Cara Mudah Mempelajari Persamaan Parabola

Konsep Dasar Parabola

Dalam konsep Matematika, Parabola adalah suatu kurva bidang yang berbentuk simetris dengan acuan U sebagai bentuk dasarnya. Definisi tersebut akan berkaitan dengan materi persamaan parabola yang akan dibahas pada artikel ini.

Suatu kurva dalam parabola dapat diketahui dengan cara menggarisi bidang datar dengan sebuah bangun ruang yang berbentuk kerucut. Maka dengan demikian, suatu parabola dapat dipahami sebagai suatu titik kedudukan dengan jarak tertentu, sehingga, jarak titik kedudukan dengan titik fokus akan sama dengan jarak dari titik kedudukan menuju ke garis direktrisnya.

Sementara itu, himpunan dari semua titik P = (x,y) dalam kurva suatu parabola dapat disusun menjadi sebuah persamaan, yakni persamaan parabola. Parabola sendiri memiliki empat arah, yakni hadap kanan, hadap kiri, hadap atas serta hadap bawah, namun kali ini akan dibahas mengenai persamaan parabola.

Baca juga:  Keunggulan Brain Academy Center yang Wajib Kamu Ketahui

Tapi sebelum itu, akan dijabarkan terlebih dahulu mengenai unsur yang ada pada kurva, agar lebih memudahkan dalam menemukan persamaan parabola pada sub-bab pembahasan berikutnya.

sumber gambar : konsep-matematika.com
  • Kurva parabola umumnya ditandai dengan warna biru
  • Titik F (p,0) merupakan titik fokus dari parabola
  • Titik O (0,0) merupakan titik puncak parabola
  • Garis g merupakan garis direktris
  • Garis datar yang melintasi titik fokus dan titik puncak parabola dan tegak lurus dengan garis direktris merupakan garis sumbu simetri dengan simbol X.
  • Garis L1 dan L2 merupakan Latus Rectum

Cara Menemukan Persamaan Parabola

Cara menemukan persamaan parabola adalah dengan menggunakan rumus jarak antara dua titik.

Katakanlah, sebuah titik ;

A (, ) maka, jarak antara titik A dan B

Baca juga:  Proses Pencernaan Usus Halus

=  =

sumber gambar : konsep=matematika.com

Agar lebih mudah dalam menemukan persamaan parabola, contoh gambar diatas ini bisa dijadikan sebagai pedoman. Titik fokus F (p,0), lalu titik puncak O (0,0), garis direktris disimbolkan dengan “g”. Kemudian, kita tentukan titik R (-p,y) pada garis “g” dan titik sembarang P (x,y)  pada Parabola.

  • Cara Menemukan Persamaan Parabola dengan titik puncak (0,0)

Berdasarkan acuan jarak titik P ke titik fokus (PF) sama dengan jarak titik P menuju titik R (PR)

 

=

=

=

=

=

 

Berdasarkan rumus diatas, diketahui bahwa persamaan dari Parabola  =  yang didasarkan pada persamaan parabola dari titik puncak O (0,0) melalui titik fokus F (p,0) serta posisi parabola yang menghadap kanan ke arah sumbu X positif, yakni  = .

Sekedar penjelasan tambahan, bahwa, dengan menggunakan rumus penghitungan yang sama dengan cara diatas, dapat dilakukan juga untuk mencari dan menentukan tiga persamaan parabola yang menghadap ke arah yang berbeda.

Baca juga:  Mengapa Kita Harus Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan?

Sedangkan seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa, kurva dalam parabola memiliki memiliki empat jenis arah hadapnya. Yaki menghadap ke kanan, menghadap ke kiri, menghadap ke atas, serta menghadap ke bawah.

Jadi, begitulah ulasan mengenai cara menemukan persamaan parabola, sebenarnya masih ada satu cara lagi dalam mencari persamaan parabola melalui titik puncak. Namun, cara itu akan dibahas pada artikel berikutnya, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu dalam proses belajar memahami materi seputar persamaan parabola.

Sumber referensi :

https://www.konsep-matematika.com/2017/07/persamaan-parabola-dan-unsur-unsurnya.html

https://www.konsep-matematika.com/2017/07/cara-menemukan-persamaan-parabola.html