Berikut Ini yang Merupakan Contoh Lembaga Keuangan, Yuk Simak!

contoh lembaga keuangan
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Dapatkah kamu menyebutkan apa saja contoh lembaga keuangan? bila kamu bisa menyebutkan dan menjelaskan masing-masing lembaga keuangan, itu hebat. Tapi, bila kamu masih belum bisa menyebutkan dan menjelaskannya, kamu memang perlu untuk mempelajarinya dalam artikel ini.

Lembaga keuangan memiliki peranan penting dalam rangka menghimpun dan menyalurkan dana dalam kegiatan Ekonomi masyarakat. Peranan tersebut sangatlah krusial dalam hal meningkatkan tingkat perekonomian dan taraf kehidupan masyarakat.

Disamping itu, lembaga keuangan telah memberikan peranan pada masyarakat dalam hal penyimpanan dana dan juga pemberian pinjaman. Lembaga Keuangan telah menjadi pihak yang menjembatani keinginan masyarakat yang ingin membuka unit usaha agar bisa memperbaiki taraf kehidupannya.

Contoh Lembaga Keuangan, Apa Saja?

Ada banyak sekali contoh lembaga keuangan yang ada di Indonesia, masing-masing lembaga tersebut memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda-beda sebagaimana uraian berikut ini.

Baca juga:  Ini Dia Ucapan Syukur Pidato yang Mudah

Lembaga Keuangan Bank

Sebagai lembaga keuangan, Bank sebagai badan usaha memiliki peranan dalam hal memberikan jasa perbankan pada Masyarakat. Seperti penyimpanan uang, pembayaran uang serta pinjaman modal atau lebih dikenal sebagai Kredit.

contoh lembaga keuangan
sumber gambar : unsplash.com

Lembaga Keuangan Bank terbagi atas 3 jenis sebagaimana berikut ini.

Bank Sentral

Bank Sentral memiliki peranan utama dalam menjaga stabilitas nilai rupiah yang meluputi dua hal utama. Pertama, yakni stabilitas nilai rupiah terhadap barang dan jasa serta yang kedua yakni, stabilitas rupiah terhadap mata uang negara lain secara global.

Bank Umum

Bank Umum memiliki peranan utama yakni memberikan jasa perbankan secara langsung kepada Masyarakat. Yakni melayani jasa penyimpanan uang, pinjaman uang hingga jasa peminjaman modal dalam bentuk Kredit.

Baca juga:  Bagaimana Contoh Membuat Portofolio yang Baik dan Benar?

Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Bank Perkreditan Rakyat menjalankan unit usahanya secara konvensional, yakni tidak melayani jasa dalam lalu lintas pembayaran. Selain menyediakan layanan kredit, BPR menghimpun dana masyarakat dalam bentuk deposito berjangka, tabungan serta bentuk lain yang dipersamakan.

Lembaga Keuangan Non Bank

Berikut ini adalah beberapa contoh lembaga keuangan non bank.

Asuransi

lembaga keuangan non Bank yang berperan dalam memberikan proteksi atau perlindungan terhadap kerugian tak terduga yang dialami nasabah. Asuransi menghimpun dana dengan menarik sejumlah dana setiap bulannya sesuai kontrak kesepakatan.

Pegadaian

Lembaga keuangan non bank yang menyediakan layanan kredit dengan menggunakan mekanisme sistem gadai.

Leasing

Lembaga keuangan non bank yang melayani jasa kredit dalam pembelian kendaraan bermotor.

Baca juga:  Brain Academy Center vs Ganesha Operation, Pilih Mana?

Bursa Efek

Lembaga keuangan non Bank ini merupakan tempat dimana orang-orang bisa melakukan transaksi jual beli saham, obligasi maupun surat-surat sejenisnya.

Koperasi Simpan Pinjam

Lembaga keuangan non bank ini memberikan layanan peminjaman dana dengan mekanisme sistem keanggotaan dengan persyaratan tertentu.

 

sumber referensi : https://www.rumah.com/panduan-properti/jenis-lembaga-keuangan-dan-definisinya-27159