Cari Jurusan Kuliah Yang Tidak Ada Matematika? Ini Salah Satu Rekomendasinya!

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Siapa nih yang anti sama pelajaran hitung menghitung? Memang ada pelajar yang tak suka dengan matematika. Bahkan baru lihat angka saja sudah pusing. Belajar matematika bisa jadi hal mengerikan bagi sebagian orang sebab dipenuhi berbagai rumus yang sangat banyak dan susah.

Sebagai calon mahasiswa, ada baiknya kamu memilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Hal ini penting lho, karena kalau memaksakan diri untuk memilih jurusan dengan banyak materi yang tidak kamu sukai, kamu mungkin saja tidak betah selama kegiatan perkuliahan.

Jurusan Kuliah Yang Tidak Ada Matematika

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Apakah kamu termasuk orang yang tidak suka berhitung dan menghindari Matematika? Jika iya, tak ada salahnya memilih jurusan kuliah yang tidak ada Matematika. Ada berbagai jurusan kuliah yang dapat kamu pilih agar terhindar Matematika, salah satunya sebagai berikut ini:

Baca juga:  Raja Abrahah Ingin Menghancurkan Ka’bah, Ini Alasannya

1.Sastra

Salah satu jurusan kuliah yang tidak ada matematika adalah program studi yang ada di fakultas sastra. Bagi kamu yang suka belajar bahasa, jurusan sastra bisa menjadi pilihan yang tepat. Sastra sendiri terdiri dari beberapa jurusan, misalnya sastra Indonesia, sastra Inggris, sastra Jerman, sastra jepang, dan lain sebagainya.

Jangan khawatir, jurusan sastra juga memiliki prospek kerja yang bagus. Jika sudah lulus dari jurusan ini, kamu bisa menjadi seorang editor, penerjemah, tour guide, penulis naskah, copywriter, dan profesi lainnya.

2.Ilmu Sosial dan Politik

Program studi selanjutnya yang kurang bahkan tidak ada unsur Matematika di dalamnya adalah jurusan-jurusan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol). Misalnya jurusan Sosiologi, jurusan Antropologi, jurusan Sejarah, jurusan PPKN, jurusan Ilmu Hukum, jurusan Ilmu Komunikasi dan jurusan yang sejenis lainnya.

Baca juga:  Jurusan Ilmu Komunikasi Jadi Prodi Favorit di SBMPTN 2022, Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya yang Super Menarik

Prospek kerja jurusan ini juga sangat luas. Setelah lulus, kamu bisa menjadi peneliti, bekerja di instansi pemerintah, pengacara, hakim, ahli sosial dan pengembang masyarakat, jurnalis, reporter, content creator, dan masih banyak lagi peluang kerja lainnya.

3.Desain Komunikasi Visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual atau DKV adalah jurusan yang berfokus menciptakan desainer handal di kemudian hari. Jurusan ini lebih mengedepankan bagaimana mereset lapangan, mencari data, lalu memvisualkan. Dalam jurusan ini, kamu akan sering belajar sejarah, sosial dan tentu saja desain.

Tapi meskipun tidak ada pelajaran matematika, tetap saja kamu akan belajar hitung menghitung, seperti ukuran kertas, margin, dan besar kecilnya objek desain. Bagaimana dengan prospek kerjanya? Di era teknologi digital, peluang kerja lulusan DKV semakin tinggi.

Baca juga:  Bagaimana Proses Pernapasan Dada? Simak Penjelasannya!

Setelah lulus, kamu dapat mencoba berbagai peluang karirnya. Ini termasuk bekerja di bidang periklanan, media massa, televisi dan perfilman, penerbitan dan percetakan, game dan animasi, serta dokumentasi.

Itulah salah satu rekomendasi jurusan kuliah yang tidak ada matematika di dalamnya. Selain yang disebutkan diatas, tentunya masih ada jurusan kuliah yang tidak ada matematika lainnya. Meskipun tak ada pelajaran matematika, setiap jurusan tentu memiliki tantangan tersendiri.

Sumber:
https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/11-jurusan-kuliah-anti-matematika
https://maukuliah.id/blog/jurusan-kuliah-yang-tidak-ada-matematika/