Cara Mejaga Keberagaman di Indonesia Agar Tidak Memicu Perpecahan

Cara Mejaga Keberagaman di Indonesia
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Bagaimanakah cara menjaga keberagaman di Indonesia agar tidak menimbulkan perpecahan? pertanyaan seperti itu cukup di relevan di Bulan Agustus seperti saat ini. Memasuki bulan kemerdekaan, kita memang perlu sejenak merefleksikan diri bagaimana cara menjaga kesatuan dari keberagaman di Indonesia.

Kemerdekaan bangsa Indonesia diperoleh dan diperjuangkan oleh perjuangan segala keberagaman suku yang ada di Indonesia dalam mengusir bangsa penjajah. Maka, sudah tentu kita harus semakin menyadari betapa pentingnya untuk menjaga keberagaman di Indonesia agar tidak menimbulkan perpecahan.

Cara Menjaga Keberagaman di Indonesia

Ada banyak sekali cara menjaga keberagaman di Indonesia agar tidak menimbulkan perpecahan. Bila kita menerapkan beberapa cara berikut ini, maka kita juga telah berkontribusi untuk menjaga kemerdekaan negara Indonesia.

Baca juga:  Moderator Wajib Tahu, Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup Presentasi Berikut Ini

Saling Menghargai, Cara Menjaga Keberagaman di Indonesia

Dimanapun kita tinggal di berbagai tempat di Indonesia, maka kita akan bertemu dan berinteraksi dengan orang dari berbagai latar belakang yang berbeda. Baik orang yang berbeda suku, agama dan juga etnis, semuanya sangat mungkin untuk kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas kita agar bisa menjaga keberagaman di Indonesia adalah dengan menanamkan sikap saling menghargai dalam kehidupan sehari-hari. Menghargai segala perbedaan yang ada dengan cara bersikap baik tanpa harus kita memandang perbedaan yang ada.

Cara Mejaga Keberagaman di Indonesia
sumber gambar : unsplash.com

Sikap saling menghargai akan memastikan berlangsungnya keberlangsungan hidup yang rukun serta damai dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu pada akhirnya akan memberikan dampak baik dalam menjaga keberagaman di Indonesia agar dijauhkan dari segala konflik dan pertikaian yang ada.

Baca juga:  Bagaimana Sejarah Kerajaan Mataram Kuno? Ini Informasinya!

Saling Membantu, Cara Menjaga Keberagaman di Indonesia

Sebagai mahluk sosial yang hidup ditengah keberagaman suku, agama dan juga etnis, kita tetap diharuskan untuk membudayakan sikap saling membantu. Kita tidak bisa hidup sendirian, maka cara menjaga keberagaman di Indonesia yakni dengan menanamkan sikap saling membantu.

Bila budaya saling membantu sudah diterapkan dengan baik oleh setiap masyarakat di Indonesia, maka kerukunan dan kedamaian akan terwujud dengan sendirinya. Pada intinya, kita harus membudayakan sikap saling membantu kepada siapapun, tanpa memandang perbedaan latar belakang yang ada.

Tidak Boleh Menghina dan Merendahkan

Cara menjaga keberagama di Indonesia yakni, kita dilarang untuk saling menghina dan merendahkan orang yang berbeda latar belakang. Hal itu mutlak dilakukan untuk menjaga kerukunan dan menghindarkan dari situasi perpecahan dan konflik.

Baca juga:  Bagaimana Landasan Yuridis Kedaulatan Negara Republik Indonesia?

Budaya Setia Kawan

Hidup ditengah keberaman masyarakat tentu haruslah membudayakan sikap setia kawan dalam berbagai kondisi apapun. Bila sedang dalam kondisi sulit di lingkungan, haruslah disikapi dan dihadapi bersama, bila dalam kondisi senang tentu harus saling berbagi.

 

sumber referensi : https://www.aswata.co.id/id/berita/info-tips/642-4-tips-menjaga-keberagaman-di-indonesia-agar-semakin-maju