Biaya Kuliah Jalur SNMPTN? Disini Informasinya!

Jalur SNMPTN bisa dibilang merupakan jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang paling bergengsi, karena proses seleksi dilakukan dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik. Hal tersebut tentunya membuat banyak siswa/siswi yang mendambakan bisa lolos seleksi di jalur SNMPTN, namun pertanyaannya, berapa sih biaya kuliah jalur SNMPTN?

Hampir semua siswa/siswi yang hendak mendaftar kuliah ke perguruan tinggi, pastilah berharap agar langsung diterima melalui jalur SNMPTN. Selain bisa segera memastikan nasibnya untuk berkuliah, tentu akan ada kebangaan tersendiri bila seseorang mampu lolos di jalur SNMPTN yang berarti, tak perlu melakukan tes tulis dan tes kemampuan akademik agar diterima di program studi pilihannya. Namun sekali lagi, terkadang pertanyaan mengenai biaya kuliah jalur SNMPTN juga masih menjadi hal yang mengganjal dalam benak setiap setiap peserta SNMPTN.

Baca juga:  Terjawab Disini, Apa itu Kalimat Konjungsi

Pada dasarnya, biaya pendaftaran untuk mengikuti seleksi SNMPTN adalah gratis, alias tidak dipungut biaya. Hal itu karena pemerintah yang menanggung biaya pendaftaran SNMPTN melalui skema subsisi biaya dari anggaran pemerintah. Bahkan, bila seorang peserta lolos melalui jalur SNMPTN dengan predikat sebagai penerima beasiswa Bidik Misi, maka, bisa berkuliah secara gratis tanpa membayar UKT selama 8 semester.

Namun, bila seorang peserta lolos melalui jalur SNMPTN Reguler, maka biaya kuliah jalur SNMPTN akan ditetapkan dengan patokan sebagaimana berikut ini ;

Pertama, biaya kuliah yang ditetapkan pada setiap peserta yang lolos di program SNMPTN akan disesuaikan dengan besaran penghasilan orang tua. Artinya, semakin besar nominal pendapatan orang tua, maka besar kemungkinan juga akan dikenakan biaya kuliah yang cukup tinggi, begitupun sebaliknya bila pendapatan orang tua tak terlalu besar, maka akan ditetapkan UKT per semester yang tidak tinggi.

Baca juga:  Lulusan Kesehatan Masyarakat Bisa Jadi Apa? Cek Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Secara umumnya, masing-masing program studi pada setiap fakultas di berbagai kampus menetapkan beberapa golongan UKT yang harus dibayarkan berdasarkan penghasilan orang tua. Semisal, UKT golongan I sebesar Rp.500.000,00 lalu UKT Golongan II sebesar Rp.1.000.000,00 begitupun seterusnya hingga golongan III dan IV. Maka, begitulah kira-kira acuan dasar dalam pengklasifikasian biaya kuliah jalur SNMPTN berdasarkan penghasilan orang tua.

sumber gambar : pendaftaran.net

Namun, Patokan nominal UKT golongan I sebesar RP.500.000,00 pada umumnya tak akan berlaku pada semua fakultas. Pada beberapa fakultas tertentu semisal Fakultas Kedokteran, tentu akan sedikit berbeda lagi nominalnya dalam pengklasifikasian besaran UKT pada setiap golongannya.

Akan tetapi, Mahasiswa/i yang bersangkutan tetap bisa mengajukan permohonan untuk keringanan UKT agar jumlahnya bisa lebih rendah. Namun, satu hal yang jelas, bahwa, ketika seorang peserta lolos dari SNMPN, maka UKT yang ditetapkan tidak akan lebih dari nominal angka Rp.3.000.000,00. Lain halnya, bila seorang calon mahasiswa/i diterima melalui jalur program Mandiri, maka tentu biaya UKT yang ditetapkan akan lebih besar. Jadi, begitulah kiranya penjelasan mengenai biaya kuliah jalur SNMPTN, semoga bermanfaat.

Baca juga:  Bagaimana Proses Pembuatan Kerajinan Dari Bahan Gips?

 

Sumber artikel : https://www.pendaftaran.net/2017/03/biaya-kuliah-snmptn.html