Ternyata Begini Cara Bikin Pesawat Dari Kertas yang Simpel

Sumber : Liputan6.com

Kita semua tahu bahwa pesawat adalah salah satu transportasi udara yang paling aman saat ini dikarenakan tidak ada keramaian di udara yang dapat menimbulkan kecelakaan, namun tetap saja ada resiko walaupun kecil. Pesawat pada umumnya digunakan oleh mereka yang hendak bepergian keluar kota maupun keluar pulau, keluar negeri, bahkan keluar angkasa. Pesawat juga salah satu trasportasi yang terbilang mahal dibandingkan transportasi laut dan darat lainnya. Oleh karena fasilitas yang diberikan didalam pesawat juga lengkap, nyaman, dan aman, selain itu pesawat juga dapat mempersingkat perjalanan dalam berpindah kota. Tapi kali ini akan kami ulas tentang cara bikin pesawat dari kertas, mau tahu gimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

Jika pada umumnya pesawat terbuat dari bahan seperti alumunium , namun apa jadinya jika body pesawat terbuat dari kertas. Tentu saja bisa namun tidak diperuntukkan mengangkut orang, tidak ada fasilitas yang bagus, tidak bisa pergi keluar kota dan harganya sangat amat murah. kalian pastinya sudah tidak asing dengan kata origami dimana artinya adalah seni kerajinan tangan yang umumnya terbuat dari bahan kertas dengan cara melipat.Salah satu contoh seni origami ini adalah pesawat kertas. 

Baca juga:  Proses Pembuatan Tape Ketan, Begini Cara Mudahnya

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu disiapkan untuk membuat pesawat kertas yaitu :

  1. Kertas A4 atau A5, asalkan jangan menggunakan kertas karton
  2. Tangan

Baiklah jika kalian sudah mempersiapkan kedua bahan tersebut mari mulai membuat pesawat dengan langkah-langkah seperti dibawah ini.

Sumber : popmama.com

 

Pesawat dengan bentuk ini adalah yang paling sering dibuat dan mudah dalam pengaplikasiannya. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya yaitu :

  1. Lipat menjadi dua bagian yang sama atau simetris pada bagian kertas yang pendek.
  2. Setelah itu, buka kembali lipatan kemudian lipat bagian ujung atas sehingga bertemu di tengah dan membentuk segitiga sama sisi di bagian atas kertas.
  3. lipat bagian segitiga sama sisi ini ke bawah dengan sedikit ruang yang dilebihkan hingga membentuk segitiga terbalik.
  4. Buat lagi segitiga sama kaki yang ditimpakan pada segitiga sebelumnya. Lipat bagian lancip segitiga terbalik ke atas.
  5. lipat kertas ke belakang menjadi dua bagian simetris, kemudian lipat lagi untuk membuat sayap pesawat.
Baca juga:  Siapa yang Mendirikan Kerajaan Gowa Tallo? Berikut Penjelasannya

Selain seperti contoh diatas kalian juga bisa menggunakan cara yang lebih simpel seperti yang akan dilampirkan berikut. Cara ini lebih simpel dan minim lipatan bagi yang baru belajar membuat origami pesawat kertas. Perhatikan langkah-langkah berikut ini.

Sumber : icando.co.id
  1. Lipat kertas menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama dan simetris
  2. Lipat dua sudut atas pada bagian kanan dan kiri ke arah garis lipatan tengah. Tekan dengan kuat dan pastikan lurus
  3. Lipat lagi bagian yang baru membentuk sudut di kanan dan kiri, ke garis tengah yang sudah dibuat
  4. Lipat lagi seluruh kertas menjadi dua bagian dengan lipatan tengah yang sama
  5. Lipat bagian sisi kanan dan kiri agar membentuk sayap dengan posisi sejajar dengan garis tengah.

Jika kalian sudah memahami dasar dalam membuat pesawat kertas, mungkin kalian bisa membuat pesawat kertas tingkat lanjut yang lebih rumit. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuatnya yaitu :

Baca juga:  Apa Itu Teks Fiksi? Temukan Pengertian, Ciri, dan Unsurnya
Sumber : popmama.com

Ikuti langkah seperti berikut ini dan sesuaikan dengan gambar.

  1. Buat garis vertikal di tengah kertas dengan cara melipat kertas secara simetris dan membukanya kembali.
  2. Lanjutkan dengan melipat ujung kanan atas dan ujung kiri atas kertas ke tengah kemudian balik kertas.
  3. Lipat lagi ujung kanan dan ujung kiri kertas hingga bertemu di garis tengah. Sementara itu, buka lipatan pertama pada bagian belakang kertas hingga membentuk belah ketupat di bagian atas kertas.
  4. Ambil bagian tengah belah ketupat dan lipat kertas ke bawah, kemudian lipat kembali ke atas hingga membentuk dua sayap kecil di bagian kepala pesawat.
  5. Lipat kertas ke belakang secara simetris, kemudian buat bagian sayap belakang dengan melipat bagian kanan dan kiri kertas.

Demikian ulasan tentang cara bikin pesawat dari kertas, semoga bermanfaat.

Sumber : 

https://adahobi.com/cara-membuat-pesawat-dari-kertas/

https://icando.co.id/artikel/cara-membuat-pesawat-kertas