Lagi Musim! Ini 4 Cara Melakukan Self Healing

Sumber : qubisa.com

Belakangan populer kata self healing yang berhubungan dengan kesehatan mental. Kata ini banyak kita temui di berbagai media sosial hingga tiktok tentang cara melakukan self healing, kebanyak dari mereka membutuhkan self healing karena merasakan stres dari beban pekerjaan maupun perkuliahan.  

Setiap orang pasti memiliki potensi memiliki kondisi fisik atau mental yang buruk. Mental yang buruk dapat mengakibatkan masalah psikologis lainnya, seperti stres, depresi, dan lain-lain. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengatasi hal ini secara mandiri yaitu self healing.

Self healing adalah sebuah proses untuk penyembuhan luka batin yang mengganggu emosi. Dalam bahasa Inggris self healing artinya penyembuhan diri sendiri. Self healing juga bisa diartikan dengan sistem pemulihan internal yang dilakukan secara sadar atau tidak sadar. Kemudian sistem ini dapat membantu kalian sembuh dari penyakit fisik maupun ketidakseimbangan emosi. 

Setiap orang pasti memiliki masalahnya masing-masing dan merasa lelah secara emosional. Luka batin ini bisa terjadi dalam waktu yang lama dan berdampak pada kegiatan sehari-hari. Ada beberapa faktor yang membuat luka batin dan mengganggu emosi. Kelelahan emosional ini bisa disebabkan karena cemas, perasaan sedih, merasa gagal untuk mencapai sesuatu, dan masalah lainnya. Beberapa luka batin dapat disembuhkan secara mandiri, namun ada kondisi dimana luka batin harus membutuhkan bantuan pakar seperti psikolog. 

Baca juga:  Cara Mudah Membuat Kaligrafi Dinding Kelas, Hasilnya Wow Banget!

Cara yang paling simpel untuk dilakukan adalah merawat tubuh dengan pola makan sehat, olahraga teratur, tidur cukup, dan menghindari kecanduan terhadap narkoba dan minuman keras, juga harus dilakukan untuk menunjang kesehatan tubuh. Berikut ada berbagai cara melakukan self healing yang bisa diterapkan. ‘

Sumber : bidikutama.com

1. Luangkan waktu sendiri

Hidup tidak harus melulu tentang bersosialisasi dengan orang lain, ada kalanya kita membutuhkan quality time untuk diri sendiri. Hal ini bermanfaat untuk membuat diri nyaman dan lebih rileks tanpa gangguan orang lain. Meluangkan waktu sendirian tanpa memikirkan orang lain bermanfaat bagi kesehatan mental. Cara self healing ini membuat kita merasa diri sendiri adalah pusat segala kehidupan. Sementara itu orang lain hanya sebagai pelengkap kebahagiaan. Mu;ai;ah dari melakukan hobi hingga pergi untuk berlibur. 

Baca juga:  Bukan Sulap Bukan Sihir! Ini Penyebab Bagaimana Bisa Terjadi Dejavu

2. Prioritaskan masa depan

Tidak baik untuk terus merasa gagal dalam menyelesaikan sesuatu, karena masih ada hari esok yang bisa lebih baik. Masa lalu hanya sebuah pengalaman yang harus dikembangkan agar tidak terulang kembali. Masa lalu bisa ada di masa kini untuk dimaknai dan menjadi pelajaran ke depan.

3. Mindfulness

Mindfulness atau dikenal juga sebagai berpikir dengan kesadaran penuh. Dalam kondisi ini kalian dapat mengelola perasaan dan kondisi lingkungan lalu menghubungkannya ke berbagai titik dalam pikiran. Selain Itu, metode ini juga bisa berguna dalam meresapi setiap momen di kehidupan dunia. Sama seperti meditasi, cara untuk melakukan mindfulness dengan memfokuskan diri sambil memejamkan mata di tempat tenang. Lakukanlah pemfokusan tentang apa saja yang sudah dilakukan hingga detik ini dan tujuan yang belum tercapai. 

Baca juga:  Begini, Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

4. Konsultasi dengan pakar

Cara terbaik apabila cara diatas sudah dilakukan dan belum berhasil, maka perlu untuk meminta bantuan pada pakarnya. Luka batin yang telah lama bersarang memang membutuhkan energi lebih saat proses penyembuhan. Maka tidak salah, jika kamu membutuhkan orang lain dalam proses tersebut. Jika masih memungkinkan, kamu bisa berbicara dengan sahabat, atau anggota keluarga yang dipercaya. Di samping itu, kamu juga bisa melakukan sesi konseling pada seorang pakar seperti psikolog yang akan memberikan terapi khusus untuk kalian. 

Demikian penjelasan tentang cara melakukan self healing, tetap jaga kesehatan tubuh kalian agar jiwa selalu kuat dalam menghadapi berbagai tekanan yang ada. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian. 

Sumber :

  1. https://katadata.co.id/safrezi/berita/6197460447a80/pengertian-self-healing-dan-cara-melakukannya