Cari Tahu Rata-Rata Nilai SNMPTN UNPAD

Universitas Padjajaran (UNPAD) merupakan salah satu universitas yang paling terkemuka di daerah Jawa Barat, tentu, tak sedikit siswa/siswi SMA yang berharap untuk bisa lolos SNMPTN di Universitas Padjajaran. Tapi, sebelum itu, hampir semua orang tak akan menolak bila berkesempatan untuk cari tahu rata-rata nilai snmptn unpad.

Masuk ke Universitas Padjajaran (UNPAD) tentu hal yang mudah, meskipun bukanlah yang mudah untuk mewujudkannya. Perlu beberapa hal sebagai pertimbangan utama untuk menyusun strategi agar bisa mendapatkan peluang besar untuk lolos SNMPTN di Universitas Padjajaran (UNPAD).

Setelah menetapkah satu hingga dua program studi yang menjadi tujuan berkuliah di Universitas Padjajaran, langkah berikutnya adalah cari tahu rata-rata nilai SNMPTN UNPAD. Hal tersebut menjadi sangat penting sebagai modal utama sebelum menghitung rata-rata nilai rapor di beberapa mata pelajaran pada semester satu hingga semester lima.

Baca juga:  Inilah 7 Jurusan Langka dan Paling Unik di Indonesia

Setelah menghitung rataan nilai rapor dari beberapa mata pelalajaran di semester satu hingga semester lima, simaklah prediksi atau perkiraan nilai rapor sebagai standar acuan agar diterima dan lolos SNMPTN pada beberapa program studi Universitas Padjajaran.

Contoh pertama ini adalah untuk jurusan IPS ;

Semisal seseorang ingin mengambil jurusan program studi Sastra Sunda, maka standar nilai rapot yang dibutuhkan adalah minimal 73. Nilai tersebut cukup terjangkau dan sangat besar peluangnya untuk diterima. Sedangkan bila seorang peserta SNMPTN hendak membidik jurusan Ilmu Hubungan Internasional di Universitas Padjajaran, rata-rata nilai rapor minimal harus mencapai 88.

Adapun untuk beberapa program studi seperti Ilmu Sejarah, Sastra Indonesia hingga Sastra Rusia, seorang peserta SNMPTN dapat diperkirakan lolos bila memiliki rataan nilai rapor minimal 75. Sedangkan pada program studi ilmu perpustakaan, ilmu politik, sastra jepang dan juga sosiologi, diperkirakan bisa membuat peserta SNMPTN lolos dengan syarat memenuhi nilai rapor minimal mencapai angkan79.

Baca juga:  Rumus Tegangan dan Cara Menghitungnya
sumber gambar : kampusaja.com

Contoh berikut ini adalah untuk jurusan IPA :

Beberapa program studi dari rumpun sains dan teknologi memiliki standar minimal rapor yang cukup tinggi, sebut saja Geofisika, Matematika, Pendidikan Dokter Gigi, Teknik Geologi serta Teknik Informatika. Peserta SNMPTN yang memilih satu diantara beberapa program studi yang disebutkan itu diprediksi memiliki peluang besar untuk lolos dan diterima bila rataan nilai minimal rapornya mencapai angka 85.

Bahkan, untuk fakultas kedokteran di Universitas Padjajaran, seorang peserta SNMPTN yang memilih program studi tersebut, diperkirakan harus memiliki rataan rapor minimal mencapai 87 untuk bisa lolos.

Selain dari memperitungkan rataan nilai rapor, terdapat beberapa faktor lain yang berpengaruh dalam kelolosan seorang peserta SNMPTN di Universitas Padjajaran, seperti indeks sekolah dan juga persebaran alumni.

Baca juga:  Inilah 48 Istilah dalam Lingkungan Universitas, Maba Wajib Tahu Artinya!

Setelah cari tahu rata-rata nilai SNMPTN UNPAD, tentu peserta SNMPTN yang hendak berkuliah di Universitas Padjajaran (UNPAD) sudah bisa mengatur strategi agar bisa diterima di program studi potensialnya, selain juga harus memperhatikan daya tamping dan peta persaingannya.

 

Sumber artikel : https://kampusimpian.com/rata-rata-nilai-raport-snmptn-unpad/