Cari Tahu Disini, Apa Itu Kalimat Persuasif?

Apa Itu Kalimat Persuasif
sumber gambar ; unsplash.com

OMTELOLET – Apa itu kalimat persuasif? bagi sebagian orang, barangkali tak semuanya memahami apa itu kalimat persuasif. Padahal, tanpa sadar kalimat persuasif sering dilafalkan oleh setiap orang. Benarkah begitu? Lalu, apa sebenarnya kalimat persuasif itu dan apakah manfaatnya dalam kehidupan?

Secara tidak sadar, kita sering kali mendengar atau bahkan membaca kalimat persuasif dalam berbagai kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti saat kita membaca iklan di koran, iklan ataupun juga seseorang yang sedang berkampanye di suatu ajang pemilihan kepala daerah.

Apa Itu Kalimat Persuasif?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kalimat persuasif salah satu jenis kalimat yang bersifat ajakan pada orang lain. Ajakan tersebut bisa terdiri dari bermacam-macam pesan, bergantung dari apa kebutuhan orang yang menggunakan kalimat persuasif. Kalimat persuasif berorientasi untuk meyakinkan orang lain agar mengikuti atau setuju dengan gagasan utama yang disuarakan dalam kalimat persuasif.

Baca juga:  Contoh Hiasan Natal Untuk Kelas yang Kreatif dan Mudah

Ciri Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif memiliki beberapa ciri khusus yang bisa dikenali, agar orang bisa memahami dengan jelas ciri dari kalimat persuasif.

  1. Kalimat Persuasif memiliki makna kalimat yang berisi ajakan, perintah dan juga bujukan agar orang lain mengikuti pesan yang disuarakan.
  2. Kalimat persuasif akan ditulis dalam bentuk paragraf bila digunakan dalam keperluan pidato dan juga ceramah.
  3. Sebagai kalimat bernada ajakan dan perintah, kalimat persuasif banyak menggunakan tanda baca seru.
  4. Kalimat Persuasif banyak digunakan dalam rangka kebutuhan promosi.
  5. Kalimat Persuasif dibuat untuk ajakan dan seruan pada hal-hal yang bersifat subjektif,
  6. Kalimat Persuasif banyak ditulis dengan menyertakan bukti agar meyakinkan pembacanya.
  7. Kalimat Persuasif selalu ditulis dengan bahasa yang menarik dan dapat dipertanggungjawabkan.
Baca juga:  Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna
Apa Itu Kalimat Persuasif
sumber gambar ; unsplash.com

Jenis Kalimat Persuasif

Terdapat beberapa jenis kalimat persuasif berdasarkan kebutuhan penulisannya.

  1. Kalimat Persuasif Pendidikan, yang ditulis untuk menyuarakan ajakan dan juga pesan yang berkaitan dengan isu seputar dunia pendidikan.
  2. Kalimat Persuasif Politik, ditulis dengan tujuan untuk membangkitkan kesadaran orang tentang isu politik dan juga kampanye politik.
  3. Kalimat Persuasif Iklan, ditulis dengan tujuan untuk mempromosikan suatu barang agar dikenal dan dibeli oleh masyarakat.
  4. Kalimat Persuasif Progapaganda, umumnya ditulis dengan tujuan untuk membahas dan meyakinkan orang tentang suatu fenomena sosial. Umumnya kalimat persuasif propaganda banyak meyakinkan orang lain melalui sudut pandang Ideologi tertentu.

Itulah ulasan mengenai apa itu kalimat persuasif berdasarkan pengertian, ciri dan juga berbagai jenis kalimatnya.

Baca juga:  Apa yang Dimaksud dengan Kalimat Imperatif?

sumber referensi ; https://www.bola.com/ragam/read/4500993/pengertian-kalimat-persuasif-ciri-ciri-fungsi-jenis-jenis-dan-contohnya