Cara Menentukan Ide Pokok dalam Paragraf

Sumber: ruangguru

OMTELOLET – Ide pokok dalam suatu paragraf seringkali ditanyakan dalam soal ujian Bahasa Indonesia. Tak sedikit pula siswa yang mengeluh kesulitan untuk menjawab soal terkait ide pokok dalam paragraf. Lantas, bagaimana cara menentukan ide pokok dalam paragraf dengan mudah?

Sebelum mengetahui cara menentukan ide pokok dalam paragraf, sebaiknya kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan ide pokok. Sebab, dengan begitu kamu akan lebih memahami cara menentukan ide pokok tersebut dalam sebuah bacaan.

Apa Itu Ide Pokok dalam Paragraf?

Ide pokok merupakan ide atau gagasan yang menjadi pokok persoalan dalam pengembangan paragraph atau bacaan. Oleh karena itu, nama lain dari ide pokok adalah gagasan utama. Jadi, kamu tak perlu bingung, karena ide pokok dan gagasan utama adalah hal yang sama.

Baca juga:  Bagaimana Cara Membuat Kolase? Ini Langkah-Langkahnya!

Biasanya, ide pokok tercantum pada kalimat utama. Perlu diketahui pula bahwa dalam satu paragraf, hanya terdapat satu ide pokok.

Namun, satu hal lagi yang perlu diingat adalah kalimat utama tidak sama dengan kalimat pertama. Kalimat utama bisa terdapat pada kalimat pertama ataupun kalima terakhir, bahkan juga tidak pada kalimat pertama dan terakhir.

Cara Menemukan Ide Pokok dalam Paragraf

Adapun untuk menemumakan ide pokok dalam suatu paragraf dengan mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Baca keseluruhan paragraph dengan cermat

Membaca cermat tentu tak sama dengan membaca cepat. Jadi, untuk menyelesaikan soal, kamu tidak hanya dituntut untuk cepat menyelesaikannya, tetapi juga cermat. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menentukan ide pokok atau gagasan pada suatu paragraph.

  1. Cermati Kalimat Pertama hingga Kalimat Terakhir

Seperti yang diketahui, dalam suatu paragraf biasanya akan tersusun dari beberapa kalimat. Sementara itu, ide pokok atau gagasan tak selalu berada di kalimat pertama ataupun terakhir. Oleh karena itu, kamu perlu mencermati seluruh kalimat. Sehingga, kamu lebih mudah untuk menentukan ide pokoknya.

  1. Tandai Info Penting

Jika kamu sudah membaca setiap kalimat dengan cermat, tandai bagian kalimat yang membawa informasi penting. Setidaknya, kalimat tersebut merupakan pokok yang dikembangkan oleh kalimat-kalimat pendukung lainnya.

  1. Temukan Ide Pokok

Dari suatu kalimat yang memberikan informasi penting atau kalimat yang dikembangkan oleh kalimat yang lain itulah kamu bisa menentukan ide pokok dalam suatu paragraf.

Baca juga:  Pengen Kuliah di Undip? Cek Daftar Jurusan dan Passing Grade Saintek Beserta Soshum 2022

Nah, itulah beberapa cara menentukan ide pokok dalam paragraf yang bisa kamu lakukan untuk menemukan ide pokok dengan mudah.