Berikut Negara-Negara dengan Masa Jabatan Presiden 3 Periode

Sumber: mitraapost

OMTELOLET – Dalam waktu belakangan ini, publik Indonesia tengah diramaikan dengan isu penundaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Pasalnya, jika pemilu ditunda, maka masa jabatan Presiden Joko Widodo akan melebihi ketentuan yang telah diatur dalam UUD 1945.

Seperti yang disebutkan dalam pasal 7 UUD 1945 yang menyatakan bahwa presiden dan wakil presiden memegang jabatan selama lima tahun dan sesudahnya bisa dipilih kembali dalam masa jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan.

Yang menjadi persoalan bagi publik adalah apabla jabatan itu diperpanjang, maka konstitusi kita harus diamandemen. Jika tak dilakukan diamandemen, maka keputusan untuk menunda pemilu merupakan tindakan yang bertentangan dengan UUD 1945.

Baca juga:  Drama Series Fenomenal ‘’Layangan Putus’’ Mulai Hari Ini di RCTI: Cek Sinopsis dan Jadwal Tayangnya

Namun, terdapat pula negara-negara yang memiliki jabatan presiden sepanjang 3 periode. Berikut adalah nama negara-negara dengan masa jabatan presiden 3 periode.

1. Iran

Presiden di negara Timur Tengah ini menjabat selama 3 periode. Namun konstitusi menyebutkan presiden dapat menjabat dua periode berturut-turut dan satu periode lain.

2. KiribatiKiribati merupakan negara yang berada di kawasan Oceania. Pemilihan yang dilakukan oleh negara ini adalah dengan rakyat memilih kandidat calon presiden sejumlah 3 hingga

Setelah terpilih menjadi presiden negara tersebut, presiden dapat berkuasa selama 3 periode berturut-turut dengan masa jabatan 4 tahun dalam setiap periode.

3. Kongo

Negara yang berada di Afrika Tengah ini memperbolehkan presiden menjabat selama 3 periode atau 15 tahun jabatan. Meskipun negara ini rawan perang sipil, akan tetapi stabilitas politik di negara tersebut tetap aman karena tak ada yang mencoba mengamandemen konstitusi terkait masa jabatan presiden.

Baca juga:  Syarat dan Cara Daftar PPPK Guru dan Tenaga Kesehatan 2023

4. Tanjung Verde

Negara ini memperbolehkan presiden dengan masa jabatan 3 periode namun dengan 2 periode berturut-turut ditambah dengan 1 periode. Untuk menjabat dalam periode ke-3 harus menunggu 5 tahun setelah melepas jabatannya.

5. Vietnam

Vietnam merupakan negara yang masih satu kawasan dengan Indonesia, yakni di wilayah Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN.
SUmber: mitrapost.com