Cara Mencari Tinggi Segitiga Secara Efektif

Segitiga adalah sebuah bangun datar dengan ciri khusus yakni keberadaan tiga buah sisi beserta tiga buah titik sudutnya. Maka, cara mencari tinggi segitiga pun sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa cara. sebagaimana umumnya dalam materi pelajaran Matematika untuk kelas 7 SMP, siswa akan diminta untuk mencari dan menghitung tinggi dari segitiga.

Sebelum melanjutkan bahasan mengenai beberapa cara mencari tinggi segitiga, perlu diingat bahwa segitiga memiliki beberapa ciri. Segitiga memiliki ketiga sudut yang besarnya 60 derajat, serta memiliki tiga sumbu simetri lipat dan tiga sumbu simetri putar. Maka, setelah memahami ketiga ciri segitiga, kita dapat menemukan beberapa cara mencari tinggi segitiga secara efektif dan jitu.

  1. Menghitung tinggi melalui sisi segitiga
Baca juga:  Cara Mudah Mempelajari Persamaan Matriks

Segitiga sama sisi bisa menjadi kunci pertama dalam menemukan cara mencari tinggi segitiga dalam sebuah soal Matematika. Segitiga sama sisi sudah tentu mempunyai ketiga sudut beserta ketiga sisi yang sama besar dan panjangnya, yakni 60 derajat.

Ingatlah rumus teorema Pythagoras yang menyatakan bahwa a2 + b2 = cdapat digunakan sebagai cara mencari tinggi segitiga. Caranya, yakni dengan menandai masing-masing sisi segitiga dengan menggunakan simbol A, B dan C. semisal, bilamana sisi dengan simbol B merupakan tinggi yang harus dicari, maka nilai dari sisi A dan C harus dikuadratkan dengan angka yang sudah sama-sama tertera. Terakhir, kurangilah nilai akhir pengukuadratan sisi A dan C untuk menemukan tinggi dari segitiga.

sumber gambar : LaeliTM.com
  1. Menggunakan sudut dan panjang sisi
Baca juga:  Mempelajari Faktor Persekutuan itu Mudah! Begini Penjelasannya

Cara mencari tinggi segitiga berikutnya yakni dengan menggunakan sudut dan panjang dari sisi segitiga. Rumus Heron bisa digunakan untuk menghitung variabel yang nilanya setara dengan setengah dari luas keseluruhan dari keliling segitiga, dengan catatan bahwa panjang ketiga sudutnya sudah diketahui. Rumus yang digunakan adalah (a + b + c) / 2 .

Lalu, gunakan rumus heron berikutnya, yakni s(s-a)(s-b)(s-c)) dengan menggunakan variasi persamaannya kedalam rumus luas segitiga untuk menghitung tinggi segitiga.

  1. Menggunakan Luas dan Alas

Cara mencari tinggi segitiga yang terakhir dapat diketahui yakni dengan menggunakan luas beserta alasnya. Rumus L=1/2at merupakan kunci dasar untuk mengetahui tinggi segitiga dengan menggunakan luas dan alas. Satu hal yang harus diperhatikan, yakni dengan mengidentifikasi variabelnya. Adapun dalam rumus L=1/2at,  L merupakan luas segitiga, A merupakan panjang alas segitiga, sedangkan T merupakan tinggi segitiga. Setelah memahami pola rumus tersebut, kita bisa memasukkan masing-masing nilai yang ada sesuai dengan variabel rumus L=1/2at untuk menghitung tinggi segitiga. Itulah ketiga rumus beserta penjelasan yang bisa dilakukan sebagai cara mencari tinggi segitiga secara mudah dan tentunya juga efektif.

Baca juga:  Mempelajari Kelipatan Persekutuan itu Mudah kok!

 

sumber referensi : https://id.wikihow.com/Mencari-Tinggi-Segitiga