Cari Tahu, Apakah Sertifikat Webinar Berguna untuk SNMPTN?

sumber gambar : olimpiadekita.com

Apakah serfitikat Webinar berguna untuk SNMPTN? pertanyaan semacam itu acap kali diajukan oleh peserta SNMPTN. Sepanjang masa Pandemi, kegiatan pembelajaran pada  sekolah formal dirubah sistem pelaksanannya menjadi online.

Pada akhirnya, berbagai macam kegaiatan pendidikan dilaksanakan dengan mode online, termasuk berbagai seminar atau yang lazim disebut dengan Webinar. Guna mengisi waktu luang selama mengikuti pembelajaran berbasis online, tak sedikit para pelajar yang memanfaatkan waktunya untuk mengikuti Webinar.

Mengikuti Webinar tentu memberikan banyak manfaat, tak hanya sekedar ilmu yang bermanfaat ataupun juga menambah relasi pertemanan. Mengikuti Webinar juga membuat pesertanya akan mendapatkan Sertifikat sebagai bukti telah mengikuti Webinar, hal itu tak ubahnya bisa menambah Curiculum Vitae bagi pesertanya.

Baca juga:  Mau Nulis esai? Pelajari Dulu Contoh Esai Singkat Ini!

Apakah Sertifikat Webinar berguna untuk SNMPTN? pertanyaan semacam itu kemudian kembali bergulir disaat para pelajar SMA yang duduk di kelas XII hendak mengikuti SNMPTN. SNMPTN sendiri pada dasarnya merupakan jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri yang proses seleksinya didasarkan pada nilai rapor dan juga berbagai presrasi akademik dan juga non akademik, termasuk dengan melampirkan berbagai sertifikat.

sumber gambar : latsolberbagi.com

Lalu jika memang demikian, apakah sertifikat webinar berguna untuk snmptn? dalam artian, apakah sertifikat hasil mengikuti program webinar bisa dilampirkan sebagai dokumen yang menunjang kelolosan peserta SNMPTN. Sayang sekali, jawabannya tidak, ternyata, sertifikat webinar tidak dapat dijadikan dokumen tambaahan yang bisa dilampirkan dalam proses seleksi SNMPTN.

Baca juga:  Biaya Kuliah Jalur SNMPTN? Disini Informasinya!

Setelah menguak jawaban dari perantanyaan “apakah sertifikat webinar berguna untuk snmptn?”, maka akan timbul pertanyaan lainnya, sertifikat macam apa yang bisa dilampirkan untuk seleksi SNMPTN?

Secara garis besar, sertifikat yang bisa dilampirkan guna menambah nilai plus untuk SNMPTN adalah sertifikat yang berasal dari kegiatan perlombaan. Selain itu, sertifikat yang berasal dari program berbasis pelatihan dan keahlian juga bisa dimasukkan sebagai dokumen lampiran tamnbahan.

Adapun contoh sertifikat yang bisa dilampirkan untuk SNMPTN adalah ;

  1. Sertifikat LKTI

Bila peserta pernah mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah, terlebih menyandang predikat juara, maka serfitikat tersebut layak dilampirkan untuk menambah peluang lolos di jalur SNMPTN.

 

  1. Serifikat Olimpiade Sains Nasional
Baca juga:  Catat! Berikut Jadwal SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2022.

Sebagai ajang olimpiade sains terkemuka di Indonesia, peserta yang menjadi alumnus ajang OSN bisa melampirkan sertifikatnya untuk seleksi SNMPTN. Sekalipun hanya menyandang predikat sebagai peserta, sertifikat OSN dapat dilampirkan, terlebih jika memiliki sertifikat OSN berpredikat juara, maka hal itu akan menjadi nilai plus untuk menunjang kelulusan SNMPTN.

Selain dua contoh sertifikat tersebut, sertifikat sebagai pengurus OSIS juga bisa dilampirkan kedalam dokumen untuk menunjang kelolosan SNMPTN. Maka, dengan segala penjelasan diatas sudah bisa menjawab dengan jelas apakah sertifikat webinar berguna untuk snmptn?

Sumber artikel : https://www.yusufstudi.com/2020/11/sertifikat-untuk-snmptn.html