Cara Menghitung Rata-rata Rapor SNMPTN Secara Jitu

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah jalur seleksi masuk perguruan tinggi bagi siswa-siswi lulusan SMA, SMK dan MA se-Indonesia. Maka, cara menghitung rata-rata rapor SNMPTN harus menjadi hal yang penting untuk dipahami oleh para peserta SNMPTN.

Cara menghitung rata-rata rapor SNMPTN menjadi sangat penting, agar para peserta tidak asal memilih program studi tanpa mempertimbangkan nilai rapor besera grade dari program studi yang akan dipilih.

Maka, dengan mengetahui cara menghitung rata-rata rapor SNMPTN akan memperbesar peluang peserta SNMPTN diterima di perguruan tinggi negeri favoritnya. Modal tersebut bisa sekaligus menjadi strategi dalam menentukan pilihan kampus dan program studi yang tepat agar tidak gagal lulus dari SNMPTN.

Baca juga:  Bagaimana Proses Kedatangan Bangsa Deutro Melayu ke Indonesia

Sebelum itu, perlu dipahami bahwa nilai rapor yang menjadi acuan bagi siswa/siswi dari SMA dalam cara menghitung rata-rata rapor SNMPTN adalah nilai rapor dari semester satu hingga semester lima dengan lama studi tiga tahun. Sementara itu, bagi peserta SNMPTN dari SMK, nilai rapor yang menjadi acuan adalah dari semester satu sampai semester tujuh dengan durasi masa studi yang mencapai empat tahuhn.

Jalur SNMPTN sendiri memang berpatokan pada nilai dan prestasi akademik yang didasarkan pada nilai rapor sebagai portifolio nilai akademik dari peserta SNMPTN yang bersangkutan. Cara menghitung rata-rata rapor SNMPTN cukup mudah, berikut ini akan dijabarkan tipsnya agar para pembaca mudah dalam memahaminya.

Baca juga:  Apakah SNMPTN Gratis Biaya Kuliah? Ini jawabannya

Rico dalam mata pelajaran Biologi memiliki nilai rata-rata 80, 89, 90. 88, 81 selama 5 semester.

Maka cara menghitung nilai rata-ratanya adalah =

80 + 89 + 90 + 88 + 81 : 5 =

428 : 5 = 85,6

Maka dengan demikian, nilai rata-rata Rico pada mata pelajaran Biologi adalah 85,6.

sumber gambar : id.quora.com

Sedangkan pada contoh siswa/siswi SMK, cara menghitung rata-rata rapor SNMPTN adalah sebagaimana berikut ;

Melani pada semester 1 mempunyai 5 nilai kompetensi keahlian dengan total nilai 450 dan dibagi 5 dengan menghasilkan rata-rata 90. Semester 2, Melani memiliki 4 nilai kompetesi keahlian dengan nilai 340 dan dibagi 4 dengan hasil rata-rata 85. Begitupun seterusnya hingga semester 5, cara menghitung nilai rata-rata rapor SNMPTN adalah sebagaimana berikut ;

Baca juga:  Bagaimana Kondisi Rakyat yang Mengalami Penjajahan? Ungkap Disini

90 + 85 + 79 + 81 + 82 : 5 =

417 : 5 = 83,4

Maka dengan demikian, cara menghitung rata-rata rapor SNMPTN milik Melani sebagai siswi SMK menghasilkan jawban 83,4 sebagai nilai rata-rata akhirnya. Maka begitulah cara menghitung rata-rata nilai rapor untuk siswa siswi SMA maupun SMK dalam mengikuti program SNMTN. Cara menghitung nilai rata-rata rapor tersebut sangatlah berguna dalam mengukur peluang peserta dalam persaingan masuk pada program studi yang diinginkannya.

 

Sumber artikel : https://paperedukasi.com/cara-menghitung-nilai-rapor-untuk-daftar-snmptn-siswa-sma-dan-smk/