Cara Mencari Tinggi Balok Secara Mudah

Balok adalah suatu bangun ruang dengan karakteristik berupa sisi-sisinya yang saling berhadapan dan membentuk persegi panjang. Maka, cara mencari tinggi balok pun juga bisa dilakukan dengan suatu rumusan tertentu.

Pada dasarnya, terbentuknya persegi panjang dari sisi-sisi balok yang saling berhadapan itu didasarkan pada posisi masing-masing sisi yang saling berhimpitan. Sehingga, secara bentuk dasarnya, Balok akan dikenal memiliki 6 buah sisi, 12 buah rusuk, serta titik sudut yang jumlahnya mencapai 8 buah.

Dalam uraian yang lebih rinci, titik sudut pada Balok merupakan suatu titik potong dari ketiga rusuk. Maka, sedikitnya, sebuah Balok dapat memiliki sebanyak 8 buah rusuk. Sedangkan pada rusuk Balok sendiri terbagi atas 4 rusuk alas, 4 rusuk tegak, serta 4 rusuk atas. Adapun diagonal sisi pada Balok sendiri berupa ruas garis penghubung titik sudut pada sisi Balok.

Baca juga:  Langkah-langkah dalam Membuat Rangkuman Materi

Cara mencari tinggi Balok dapat diketahui dengan menggunakan rumus bilamana telah diketahui volume beserta luas permukaannya dengan rumus sebagaimana berikut ini ;

t = V : (p x l)

rumus tersebut dapat berlaku pada contoh soal sebagaimana berikut ini ;

sebuah Balok memiliki volume sebesar 3600 cm3 sedangkan panjang balok mencapai 60 cm dan lebar 30 cm. maka cara mencari tinggi Balok tersebut adalah sebagaimana berikut ini ;

t = V : (p x l)

t = 3.600 : (60 x 30)

t = 3600 : 1800

t = 2 cm

sumber gambar : advernesia.com

adapun rumus lain dalam cara mencari tinggi Balok dapat dilakukan melalui luas permukaannnya yang telah diketahui.

t = (L : 2  – p x l) : p + l

rumus cara mencari tinggi Balok tersebut dapat bekerja pada contoh soal berikut ini ;

Baca juga:  Mengenal Apa itu Abstrak? Pengertian, Jenis dan Contohnya

sebuah Balok diketahui memiliki luas permukaan sebesar 900 cm2 , sedangkan panjang Balok tersebut mencapai 10 cm serta lebar mencapai 15 cm.

cara menjawabnya ;

t = (L : 2  – p x l) : p + l

t = (900 : 2 – 10 X 15 ) : 10 + 15

t = (450 – 150) : 25

t = 300 : 25

t = 12

Maka, melalui rumus t = (L : 2  – p x l) : p + l ini dapat diketahui bahwa tinggi dari Balok tersebut adalah 12 cm setelah melalui proses penghitungan yang mendasarkan pada luas permukaan Balok yang telah diketahui sebelumnnya.

Maka, singkat kata, cara mencari tinggi sebuah Balok dapat dilakukan dengan menggunakan kedua rumus yang sudah dipaparkan diatas,beserta cara pengerjaannya yang terbilang cukup mudah untuk difahami.

 

Sumber artikel : https://cilacapklik.com/2021/07/rumus-balok-cara-mencari-panjang-lebar-dan-tinggi-balok.html

Baca juga:  Bagaimana Cara Memainkan Alat Musik Tamborin? Ini Jawabannya