Cara Menghitung Passing Grade SNMPTN

sumber gambar: portal jember

Cara menghitung passing grade SNMPTN bisa membantu memperkirakan kemungkinan lolos tidaknya masuk PTN. SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu seleksi masuk PTN yang ada di Indonesia.

Dengan SNMPTN, kamu tak perlu lagi mengikuti serangkaian tes untuk bisa masuk PTN favorit. Ini membuat banyak siswa berlomba untuk bisa tembus SNMPTN. Salah satu perhitungan yang biasa dicari siswa adalah bagaimana cara menghitung passing grade SNMPTN.

Cara menghitung passing grade SNMPTN ini bisa dilakukan dengan membandingkan nilai rapormu dengan perkiraan passing grade yang dimiliki sebuah PTN. Cara menghitung passing grade SNMPTN sangat berguna bagi para calon peserta SNMPTN.

Cara menghitung passing grade SNMPTN bisa membantumu menentukan PTN dan jurusan mana yang sesuai dengan nilai yang kamu miliki. Dengan cara menghitung passing grade SNMPTN kemungkinanmu lolos jadi lebih besar. Berikut cara menghitung passing grade SNMPTN.

Baca juga:  Bagaimana Proses Pembuatan Biogas? Ini Penjelasannya!

Sistem pemeringkatan dalam SNMPTN

Pemeringkatan siswa dilakukan oleh Sekolah berdasarkan nilai mata pelajaran yang telah ditentukan. Untuk jurusan IPA, pemeringkatan dilakukan berdasarkan nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.

Untuk IPS pemeringkatan dilakukan berdasarkan nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi. Untuk Bahasa pemeringkatan dilakukan berdasarkan nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing. Sedangkan untuk SMK didasarkan pada nilai Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

Berdasarkan kelengkapan data nilai siswa yang diisikan oleh sekolah akan ditetapkan jumlah siswa yang dapat mendaftar SNMPTN 2020 dengan ketentuan Akreditasi Sekolah:

Akreditasi A : 40 % terbaik di sekolahnya;

Akreditasi B : 25 % terbaik di sekolahnya;

Akreditasi C dan lainnya 5 % terbaik di sekolahnya.

Mengenal passing grade SNMPTN

                                                Sumber : brits-indonesia.com

Melalui SNMPTN, kamu bisa masuk ke PTN melalui nilai rapor yang dimiliki selama 5 semester di SMA atau SMK. SNMPTN kini dikelola oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Passing grade adalah acuan nilai yang bisa meloloskan siswa untuk bisa masuk PTN.

Baca juga:  Cara Mencari Tinggi Balok Secara Mudah

Penting diketahui bahwa PTN tidak pernah merilis passing grade secara resmi. Passing grade yang kamu dapatkan di internet merupakan perkiraan atau prediksi yang bisa memperlihatkan peluangmu untuk bisa lolos SNMPTN ke suatu PTN. Meski tidak resmi, angka-angka ini bisa jadi pertimbangan peluangmu untuk bisa lolos.

Biasanya patokan passing grade didapat dari nilai-nilai siswa yang lolos SNMPTN di tahun sebelumnya. Nilai ini kemudian dikumpulkan dan dijadikan patokan passing grade SNMPTN.

Cara menghitung passing grade SNMPTN

Cara sederhana menghitung passing grade SNMPTN adalah membandingkan nilaimu dengan nilai alumni sekolahmu yang lulus SNMPTN di jurusan dan PTN tujuanmu. Misalnya, kamu ingin masuk ke jurusan Ekonomi di UGM, maka kamu harus mencari informasi tentang alumni sekolahmu di tahun sebelumnya yang lolos SNMPTN di jurusan Ekonomi UGM.

Baca juga:  Bagaimana Cara Petani Sayur Memanfaatkan Lingkungan Hidup?

Kemudian, bandingkan nilaimu dengan nilai alumni sekolahmu yang lolos SNMPTN tersebut. Karena jurusan Ekonomi termasuk dalam bidang IPS, maka nilai yang harus dibandingkan adalah nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

Kamu bisa menghitung rata-rata nilai ke enam mata pelajaran ini. Caranya adalah dengan menjumlah ke enam nilai lalu dibagi enam. Jika nilaimu sama atau bahkan melebihi nilai alumni sekolahmu, ada peluang besar kamu bisa lolos ke SNMPTN. Demikian ulasan cara menghitung passing grade SNMPTN, tetap semangat kejar cita-cita kalian!

 

Sumber Referensi

Liputan6.https://hot.liputan6.com/read/4301541/cara-menghitung-passing-grade-snmptn-bantu-pilih-ptn-yang-tepat. (diakses tanggal 12 Februari 2022, pukul 1.00 WIB)