Cara Mudah Mempelajari Pengurangan Pecahan

Konsep Dasar Pengurangan Pecahan

Pengurangan pecahan dalam pelajaran matematika merupakan salah satu sub bab yang ada pada materi jenis bilangan. Materi mengenai jenis bilangan tersebut telah dipelajari pada saat di bangku Sekolah Dasar.

Materi tentang jenis bilangan pecahan mengajak para pembelajarnya untuk mempelajari operasi hitung pecahan. Adapun dalam operasi hitung pecahan berisi tentang penjumlahan, pengurangan dan juga pecahan campuran.

Namun, yang akan menjadi fokus bahasan pada artikel ini adalah tentang pengurangan pecahan. Pengurangan pecahan termasuk kedalam operasi penghitungan yang sangat mendasar pada suatu bilangan pecahan.

Pada dasarnya, bilangan pecahan sendiri merupakan bentuk bilangan yang tersusu atas dua bagian, yakni pembilang dan juga penyebut. Pembilang sendiri merupakan bagian dari bilangan pecahan yang dibagi, sedangkan penyebut adalah bagian dari bilangan pecahan yang  bersifat membagi.

Baca juga:  Mengapa di Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi?

Maka, materi pengurangan pecahan adalah operasi untuk mengambil suatu bilangan sampai nilainya menjadi semakin mengecil. Akan tetapi, pengurangan pecahan akan memiliki operasi cara yang berbeda. Singkatnya, pengurangan pecahan terbagi atas dua jenis, yakni pengurangan pecahan biasa dan juga pengurangan pecahan campuran.

sumber gambar : Chara.my.id

Pengurangan Pecahan Biasa

Pecahan biasa tersusun atas pembilang dan juga penyebut, ketika suatu pecahan biasa memiliki angka penyebut yang sama, maka cara menghitungnya hanya cukup dengan mengurangi angka pembilangnya saja ;

Contoh :  –  =

Cara mengurangi pecahan biasa akan sedikit berbeda jika kedua bilangan pecahan yang ada memiliki angka penyebut yang tidak sama. Caranya, harus dengan menyamakan angka penyebutnya terlebih dahulu agar setiap bilangan pecahan memiliki angka penyebut yang sama agar bisa dikurangi.

Baca juga:  Ini Dia Ucapan Syukur Pidato yang Mudah

Contoh :  = ?

Pertama, kita harus mencari KPK (Kelipatan Persekutuan Kecil) dari masing-masing penyebutnya, yakni 3 dan 4, KPK dari angka penyebut 3 dan 4 sendiri adalah 12.

=

=

Maka,  =

Jadi, hasil pengurangan pecahan biasa antara :  =

Kesimpulannya, cara menghitung pengurangan pada pecahan biasa yang memiliki perbedaan pada angka penyebut adalah dengan menyamakannya dengan mencari KPK dari penyebut. Lalu, setiap angka penyebut dan juga pembilang yang ada, harus dikalikan dengan angka yang sama.

Pengurangan Pecahan Campuran

Angka pada pecahan campuran tersusun atas bilangan bulat dan juga bilangan biasa, sehingga cara melakukan operasi pengurangan pada pecahan campuran adalah dengan mengubah bilangan pecahan campuran tersebut menjadi pecahan biasa.

Contoh :  –  =

Cara pertama, yakni harus merubah angka pecahan campuran ke dalam bentuk pecahan biasa secara terpisah ;

Baca juga:  Daftar Rekomendasi Buku Sejarah untuk Pelajar dan Mahasiswa

menjadi , sedangkan menjadi

Setelah selesai mengubah pecahan campuran tersebut menjadi pecahan biasa, namun angka penyebutnya masih berbeda. Maka, harus disamakan terlebih dahulu dengan cara melakukan pengurangan pada angka pembilang pada pecahan tersebut dengan menggunakan KPK.

Adapun KPK dari pembilang 2 dan dan pembilang 3  pada bilangan pecahan  dan  adalah 6.

Maka, cara pengurangannya :

=   dan  =

–  =  =

Maka, hasil pengurangan pecahan campuran antara  – menghasilkan jawaban .

Jadi, begitulah ulasan mengenai penguragan pecahan beserta konsep dasarnya pada artikel ini. Cukup mudah, dan semoga ini bisa memberikan manfaat untuk para pembaca yang sedang ingin memahami materi seputar pengurangan pecahan.

Sumber referensi : https://cilacapklik.com/2020/08/penjumlahan-dan-pengurangan-pecahan.html