelur di suatu tumbuhan, lalu menetaskan telurnya menjadi larva. Larva akan terus makan dan akan berhenti saat dirinya mulai mengubur dirinya dengan menggunakan serat yang tercipta dari air liurnya. Kemudian, Larva akan berubah menjadi kepompong sebelum kemudian bisa mengalami perubahan wujud dengan meninggalkan cangkangnya sebagai Kupu-kupu dewasa.

  • Katak

Katak pun juga termasuk kedalam contoh hewan yang mengalami fase metamorfosis sempurna. Hal itu dikarenakan Katak memiliki perubahan bentuk yang sangat signifikan dibandingkan saat pertama kali dilahirkan. Bahkan, Katak memiliki tahapan fase perubahan yang sedikit berbeda dibanding hewan lain yang memilki tahapan metamorfosis sempurna.

Pertama, katak dewasa betina akan menetaskan beberapa telur dalam jangka waktu 10 hari dan melahirkan Berudu. Berudu yang bernafas dengan menggunakan Insang akan berubah menjadi katak muda, secara perlahan Insangnya juga akan tertutup. Kemudian, katak muda akan mengalami perubahan fisik dengan tumbuhnya kaki depan dan kaki belakang, serta ekor. Katak pada fase ini tidak lagi bernafas menggunakan Insang sebagaimana berudu, melainkan bernafas dengan menggunakan paru-paru. Ketika perubahan dan pertumbuhan pada seluruh anggota tubuhnya telah mencapai tahapan maksimal dan sempurna, maka, katak tersebut telah sepenuhnya bertransformasi menjadi katak dewasa sekaligus akhir dari tahapan metamorfosis sempurnanya.

Baca juga:  Ini 7 Alasan Harus Ikut Tryout UTBK SNBT di ruanguji!

Selain Lebah, Kupu-kupu dan Katak, masih ada Nyamuk, Lalat dan juga semur yang tergolong sebagai hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Jadi, itulah beberapa contoh dan penjelasan dari hewan yang mengalami tahapan metamorfosis secara sempurna.

Sumber referensi ; https://www.99.co/blog/indonesia/contoh-hewan-yang-mengalami-metamorfosis-sempurna/