Cari Tahu Rata-Rata Nilai SNMPTN UNS

Membincang soal beberapa kampus terkemuka dan salah satu yang terfavorit di provinsi Jawa Tengah, maka nama kampus Universitas Sebelas Maret sudah barang tentu menjadi salah satu nama kampus yang wajib disebutkan. Bisa jadi, tak sedikit para siswa/i SMA khususnya daerah Jawa Tengah dan sekitarnya yang ingin cari tahu rata-rata nilai SNMPTN UNS.

Sudah barang tentu pula, para pelajar SMA yang ingin menjadikan UNS sebagai kampus tujuannya, akan berupaya menggali sebanyak mungkin informasi mengenai kampus Undip. Termasuk perhihal untuk cari tahu rata-rata nilai SNMPTN UNS.

Tentu saja bisa lolos SNMPTN dan diterima di UNS merupakan suatu hal yang membanggakan, khususnya bagi para pelajar SMA di seputaran wilayah provinsi Jawa Tengah. Maka, untuk mewujudkan hal tersebut, perlu banyak persiapan dan strategi, termasuk dengan mencari tahu rata-rata nilai SNMPTN UNS.

Baca juga:  Rumus Skala dan Cara Menghitung Jarak Sebenarnya

Pada umumnya, seorang pelajar yang menjadi peserta SNMPTN akan terlebih dahulu menentukan program studi favoritnya. Baru setelah itu kemudian mencari berbagai informasi tambahan mengenai kampus beserta program studi yang hendak dijadikan tujuannya dalam berkuliah.

Hal tersebut boleh saja dilakukan, namun berikutnya, peserta SNMPTN diharuskan untuk melakukan penghitungan terhadap rataan nilai mata pelajaran wajib di jurusannya. Caranya yakni dengan menjumlahkan masin-masing nilai yang didapat dari setiap mata pelajaran sejak semester satu hingga semester lima kemudian menjumlahkannya dan membagi jumlahnya dengan lima.

Setelah itu, peserta SNMPTN yang mendaftar di UNS bisa mengkomparasikan hasil rata-rata nilai rapornya dengan standar nilai rapor pada masing-masing program studi di Universitas Sebelas Maret.

Berikut ini adalah prediksi ataupun perkiraan mengenai standar nilai rapor minimal dari masing-masing program studi di Universitas Sebelas Maret. Memang bukan standar resmi, namun setidaknya bisa menjadi acuan dan perkiraan mengenai peluang untuk diterima pada salah satu program studi di Universitas Sebelas Maret.

Baca juga:  Membahas Seputar Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

Berikut ini adalah contoh dari beberapa prediksi standar nilai rapor minimal pada beberapa program studi di Universitas Sebelas Maret untuk jurusan IPS.

Bagi para peserta yang hendak membidik beberapa program studi pendidikan di UNS, terdapat beberapa program studi yang memiliki standar nilai rapor yang relatif mudah dicapai. Yakni 75. Beberapa diantaranya yakni program studi pendidikan geografi, pendidikan sejarah, pendidikan sosiologi antropologi dan juga sastra arab.

Sedangkan bagi peminat program studi Hubungan Internasional dan juga pendidikan bahasa Inggris, rata-rata nilai rapor minimal yang harus dimiliki yakni mencapai angka 85. Sedangkan peminat program studi Akuntansi diperkirakan akan lolos SNMPTN di Universitas Sebelas Maret bila memiliki rataan nilai rapor minimal 86.

Baca juga:  Mengenal Beberapa Jenis Beasiswa di Indonesia
sumber gambar : kampusimpian.com

Sedangkan pada jurusan IPA, terdapat beberapa program studi di Universitas Sebelas Maret yang memiliki rataan nilai yang relatif muda dicapai, yakni 79. Beberapa diantaranya yakni program studi Agribisnis, Biologi, Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, hingga Pendidikan Teknik Mesin. Sedangkan bagi peminat program studi pendidikan Dokter, diperkirakan akan bisa lolos SNMPTN di UNS apabila memiliki rataan minimal nilai rapor mencapai 85.

Jadi, begitulah paparan mengenai prediksi cari tahu rata-rata nilai snmptn uns, semoga bisa membantu kalian agar lebih semangat mengejar target berkuliah di Universitas Sebelas Maret.

 

Sumber artikel : https://kampusimpian.com/rata-rata-nilai-raport-snmptn-uns/