Wajah Bruntusan? Simak Cara Menghilangkan Bruntusan yang Anti Ribet

Sumber : berkarirmedia.com

Kulit wajah yang bermasalah adalah suatu hal yang sangat menyebalkan baik bagi pria terlebih bagi wanita, salah satunya yaitu bruntusan. Bruntusan pada wajah adalah masalah kulit yang bentuknya seperti bintil-bintil kecil berwarna merah dan muncul dalam jumlah banyak. Jerawat satu ini biasanya hampir tidak terlihat, tetapi terasa kasar saat kalian menyentuhnya serta menimbulkan rasa gatal dan perih saat berkeringat. Oleh karena itu, jangan pernah menggaruk bruntusan karena hanya akan memperparah kondisinya. 

Penyebab bruntusan biasanya berasal dari jerawat, milia, sel-sel kulit mati, dermatitis kontak, reaksi alergi, dan lainnya. Berikut ada beberapa cara menghilangkan bruntusan yang mudah untuk diterapkan.

1. Membersihkan wajah

Salah satu cara yang paling dasar menghilangkan bruntusan adalah rutin membersihkan wajah. Mencuci wajah dengan produk yang lembut akan membantu menghilangkan lemak berlebih, keringat, dan kotoran lainnya di wajah sehingga pori-pori kulit tidak tersumbat yang bisa menyebabkan bruntusan. Selalu gunakan pembersih wajah terbaik yang diformulasikan untuk kondisi kulit tertentu sesuai kondisi wajah kalian. Setelah membersihkan wajah, gunakan pelembab kulit krim yang bebas minyak dan tidak menyumbat pori-pori kulit. Pelembab dapat membantu memudarkan bruntusan pada kulit yang disebabkan iritasi. Penggunaan pelembab secara rutin juga untuk membantu kulit tetap sehat dengan menjaga kulit tetap terhidrasi. 

Baca juga:  Contoh Kewajiban Warga Negara Indonesia yang Harus Diterapkan

 

2. Menggunakan obat jerawat

Sebagai tindakan pencegahan kalian tidak boleh memencet jerawat atau bruntusan, karena nanah dan kotoran di pori-pori bisa terdorong ke dalam folikel. Hal ini dapat menyebabkan material yang terinfeksi masuk ke lapisan bawah kulit dan merusak kulit. Hal ini menyebabkan kondisi jerawat semakin parah. Mengurangi kebiasaan memencet jerawat dapat menjadi bagian dari cara menghilangkan bruntusan di jidat dengan tidak menambah area bruntusan atau jerawat baru .Jika bruntusan tak kunjung hilang maka kalian bisa membeli obat-obatan yang diformulasikan khusus untuk wajah berjerawat. Obat tersebut bisa berbentuk krim atau gel yang mengandung bahan seperti asam salisilat. Namun akan lebih baik jika kalian mengkonsultasikan pada dokter yang berpengalaman dibidangnya agar hasil yang didapat lebih maksimal. 

Baca juga:  Hal yang Perlu Diketahui Tentang Pengertian Senam Lantai

3. Masker bahan rumahan

Alternatif yang mudah dan simpel untuk mengobati bruntusan adalah menggunakan masker alami. Masker bahan alami bisa dengan mudah kalian dapati, seperti : 

 

a. Tea tree oil

Mirip dengan lidah buaya, manfaat tea tree oil juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan secara alami. Tea tree oil mengandung senyawa antimikroba dan anti radang. Anda cukup meneteskan beberapa tetes tea tree oil yang dicampurkan dengan air. Kemudian, oleskan pada area dahi yang sudah dibersihkan menggunakan kapas.

b. Lemon

Lemon mengandung senyawa astringent dan antibakteri yang dapat mengelupas sel kulit mati dan mencegah penyumbatan pori-pori di wajah. Namun, jangan menggunakan lemon dalam jangka waktu yang lama karena berpotensi menimbulkan iritasi dan kulit kering mengelupas. Anda dapat menggunakan lemon dengan cara mengambil airnya, lalu mengoleskannya ke area bruntusan yang sudah dibersihkan.

Baca juga:  Rekomendasi Cafe di Bogor yang Instagramable dan Kekinian

c. Cuka apel

Manfaat cuka apel dapat membantu mengendalikan bakteri penyebab jerawat sekaligus mengurangi kuantitas bruntusan. Cuka juga apel mengandung zat asam asetat yang sangat baik untuk meredakan peradangan pada kulit. Perlu diketahui bahwa penggunaan cuka apel untuk mengatasi bruntusan ini hanya dapat dilakukan pada jenis bruntusan yang tergolong ringan. 

Demikian penjelasan tentang cara menghilangkan bruntusan yang bisa kalian coba di rumah, selalu pastikan wajah kalian bersih dan terbebas dari kotoran dan minyak yang bisa menyumbat pori-pori agar wajah glowing selalu. 

Sumber : 

  1. https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/16/171017620/6-cara-menghilangkan-bruntusan-di-jidat-dengan-cara-rumahan?page=all
  2. https://www.sehatq.com/artikel/cara-menghilangkan-bruntusan-di-jidat-yang-mengganggu