Cara Menjadi OSIS di SMP? Pelajari Tipsnya Disini!

cara menjadi osis di smp
sumber gambar : gettingsmart.com

OMTELOLET – Bagaimanakah cara menjadi OSIS di SMP? Pelajari tipsnya disini, sebab dengan begitu kamu akan mendapatkan tips-tipsnya. Sebab, tidak semua siswa bisa terpilih menjadi OSIS, hanya segelintir siswa terpilih menjadi OSIS dengan kemampuan leadershipnya.

Menjadi OSIS pun bukan tanpa manfaat, ada banyak sekali manfaat besar yang akan didapat oleh seseorang yang menjadi OSIS. Tak hanya memperluas relasi dan jaringan pertemanannya, tetapi juga dapat mengembangkan segala kompetensi yang ada dalam dirinya.

Cara Menjadi OSIS di SMP

Baik seperti kemampuan berkomunikasi, cara berinteraksinya dengan berbagai orang, serta bagaimana sikapnya saat harus menyikapi suatu perbedaan pendapat. Sehingga, dengan demikian, menjadi OSIS di SMP merupakan hal yang sangat bagus untuk menunjang pengembangan diri seseorang.

Baca juga:  Inilah Daftar Teknologi yang Terinspirasi dari Tumbuhan, Nomor 3 Mudah Ditemukan

Maka dari itu, bagi kalian yang tak ingin melewatkan momentum dalam mengembangkan kemampuan dan segala potensi yang ada dalam dirimu. Segera menjadi OSIS, dengan mempelajari beberapa tips penting berikut ini.

Mencari Informasi

Pertama-tama, kamu harus memiliki inisiatif untuk selalu bertanya tentang informasi tentang pendaftaran untuk menjadi anggota OSIS. Kamu bisa bertanya kepada siapapun di sekolah, baik kepada temanmu, kepada gurumu atau juga kepada kakak kelasmu.

Rajin Mengecek Mading Sekolah

Selain rajin bertanya kepada teman-temanmu, rajinlah untuk selalu memeriksa informasi yang ada disekolahmu pada Mading sekolah. Biasanya, setiap informasi yang bersumber dari OSIS akan selalu dipublikasikan pada mading sekolah.

cara menjadi osis di smp
sumber gambar : gettingsmart.com

Aktif Mengikuti Kegiatan OSIS

Kamu juga perlu untuk rajin mengikuti setiap kegiatan OSIS yang diadakan di sekolah, sehingga kamu bisa familiar dengan cara kerja OSIS di sekolah. Sehingga, hal itu bisa memberikanmu gambaran tentang OSIS dalam cara kerja dan manfaat pengembangan yang bisa kamu dapatkan.

Baca juga:  Apa itu Kalimat Opini? Ungkap Jawabannya Disini

Mengikuti Tes OSIS

Bila sudah mendapatkan informasi tanggal pelaksanaan pendaftaran pengurus OSIS, maka persiapkan dirimu untuk mengikuti tes OSIS dengan sebaik-baiknya. Pelajari setiap rangaian tes yang ada agar kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik saat mengikuti tes.

Lulus Tes OSIS

Kamu juga perlu dinyatakan lulus dari berbagai tes OSIS, baik saat mengisi formulir, melakukan sesi tanya jawab serta saat melakukan diklat kepemimpinan. Hal itu untuk membuktikan bahwa kamu memang punya kapabilitas yang baik dan tinggi untuk menjadi pengurus OSIS.

Berkomitmen Tinggi

Setelah menjadi pengurus OSIS, kamu juga perlu memastikan dirimu untuk bisa berkomitmen tinggi kepada OSIS. Caranya yakni dengan menunjukkan etos kerja dan kinerja yang profesional serta baik.