Cek 7 Tempat Asik dan Tersembunyi untuk Healing di Jakarta

Barangkali kamu telah melewati banyak hal tentang suka dan duka. Banyak hal yang telah di tempuh dalam perjalanan hidup terutama bagi kamu yang sedang berkutat dengan berbagai pekerjaan maupun aktivitas sehari-hari.

Seperti kota Jakarta yang selalu ramai dengan hiruk pikuk bagaimana mobilitasnya, terkadang kamu merasakan sesak dengan segala pekerjaan. Nah, kamu bisa melakukan healing untuk mengatasi perasaan yang penuh dengan tekanan tersebut.

Oya, healingnya nggak usah jauh-jauh ya. Bagi kamu yang berada di kota Jakarta dan sekitarnya, ada lho tempat yang asik dan tersembunyi untuk healing di Jakarta. Sebelum kamu tahu tempatnya, yuk kita menelaah terlebih dahulu tentang healing. Istilah kekinian yang muncul baru-baru ini.

Apa itu Healing?

Healing pada dasarnya adalah upaya penyembuhan luka batin yang dilakukan diri sendiri sehingga muncul istilah self healing.

Senada dengan pendapat seorang Pakar Psikolog Universitas Airlangga (UNAIR), Dr.Primitia Yogi Wulandari, M.Si yang dilansir dari laman news.unair.ac.id, self healing sebenarnya merupakan salah satu teknik atau intervensi yang dilakukan ketika muncul masalah/gangguan psikologis.

Baca juga:  Beda dengan Film, Ini Kronologi Cerita KKN di Desa Penari Versi Pemdes Bayu Banyuwangi

Singkatnya, self healing dibutuhkan ketika dirasa ada pikiran atau perasaan yang cukup mengganggu aktivitas dan fungsi sehari-hari. Misalnya, ketika merasa segala sesuatu menjadi membosankan, sering kehilangan konsentrasi, atau merasakan kecemasan yang kadang tidak jelas sumbernya.

Rekomendasi Tempat untuk Healing di Jakarta

Setelah kamu mengetahui mengenai healing, tentunya salah satu cara melakukannya adalah berkunjung ke tempat-tempat di sekitar kamu, baik itu pemandangan alam, wisata kuliner, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah pilihan tempat yang cocok dan asik untuk healing di Jakarta:

1. Skywalk Senayan Park

Tempat untuk healing tidak hanya berkutat pada wisata pemandangan alam yang asri, hijau, dan indah, tetapi bisa juga pemandangan di jantung kota Jakarta yang lengkap dengan gedung yang menjulang tinggi dan kerlap-kerlip lampu saat malam tiba.

Nah, salah satu tempat yang dimaksud adalah Skywalk Senayan Park yang menjadi bagian dari pusat perbelanjaan di mall Senayan Park. Lokasinya berada di seberang Gelora Bung Karno, samping gedung TVRI, tepatnya di Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta Pusat.

Skywalk Senayan Park memiliki jam operasional mulai pukul 15.00 WIB. Umumnya, tempat ini sangat indah dikunjungi menjelang sore, kamu bisa melihat pemandangan matahari tenggelang dengan kombinasi lanskap gedung-gedung tinggi dengan hijaunya pepohonan di Senayan.

Baca juga:  Terbaru! Twibbon Hari Kartini 2022: Cek Cara Membuat dan Membagikan ke Media Sosial

2. Hutan Mangrove

Sebagai salah satu kawasan wisata alam yang cukup sejuk di Jakarta, Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk menjadi tempat yang tepat untuk healing. Tempat ini menyuguhkan pemandangan hutan mangrove yang hijau, cukup sepi dan sejuk, cocok untuk kamu yang ingin self healing.

Sumber: google foto

3. Kepulauan Seribu

Sebagai wisata pulau yang seru dan asri tanpa harus pergi jauh ke daerah lain, Kepulauan Seribu bisa dibilang tempat wisata alam terbaik dan paling terkenal di kawasan DKI Jakarta. Kamu bisa menikmati ketenangan lautan dan berbagai fasilitas yang tersedia di berbagai pulau yang bisa dikunjungi.

Ada banyak banget pulau di Kepulauan Seribu yang bisa kamu kunjung, misalnya Pulau Macan, Pulau Pramuka, Pulau Bidadari, dan Pulau Harapan.

Sumber: google foto

4. Allianz Ecopark dan Faunaland

Sebagai tempat wisata yang memiliki green style yang baik untuk bumi, ecopark ini berada di kawasan wisata Ancol. Tempat ini ideal buat kamu yang ingin menikmati kesejukan atmosfer di taman wisata alam.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai fauna eksotik dan endemic, seperti Kangguru Pohon Papua, Tarsius, Nuri Bayan, Singa, sampai Macan Dahlan. Di samping berjalan kaki, kamu juga bisa naik perahu mengelilingi Faunaland.

Baca juga:  Kabar Terkini! Duka dari Aktor Film Avengers Sekaligus Pemenang Oscar, William Hurt Meninggal Dunia

5. Kebun Binatang Ragunan

Selain wisata fauna yang di Faunaland, kamu juga bisa menikmati ragam fauna yang menarik di Kebun Binatang Ragunan. Wisata fauna ini terletak di Jakarta Selatan juga turut menyuguhkan pemandangan alam yang asri dan keragaman fauna dari berbagai wilayah Indonesia.

6. Setu Babakan

Kamu menyukai healing dengan melihat ketenangan air seperti di danau? Nah, Setu Babakan sebagai tempat yang tepat untuk jauh dari hiruk pikuk keramaian Jakarta. Setu Babakan adalah sebuah danau yang terletak di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Di Setu Babakan, kamu bisa menikmati tempat wisata alam yang menyenangkan dan sejuknya area danau yang jarang ditemukan di tengah kota Jakarta. Selain itu, area ini juga merupakan pusat kebudayaan Betawi lho. Jadi kamu bisa ngerasain suasana Betawi yang khas banget.

Sumber: google foto

7. Pantai Ancol

Sebagai wisata pantai selain Kepulauan Seribu, kamu bisa menikmati deburan ombak yang memberikan healing di Pantai Ancol. Kamu bisa menyaksikan matahari terbenam yang indah di Pantai Ancol.

Nah dari berbagai tempat wisata di atas, adakah destinasi yang ingin kamu kunjungi dalam waktu dekat? Kalau lagi ngerasa bosen, kamu nggak ada salahnya buat healing. Banyak kan tempat yang bisa disinggahi sejenak di Jakarta.

 

Sumber:

http://news.unair.ac.id/2021/07/12/tips-lakukan-self-healing-untuk-mengatasi-luka-batin/

https://travel.detik.com/domestic-destination/d-5889040/lagi-viral-ada-tempat-yang-asik-untuk-healing-di-tengah-kota-jakarta

https://www.klook.com/id/blog/wisata-alam-jakarta/