Cara Mempercepat Pembukaan untuk Persalinan yang Aman

cara mempercepat pembukaan
sumber gambar ; unsplash.com

OMTELOLET – Menjelang memasuki masa kandungan pada minggu ke-40 memang sangatlah krusial, dimana tanda kontraksi sudah mulai terasa. Dilain sisi, pada momen itu sudah terpikirkan cara mempercepat pembukaan untuk persalinan yang aman.

Menjelang datangnya fase persalinan, pada umumnya mulut rahim berada dalam kondisi yang lebih lunak dan cenderung melebar. Persoalannya dalam fase itu adalah, tidak semua ibu yang sedang hamil dapat menjalani proses pembukaan yang cepat serta mudah.

Sehingga, di fase tersebut para suami cenderung untuk menimbang opsi berbagai cara mempercepat pembukaan untuk persalinan yang aman. Hal itu merupakan pilihan yang sangat lumrah, bagaimana fase persalinan bisa segera dijalani dengan cara mempercepat pembukaan yang aman.

Baca juga:  5 Cara Agar Disiplin yang Bisa Diterapan dalam Keseharian

Berikut ini adalah beberapa cara mempercepat pembukaan untuk persalinan yang aman dilakukan.

Berjalan Kaki

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mempercepat pembukaan adalah dengan membiasakan berjalan kaki secara rutin bagi ibu hamil. Bagaimana mungkin dengan sering berjalan kaki dapat mempercepat proses pembukaan? jawabannya sederhana.

Perpaduan antara gerakan tubuh serta gaya gravitasi akan dapat membuat janin lebih cepat turun menuju jalan lahir. Sehingga, membiasakan rutinitas berjalan kaki saat beraktivitas ringan memang dianjurkan untuk ibu hamil agar mempercepat proses pembukaan.

Berlatih dengan Ball Birth

Berlatih dengan menggunakan Ball Birth juga dapat bermanfaat dalam membantu mempercepat proses pembukaan untuk persalinan. Bagaimana bisa? jadi, Ball Birth dapat membantu ibu hamil dalam melatih otot tubuh saat akan memasuki proses persalinan.

Baca juga:  Tercipta dari Cahaya, Inilah Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya

Bahkan, berlatih dengan menggunakan Ball Birth juga dapat membantu ibu hamil untuk mengurangi rasa cemas menjelang proses persalinan. Cara berlatih dengan Ball Birth pun terbilang sederhana, yakni cukup dengan duduk diatas Ball Birth.

cara mempercepat pembukaan
sumber gambar ; unsplash.com

Mandi dengan Air Hangat

Siapa yang bahkan akan menyangka? bahwa mandi dengan air hangat ternyata juga dapat mempercepat proses pembukaan. Ya, pada dasarnya mandi dengan air hangat memang dapat membuat fikiran dan tubuh menjadi lebih rileks.

Meskipun demikian, mandi dengan air hangat yang diketahui dapat mengurangi ketengan, justru juga dapat mempercepat terjadinya kontraksi. Artinya, mempercepat terjadinya kontraksi juga akan semakin mempercepat proses pembukaan jalan lahir menuju fase persalinan.

Baca juga:  Mempelajari Apa itu Love Languages? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Minum Teh Raspberry

Bisa jadi, inilah cara paling menyenangkan dalam mempercepat proses terjadinya pembukaan, yakni dengan mengkonsumsi teh raspberry. Hal itu memungkikan untuk terjadi karena daun raspberry dapat merangsang terjadinya kontraksi hingga menginduksi masa persalinan.

sumber referensi ; https://www.orami.co.id/magazine/cara-mempercepat-pembukaan-persalinan