Besok, Jokowi Lantik Komisioner KPU dan Bawaslu

Sumber: wikirote.org

OMTELOLET – Presiden Joko Widodo melakukan rapat terbatas pada Minggu (10/04) kemarin. Dalam rapat tersebut Jokowi menetapakan bahwa Pemilu akan tetap dilaksanakan sesuai tanggal yang direncanakan, yakni 14 Februari 2024.

Selain itu, pelantikan komisioner KPU dan Bawaslu juga dipastikan akan dilaksanakan pada Selasa (12/04) besok. Hal itu pun disampaikan Presiden saat rapat terbatas kemarin.

“12 April nanti KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 kita lantik dan segera mempersiapkan pemilu dan pilkada serentak di 2024,” kata Jokowi, dikutip dari kompas.com.

“Kita perlu berbicara dengan KPU dan Bawaslu untuk mempersiapkan pengalaman serentak ini dengan matang,” jelasnya.

Jokowi menyinggung soal perlunya mengejar payung hukum untuk menggelar pemilu secara serentak pada 2 tahun mendatang.

Baca juga:  Jadi Sorotan! Intip Daftar Kekayaan Dato Tahir, Ayah Grace Tahir yang Jadi Orang Terkaya di Indonesia

Orang nomor wahid di Indonesia ini juga meminta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum,dan Keamanan (Menkopolhukam) supaya lebih intens berkomunikasi dengan DPR dan KPU.

Pasalnya, dalam pemilu serentak 2024, ada banyak penjabat gubernur, wali kota, dan bupati yang yang harus disiapkan pada tahun ini.

“Sehingga perencanaan programnya bisa lebih detail lagi, sehingga regulasi yang disusun tidak multitafsir dan menimbulkan perselisihan di lapangan,” kata Jokowi.

Perencanaan detail itu juga termasuk soal penyusunan anggaran untuk Pemilu 2024 yang diprediksi mencapai Rp 110,4 triliun.

“KPU-nya Rp 76,6 triliun dan Bawaslu-nya Rp 33,8 triliun. Ini saya minta didetailkan lagi, dihitung lagi, dikalkulasi lagi dengan baik dalam APBN dan APBD, dipersiapkan secara bertahap,” tutur Jokowi.
Sumber: telisik.id