Cari Tahu Rata-Rata Nilai SNMPTN UNDIP

Bisa lolos SNMPTN di Universitas Diponegoro tentu merupakan sebuah impian yang sangat menyenangkan, khususnya bagi para pelajar SMA di daerah Jawa Tengah. Maka tak heran, mungkin banyak para pelajar yang mencari tahu berbagai informasi, termasuk mencari tahu rata-rata nilai snmptn undip.

Universitas Diponegoro bisa dibilang memang layak disebut sebagai salah satu kampus terfavorit, terutama di wilayah provinsi Jawa Tengah. Bisa lolos SNMPN di Universitas Diponegoro tentu bukanlah hal mudah, tapi bukan berarti tak bisa diwujudkan.

Hal pertama yang bisa dilakukan para peserta SNMPTN yang hendak menuju Undip adalah dengan mencari tahu rata-rata nilai SNMPTN Undip. Ketika seseorang telah mengetahui rata-rata nilai standar minimum dari berbagai programs studi di Universitas Diponegoro, maka orang tersebut bisa dengan mudah memetakan peluang terbesarnya dalam memilih program studi yang memunginkan dirinya lolos jalur SNMPTN di Universitas Diponegoro.

Baca juga:  Intip Jurusan Aktuaria yang Lulusannya Paling Banyak Dicari, Benarkah Cocok yang Suka Matematika?

Maka, hal tersebut tak ubahnya sebuah modal besar sekaligus landasan strategi dalam memilih program studi yang memiliki peluang besar untuk menerimanya. Pasalnya, setelah mencari tahu rata-rata nilai SNMPTN UNDIP, seseorang bisa memetakan beberapa program studi yang bisa dipilihnya untuk mengikuti SNMPTN di Universitas Diponegoro.

Namun, sebelum mencapai tahapan tersebut, seseorang yang hendak menjadikan Undip sebagai pilihan utama pada SNMPTN diharuskan telah menghitung rataan nilai rapornya selama lima semester. Terhitung, nilai beberapa mata pelajaran jurusan dan mata pelajaran wajib sejak semester satu hingga semester lima masing-masing dijumlahkan dan dibagi 5 untuk menentukan rataan nilai rapornya.

semisal contoh, pada Gio yang memiliki total nilai 450 pada mata pelajaran Fisika selama lima semester, nilai total tersebut kemudian dibagi 5 hingga menghasilkan angka 90. Nilai 90 itulah yang menjadi nilai rata-rata pada pelajaran Fisika, sekaligus modal bagus dalam memilih program studi berbasis sains dan teknologi di Undip.

Baca juga:  Mengenal Nama Pahlawan Indonesia dan Sejarahnya

Berikut ini adalah beberapa perkiraan ataupun prediksi nilai rata-rata raport SNMPTN di Undip pada jurusan IPA.

Beberapa program  studi seperti Statistika, Oceanografi, Teknik Elektro hingga Teknik Geodesi memiliki rata-rata nilai rapor sebesar 80. Itu artinya, para peserta yang hendak memilih program studi tersebut pada program SNMPTN Undip harus memiliki minimal nilai rata-rata rapor sebesar 80 agar bisa lolos SNMPTN pada program studi tersebut/

Beberapa program studi lainnya bahkan memiliki perkiraan rata-rata nilai rapor yang lebih tinggi, seperti program studi Teknologi Pangan, TeknikGeologi, Teknik Informatika dan Pendidikan Dokter. Masing-masing program studi tersebut secara berturut-turut memiliki perkiraan rata-rata nilai rapor 83,84, 85 hingga 86.

Baca juga:  20 Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja dan Gaji Besar, Temukan Disini Sekarang!

Sedangkan pada program studi di jurusan IPS, beberapa program studi memiliki rataan nilai yang cukup mudah untuk dijangkau. Program studi Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Ilmu Perpustakaan secara berturut-turut memiliki perkiraan rata-rata nilai 76, 77 dan 78.

Sementara itu, untuk program studi manajemen, akuntansi hingga hubungan internasional terbilang memiliki perkiraan rata-rata nilai yang tinggi. Secara berutut-turut, ketiga program studi itu memiliki rataan nilai 83, 84 dan 85.

Kesemua rata-rata nilai tersebut memang bukan rilis data resmi, hanya sebatas pekiraan, namun setidaknya sudah bisa cukup menjadi gambaran sekaligus acuan untuk mencari tahu rata-rata nilai SNMPTN UNDIP.

Sumber artikel : https://kampusimpian.com/rata-rata-nilai-raport-snmptn-undip/