Cara Membuat Origami Love Sederhana, Cocok untuk Bermain Bersama Si Kecil

Origami merupakan salah satu hasil kegiatan seni melipat. Selain seru, kegiatan yang satu ini juga bisa menjadi sarana edukasi dan bermain untuk anak-anak. Sebenarnya bukan hanya untuk anak-anak saja, tak jarang orang dewasa pun senang melakukannya. Kita bisa membuat berbagai macam bentuk origami mulai dari yang sederhana sampai yang sulit sekalipun.

Kita dapat mengajari anak-anak membuat origami yang mudah terlebih dahulu, misalnya origami dalam bentuk hewan. Hanya dengan kertas, kita dapat mengajarkan anak membuat origami hewan seperti origami bangau, kodok melompat, kupu-kupu, dan origami hewan lainnya.

Selain origami hewan, kita juga dapat mengajarkan anak membuat origami bentuk lainnya, sebut saja seperti bentuk love. Cara membuat origami love bukanlah hal yang sulit. Cara membuatnya cukup sederhana, sehingga mudah didalami si kecil dan tidak membuatnya kesulitan.

Cara Membuat Origami Love Sederhana

Sumber foto:diadona.id

Kegiatan lipat melipat kertas menjadi origami ini bisa jadi ide bermain bersama si kecil. Lebih dari sekedar mainan, hasilnya pun bisa kamu jadikan sebagai bahan dekorasi. Tentunya ini akan sangat multifungsi. Mudah dan gak ribet, berikut ini langkah mudah membuat origami bentuk love:

Baca juga:  Ketahui Cara Membuat Origami Bintang dan Manfaatnya Bagi Si Kecil

● Ambil selembar kertas origami yang bentuknya persegi
● Pastikan sisi putih kertas ada di menghadap ke atas
● Lipat kertas origami menjadi dua dengan cara melipat sudut atas ke sudut bawah kertas, kemudian buka
● Setelah itu, lipat juga sudut kiri ke sudut kanan kertas, kemudian buka kembali lipatannya
● Jangan lupa juga untuk melipat sudut atas ke tengah
● Kemudian sudut bawah ke tepi atas kertas
● Selanjutnya lipatlah tepi kiri serta kanan bawah ke lipatan tengah kertas
● Terakhir, lipat sudut atas kertas serta samping ke belakang. Dan origami berbentuk love pun sudah selesai dibuat.

Cara Membuat Origami Love 3D

Seperti yang kita tahu jika love itu banyak sekali bentuknya. Agar lebih bervariasi, kamu juga bisa membuat origami bentuk love 3D. Caranya juga mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

Baca juga:  Yuk, Download Plants vs Zombie Mod Apk Matahari tak Terbatas

● Siapkan kertas origami dan sebatang sumpit ataupun bisa diganti pensil dan sejenisnya
● Mulailah melipat dengan sisi putih menghadap ke atas. Lalu lipat kertas menjadi dua dari atas ke bawah, kemudian buka kembali lipatannya
● Tekan atau cubit secara perlahan kertas origami sekitar 2 inci, lalu lipat menjadi dua, dari kanan ke kiri. Lalu, lipat juga bagian kiri dan kanan kertas ke tengah
● Lipatlah kertas menjadi dua, dari atas ke bawah
● Kemudian lipat sudut kanan atas, sedikit saja. Bayangkan ada 4 bagian yang sama, namun tidak harus sama persis bentuknya.
● Lipat sudut kiri ke bawah secara diagonal, lalu lakukan hal yang sama di sebelah kirinya
● Lalu buka lapisan depan tapi pastikan tetap menyatukan tutupnya di dalamnya. Kemudian, lipatlah tutup kecil di sepanjang lipatan yang telah dibuat sebelumnya.
● Ulangi di sisi lainnya
● Lipat sudut kiri dan kanan, pastikan kamu sudah melipatnya dengan bagian atas kertas menghadap ke atas
● Tutup bagian berbentuk hati yang telah dibuat. Jangan lupa tekan perlahan dan perhatikan kelopak penutup yang ada di kanan atas
● Balik juga penutup kecil di bagian belakang serta depan agar bentuknya sempurna
● Jika dirasa kurang kuat, kamu bisa menggunakan lem agar bisa merekat sempurna
● Origami bentuk love 3D pun sudah selesai dibuat.

Baca juga:  Cek Kode Reedem FF Free Fire Hari Ini, Klaim Sekarang Sebelum Hangus!

Saat awal-awal belajar membuat origami mungkin si kecil akan kesulitan dengan beberapa stepnya. Namun, jika sudah lincah, maka membuat origami akan sangat mengasyikkan dan bermanfaat untuk anak-anak. Daripada membiarkan anak sibuk dengan gadgetnya, lebih baik ajak anak bermain dengan hal-hal yang menyenangkan seperti membuat origami.

Bukan hanya sebagai sarana quality time bersama orang tua, origami termasuk mainan yang berkualitas karena proses pembuatannya mengasah keterampilan serta daya ingat anak. Bahkan, membuat origami bisa menambah keterampilan matematika anak. Sebab, saat membuat origami, anak akan sangat bersemangat terhadap logika, pemecahan masalah, dan juga pecahan.

Sumber:
www.orami.co.id/magazine/amp/cara-membuat-origami-love
https://www.diadona.id/home-decor/cara-membuat-origami-love-3d-mudah-banget-200919h.html
https://www.merdeka.com/trending/5-cara-membuat-love-dari-kertas-origami-dengan-mudah-lengkap-ada-bunga-amp-hewan-kln.html