Cek 11 Rekomendasi Drama Korea Bertema Romantis yang Diadaptasi dari Novel

Sumber: google foto

Cerita populer seperti novel menjadi salah satu sumber adaptasi yang sering dilakukan dalam drama Korea. Drama Korea tersebut hadir dengan berbagai genre, salah satunya adalah genre romantis.

Genre romantis menjadi salah satu genre populer yang membuat novel dengan tema serupa punya potensi untuk diangkat menjadi drama Korea. Drama Korea tersebut meliputi kisah romantis dari zaman kerajaan hingga modern.

Selain itu, drama Korea romantis yang diangkat dari novel tersebut tidak selalu sama persis dengan narasi yang ada dalam novel. Ada beberapa bagian yang mesti disesuaikan dengan kebutuhan penayangan drama Korea.

Berikut ini 11 drama Korea yang memiliki genre romance yang diangkat dari novel dan penuh kisah dramatis.

1. So I Married an Anti-Fan (2021)

So I Married an Anti-Fan merupakan drama Korea romantis diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Kim Eun-jung. Drama ini mengisahkan hubungan tak harmonis seorang reporter hiburan dan idol K-Pop ternama. Mereka saling membenci, tetapi akhirnya dipertemukan dalam sebuah program yang membuat keduanya jatuh cinta.

                           Sumber: google foto

Dalam drama ini, Choi Tae-joon berperan sebagai Hoo Joon, seorang superstar terkenal di dunia. Tidak seperti sikapnya yang berhati dingin, dia adalah seorang tulus yang membawa rasa sakit dari cinta pertamanya. Selain itu, Choi Soo-young berperan sebagai Lee Geun-young, seorang reporter majalah yang menjadi “Anti-penggemar No.1” di Korea yang akhirnya nanti menjalin asmara dengan Hoo Joon.

2. When the Weather Is Fine (2020)

When the Weather Is Fine merupakan drama Korea romantis diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Lee Do-woo. Drama ini berkisah tentang Mok Hae-won, seorang pemain cello yang berhenti dari pekerjaannya di Seoul dan kembali ke Desa Bookhyun, di Provinsi Gangwon.

Baca juga:  Kang Tae Moo Trending Topik di Twitter Lantaran 'Business Proposal', Simak 4 Fakta Menariknya
                         Sumber: google foto

Desa tersebut merupakan tempat tinggalnya saat ia masih sekolah menengah. Di desa tersebut, ia kemudian bertemu dengan Im Eun-seob yang punya toko buku. Mereka kemudian saling bertukar pikiran dan mengisahkan kehidupan masing-masing yang rumit dan pahit. Mereka kemudian menemukan kecocokan satu sama lain dan saling jatuh cinta untuk bisa berdamai dengan masa lalu mereka.

3. King Maker: The Change of Destiny (2020)

King Maker: The Change of Destiny merupakan drama Korea romantis diangkat dari novel Wind, Clouds and Tombstone karya Lee Byung-joo. Drama ini mengisahkan kehidupan Choi Chun-joong, seorang pembaca wajah terbaik Dinasti Joseon yang dilahirkan dari keluarga terpandang. Namun, suatu ketika, seluruh keluarganya terbunuh dalam sebuah kejadian. Hal ini kemudian membuatnya dipandang rendah sebagai peramal. Walaupun begitu, ia punya cita-cita untuk mengubah Joseon agar lebih baik.

                        Sumber: google foto

Hingga akhirnya Chun-joong bertemu dengan Lee Bong-ryeon, seorang putri Raja Cheoljong yang mempunyai kemampuan khusus untuk melihat nasib orang lain. Kemampuan tersebut menjadi berkah sekaligus kutukan baginya. Bong-ryeon punya misi yang sama dengan Chun-joong yang akhirnya membuat mereka saling jatuh cinta dan menikah. Chun-joong mengabdikan seluruh hidupnya kepada Bong-ryeon yang dicintainya bersama masa depan Joseon yang lebih baik.

4. Flower Crew: Joseon Marriage Agency (2019)

Flower Crew: Joseon Marriage Agency merupakan drama Korea romantis diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Kim Yi-rang. Drama ini mengisahkan Ma Hoon, Young-soo, dan Do Joon, kelompok agensi pernikahan paling sukses di Joseon bernama Flower Crew. Lee Soo, putra seorang pandai besi, ingin menikahi temannya Gae-ttong, seorang gadis supel dan periang, dan meminta Flower Crew untuk membantunya mengatur pernikahan.

                           Sumber: google foto

Namun, Ma Hoon, pemimpin Flower Crew, terus menerus menolaknya hingga akhirnya dia melihat hati Lee Soo yang tulus untuk Gae-ttong dan setuju untuk mengatur pernikahan mereka. Pada hari pernikahan, Lee Soo ditangkap dan dipilih sebagai Raja Joseon secara tiba-tiba. Kelompok agensi ini pun mengalami krisis pemimpin dan membuat mereka harus menjalankan pekerjaan tersebut tanpa Ma Hoon.

5. Touch Your Heart (2019)

Touch Your Heart merupakan drama Korea romantis diangkat dari novel dengan judul yang sama. Drama ini berkisah tentang Oh Yoon-seo yang terjebak hubungan skandal yang membuat kariernya turun seketika. Ia pun mencari cara untuk bisa kembali mendapatkan kepercayaan untuk bisa berakting kembali dalam dunia hiburan walaupun dikenal dengan kemampuan akting yang buruk. Sampai kemudian ia mendalami karakter yang akan diperankannya dengan menyamar dan bekerja sebagai sekretaris pengacara di sebuah firma hukum bersama Kwon Jung-rok.

Baca juga:  Intip 5 Fakta Menarik Wedding Agreement The Series yang Diadaptasi dari Wattpad
                          Sumber: google foto

Pekerjaan tersebut membuat Yoon-seo harus bekerja ekstra dengan Jung-rok yang dikenal sebagai pengacara yang perfeksionis. Hubungan yang awalnya berlangsung canggung tersebut perlahan mencair dan membuat hubungan mereka semakin dekat.

6. Her Private Life (2019)

Her Private Life merupakan drama Korea romantis diangkat dari novel dengan judul Noona Fan Dot Com. Drama ini menceritakan Sung Deok-mi, seorang kepala kurator berbakat di Cheum Museum of Art yang diam-diam menjadi penggemar fanatik anggota grup idola Cha Shi-an, seorang idola terkenal di Korea. Deok-mi rela melakukan apa pun demi idola, bahkan sampai harus berpisah dengan kekasihnya.

                          Sumber: google foto

Suatu hari, museum tempat Deok-mi bekerja kedatangan direktur baru bernama Ryan Gold atau Heo Yoon-je. Ryan kemudian kemudian menjadi teman Deok-mi dan tahu apa yang disukai Deok-mi. Perlahan, Ryan pun jatuh cinta dan hal sama juga dirasakan oleh Deok-mi. Drama ini berhasil meraih skor 8,4 di Mydramalist.

7. The King in Love (2017)

The King in Love merupakan drama Korea romantis diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Kim Yi-ryung. Drama ini mengisahkan Won, seorang putra mahkota yang berteman dengan Wang Rin dari keluarga kerajaan dan menjadi pengawalnya. Mereka kemudian bertemu dengan Eun-San, seorang putri yang punya kemauan keras dari keluarga bangsawan kaya yang dapat membuat siapa pun akan jatuh cinta kepadanya.

                    Sumber: google foto

Mereka bertiga pun berteman dan menjalin hubungan selayaknya teman. Namun, hubungan tersebut kemudian berubah saat Won dan Wang Rin sama-sama jatuh cinta kepada Eun-San. Cinta segitiga ini pun menjadi salah satu plot menarik yang menggerakkan ide cerita drama Korea The King in Love ini.

8. Love in the Moonlight (2016)

Love in the Moonlight merupakan drama Korea romantis diangkat dari novel Moonlight Drawn by Clouds yang pertama kali tayang di Naver pada 2013.

Baca juga:  Inilah Sinopsis Film The Doll 3 (2022) yang Dibintangi Jessica Mila
                            Sumber: google foto

Drama ini menghadirkan kisah masa depan tentang pertumbuhan Putra Mahkota Lee Yeong (Park Bo-gum) dari seorang anak laki-laki menjadi raja yang dihormati dan hubungannya yang tidak mungkin dengan kasim Hong Ra-on (Kim Yoo-jung). Kisah cinta terlarang mereka menjadi salah satu hal menarik dalam drama Korea Love in the Moonlight ini.

9. The Moon Embracing the Sun (2012)

The Moon Embracing the Sun merupakan drama Korea romantis diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Jung Eun-gwol. Moon Embracing The Sun menceritakan kisah cinta Raja Lee Hwon dan seorang peramal bernama Shaman Wol atau yang dikenal dengan nama Heo Yeon-woo. Mereka berdua pertama kali bertemu saat mereka masih remaja.

                       Sumber: google foto

Kala itu, Wol masih bernama Heo Yeon-woo dan dikenal sebagai putri bangsawan, sedangkan Lee Hwon menjadi putra mahkota. Mereka hampir saja menikah, tetapi hal itu digagalkan oleh Ibu Suri yang ingin menjodohkan Lee Hwon dengan Yoon Bo-kyung. Ibu Suri pun menyusun rencana jahat untuk membunuh Yeon-woo hingga dibuat hilang ingatan dan menjadi seorang peramal yang ada di luar istana

10. Personal Taste (2010)

Personal Taste merupakan drama Korea romantis diangkat dari novel karya Lee Se-in pada 2007 dengan judul yang sama. Drama ini mengisahkan tentang seorang desainer furnitur, Park Kae-in, yang tinggal bersama dengan arsitek Jeon Jin-ho di bawah asumsi keliru bahwa dia gay.

                        Sumber: google foto

Jeon Jin-ho (Lee Min-ho), seorang pemuda yang sangat bergaya dengan penampilan yang sempurna. Jin-ho dikenal egois dan punya obsesi dengan kebersihan. Jin-ho kemudian bertemu Kae-in Park (Son Ye-jin), seorang wanita yang terluka oleh cinta dan sekarang mencari teman sekamar atau teman gay. Jin-ho ingin tinggal bersama wanita itu, lalu berpura-pura menjadi pria gay.

11. Coffee Prince (2007)

Coffee Prince merupakan drama Korea romantis diangkat dari novel karya Lee Sun-mi dengan judul yang sama. Coffee Prince berkisah tentang kehidupan cinta dan impian empat anak muda yang bertemu bersama di sebuah kafe. Han-gyeol (Gong Yoo) adalah seorang pemuda cerdas yang benci terikat pada satu karier dalam hidupnya.

                        Sumber: google foto

Selain itu, ia tidak menyukai ide untuk bergabung dengan bisnis keluarga. Namun, saat ia diperintahkan neneknya untuk mengelola sebuah kafe, Han-gyeol menolak tawaran tersebut. Ia kemudian membuat bisnis kopi gourmet yang kelak mempertemukannya dengan Eun-chan, seorang gadis tomboi yang membuatnya bisa belajar arti cinta sejati.

 

 

 

 

 

 

Sumber:

https://www.brilio.net/korea/11-drama-korea-romantis-diangkat-dari-novel-penuh-kisah-dramatis-220404y/8-love-in-the-moonlight-2016.html