Cara Mendapatkan Sertifikat dari Kursus Online

Foto oleh Olya Kobruseva dari Pexels

Sertifikat adalah surat tanda bukti yang mengakui dan memvalidasi pengetahuan dan keahlian seseorang. Bagi sebagian orang, sertifikat adalah hal yang penting karena dianggap dapat memberikan nilai plus saat melamar pekerjaan. Sertifikat memberikan bukti kepada calon pemberi kerja bahwa seseorang memiliki pemahaman di bidang tertentu.

Ada berbagai cara mendapatkan sertifikat, salah satunya adalah dari kursus. Di era digital seperti ini, banyak media kursus yang membantu kamu memperoleh sertifikat. Misalnya, dari situs kursus online yang tersedia di internet. Ada banyak situs kursus online yang menawarkan berbagai pilihan program dengan sertifikat.

Situs Kursus Online untuk Mendapatkan Sertifikat

Banyak situs kursus online untuk mendapatkan sertifikat, salah satunya sebagai berikut ini:

1.HACKTIV8

Platform HACKTIV8 sangat cocok bagi kamu yang tertarik dengan dunia IT. Berdiri sejak tahun 2016, HACKTIV8 adalah kursus di bidang IT berbentuk bootcamp. Platform ini menawarkan solusi program pembelajaran intensif yang membantu seorang pemula menjadi pengembang aplikasi web hanya dalam waktu 12 minggu.

Baca juga:  Apakah SNMPTN Ada Tes? Temukan Jawabannya Disini!

Ada berbagai pilihan bahasa pemrograman yang bisa dipelajari di HACKTIV8. Ini termasuk Vue.js, Python, JavaScript, Node.js, dan bahasa pemrograman React buatan Facebook’s React. Semuanya dipelajari lewat ratusan latihan praktik. Ada beberapa keuntungan bergabung Kelas Prakerja Hacktiv8, yaitu:

  • Mendapat sertifikat untuk mendukung karir
  • Belajar langsung dengan profesional di bidangnya
  • Materi dirancang untuk fokus mengembangkan skill
  • Membuat projek terkini di akhir kelas untuk portofolio

2.Shift Academy

Ingin mendalami dunia digital? Shift Academy layak kamu coba. Ada beberapa keuntungan belajar di Shift Academy. Ini termasuk belajar digital skill dari ahlinya, didampingi secara personal, dilatih lewat real project, dibimbing sampai dapat kerja, dan bebas ngulang sampai jago. Di Shift Academy, kamu juga bisa melihat berbagai video proses belajar dengan para Tutor yang expert di bidangnya.

Baca juga:  Bagaimana Proses Pemberian Pengakuan Kemerdekaan Mesir Kepada Indonesia

Di Shift Academy, kamu akan mendapatkan sertifikat khusus. Adanya Certificate of Completion untuk membuktikan bahwa kamu sudah menyelesaikan kelas. Sedangkan, Certificate of Excellence untuk membuktikan bahwa kamu memahami materi yang ada di kelas.

3.Coursera

Cara mendapatkan sertifikat selanjutnya adalah dengan mengikuti kursus di Coursera. Berdiri sejak tahun 2012, Coursera merupakan platform belajar online yang menawarkan berbagai program bersertifikat, kursus online, program bergelar dan program spesialisasi bidang studi. Kamu berkesempatan mendapatkan sertifikat kursus dari Coursera.

Sertifikat Kursus adalah kredensial Coursera resmi yang mengonfirmasi bahwa kamu telah berhasil menyelesaikan kursus di Coursera. Sertifikat yang kamu peroleh dari Coursera diberikan dalam bahasa yang kamu gunakan untuk kursus tersebut. Hal ini karena Coursera tidak memberikan Sertifikat yang diterjemahkan.

Baca juga:  Kuota Sekolah SNMPTN 2022? Begini Cara Ceknya!

4.Udemy

Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan Udemy. Berdiri sejak tahun 2010, Udemy adalah marketplace pembelajaran dan pengajaran online dengan 204.000 kursus dan 54 juta lebih peserta. Ada banyak kursus yang bisa kamu temukan di Udemy, salah satunya seperti kursus di bidang desain, fotografi, marketing, keuangan, IT, dan lain sebagainya.

Sama beberapa situs kursus online lainnya, kamu juga bisa mendapatkan sertifikat di Udemy. Ketika kamu menyelesaikan kursus Udemy berbayar, kamu akan menerima sertifikat kelulusan. Di Udemy, hanya kursus berbayar saja yang bisa mendapatkan sertifikat. Sedangkan, kursus gratis dan kursus yang hanya mencakup tes praktik tidak bisa memperoleh sertifikat kelulusan.

Nah, itulah beberapa cara mendapatkan sertifikat dari kursus online. Selain yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak situs kursus online lainnya.