Cara Menghilangkan Flek Hitam Agar Wajah Glowing Maksimal

Sumber : viva.co.id

Pernahkah kalian saat bercermin lalu melihat noda hitam di wajah? itulah yang dinamakan flek pada wajah. Memiliki flek hitam di wajah bisa sangat menyebalkan terutama bagi kaum hawa. Flek hitam biasanya timbul disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari efek sinar matahari, tanda penuaan, hingga bekas jerawat, perubahan hormon, termasuk genetik. Meski tidak menimbulkan efek yang serius, hal ini dapat mengganggu penampilan yang akhirnya membuat kalian kurang percaya diri. Namun ada beberapa cara menghilangkan flek hitam yang bisa kalian coba supaya kesehatan dan kecantikan kulit selalu terjaga. Dipasaran memang banyak dijual produk penghilang flek hitam dari berbagai merek. Akan tetapi produk-produk tersebut sebagian besar mengandung bahan kimia, dan tak jarang pula ada oknum yang tidak bertanggung jawab yang menambahkan bahan kimia berbahaya agar flek cepat hilang. Namun hal  ini sangat berpotensi membuat kulit kalian iritasi bahkan rusak permanen. Berikut akan disajikan berbagai bahan-bahan alami yang mudah ditemui sebagai alternatif menghilangkan flek hitam. Namun kalian tetap perlu melakukan uji coba terlebih dahulu. Jika tak ada reaksi alergi atau iritasi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian bahan-bahan alami ini secara teratur. Untuk hasil yang lebih maksimal, cobalah untuk tetap berkonsultasi ke dokter kulit. Berikut adalah bahan-bahannya :

Baca juga:  Cari Tahu Disini, Rekomendasi Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak,

 1. lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman penyembuhan sangat mujarab terutama jika berkaitan dengan kulit. Lidah buaya memiliki senyawa aloin dan asam salisilat yang dapat membantu menghilangkan flek hitam di wajah secara alami. Kalian hanya perlu memijatkan gel lidah buaya pada flek hitam di kulit. Lakukan langkah tersebut dua kali dalam sehari. Dengan pemakaian rutin, flek hitam akan tersamarkan dalam beberapa minggu.

Sumber : telisik.id

2. Lemon 

Buah lemon termasuk dalam daftar bahan alami yang bisa digunakan untuk mencerahkan wajah. Jika kalian perhatikan beberapa produk kecantikan bahkan sabun wajah ada yang menggunakan ekstrak lemon. Menurut riset mengatakan bahwa lemon dapat mencerahkan kulit dalam waktu 2 minggu. Kalian bisa langsung mengaplikasikan air perasan lemon pada kulit menggunakan kapas dengan cara ditepuk-tepuk. Apabila kulit Anda sensitif, cobalah untuk mencampur air lemon dengan air biasa terlebih dahulu karena biasanya akan terasa sedikit perih. Jika tidak terjadi iritasi maka bisa dilakukan secara rutin.

 3. Oatmeal 

Makanan yang satu ini biasanya digunakan diet untuk menurunkan berat badan, Namun terdapat manfaat yang tersembunyi yaitu oatmeal juga cocok dijadikan bahan untuk menghilangkan flek hitam. Caranya cukup mudah hanya haluskan segelas oatmeal kemudian tambahkan 2 sdt air perasan lemon. Aduk rata sampai berbentuk pasta lalu aplikasikan ke wajah. Setelah 15 menit, bilas dengan air hangat. 

Baca juga:  Heboh! Pacari John Hopkins Mantan Pembalap MotoGP, Nikita Mirzani Ungkap Kisah Perkenalannya

4. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel walaupun memiliki aroma yang kurang sedap namun mengandung asam asetat yang termasuk sebagai bahan yang efektif untuk  menghilangkan flek hitam di wajah. Cara mengaplikasikannya campurkan cuka sari apel dan air dengan perbandingan yang sama dalam wadah dan oleskan ke bagian kulit yang memiliki flek hitam, Lalu biarkan selama dua hingga tiga menit dan bilas menggunakan air hangat. Ulangi dua kali sehari untuk mencapai hasil yang Anda inginkan.

5. Pepaya dan jeruk nipis 

Pepaya dan jeruk nipis memiliki kandungan vitamin E dan anti radang yang bagus untuk wajah serta bahan-bahan alami lainnya yang efektif menghilangkan sel kulit mati sehingga warna kulit menjadi lebih cerah. Caranya, parut sebuah pepaya hijau lalu tambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis. Aduk rata dalam sebuah wadah kemudian gunakan pada wajah selama 15 menit. Selanjutnya, bersihkan sisa masker itu dengan air hangat.

Baca juga:  Ketahui Manfaat dan Cara Membuat Air Jahe Sederhana

6. Tomat

Tomat juga bisa mencerahkan wajah kalian serta membantu menghilangkan flek hitam. Tomat tidak hanya baik bila dioleskan langsung ke kulit, namun menjadi sumber vitamin yang bagus untuk tubuh. Oleskan pasta tomat pada wajah Anda seperti masker wajah dan biarkan selama sekitar 10 menit. Anda bisa membilasnya dengan air dingin. Ini membuat kulit Anda lembut, halus, dan bercahaya.

7. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan yang baik untuk kulit wajah serta sangat mudah didapatkan. Kalian bisa menggunakan sisa kantong teh hijau yang sudah diseduh untuk di gunakan pada wajah. caranya keluarkan kantong teh dari air dan biarkan dingin, Gosokkan kantong teh di bagian kulit yang memiliki flek hitam. lalu ulangi dua kali sehari sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

Demikian penjelasan tentang cara menghilangkan flek hitam yang mungkin bermanfaat bagi kalian yang memiliki masalah kulit yang sama. Penggunaan bahan alami memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terlihat hasilnya namun tanpa efek samping yang berarti seperti penggunaan obat-obatan. 

Sumber : 

  1. https://www.merdeka.com/trending/8-cara-menghilangkan-flek-hitam-di-hidung-dan-pipi-secara-alami-dijamin-ampuh-kln.html
  2. https://kesehatan.kontan.co.id/news/4-cara-menghilangkan-flek-hitam-memakai-bahan-alami-2