Berapa Rata-Rata Nilai Untuk Masuk Jurusan Psikologi?

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Setelah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), sebagian orang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, yaitu Perguruan Tinggi, baik Negeri maupun Swasta. Banyak progam studi yang dapat menjadi pilihan calon mahasiswa, salah satunya adalah Jurusan Psikologi.

Psikologi pertama kali diakui sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan, ketika ditandai dengan berdirinya laboratorium psikologi tahun 1879 di University of Leipzig, Jerman. Laboratorium ini didirikan oleh Wilhelm Wundt (1832-1920). Ia adalah seorang Dokter asal Jerman yang tertarik pada riset psikofisik tentang proses sensori dan atensi.

Di Indonesia sendiri, Jurusan psikologi diperkenalkan oleh seorang profesor psikiater dari Universitas Indonesia yang bernama Slamet Imam Santoso pada tahun 1952. Ia ditunjuk sebagai ketua Jurusan Psikologi pertama di Indonesia, yaitu di Universitas Indonesia (UI).

Baca juga:  Menilik Beberapa Jurusan Sepi Peminat di Kampus

Bagaimana Cara Masuk Jurusan Psikologi?

Foto oleh SHVETS production dari Pexels

Untuk menempuh pendidikan jurusan Psikologi di Perguruan Tinggi Negeri terdapat beberapa jalur seleksi yang bisa dilewati, yaitu jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN), jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN), dan jalur Mandiri.

Bagi yang mengambil jalur SNMPTN, akan diukur berdasarkan kemampuan akademis yang dilihat dari nilai rapor di 5 semester terakhir semasa SMA. Sedangkan untuk jalur SBMPTN, dilihat berdasarkan nilai yang diperoleh saat mengikuti tes Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UNBK) secara bersama-sama, yang terdiri dari Tes Kemampuan Akademik (TPA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS).

Adapun untuk jalur mandiri dilakukan sesuai dengan kebijakan masing-masing perguruan tinggi. Biasanya dilihat berdasarkan tes yang diberikan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan.

Baca juga:  5 Ide Lomba Class Meeting Seru dan Menyenangkan

Berapa Rata-rata Nilai Untuk Masuk Jurusan Psikologi?

Foto oleh SHVETS production dari Pexels

Untuk yang mengambil jalur SNMPTN, sebenarnya di setiap universitas memiliki syarat rata-rata yang berbeda. Namun secara umum, semua universitas mematok nilai rata-rata rapor untuk jurusan psikologi di atas angka 8. Misalnya di Universitas Indonesia sebesar 85, Universitas Gadjah Mada sebesar 83, Universitas Padjajaran sebesar 81, dan Universitas Diponegoro sebesar 82.

Selain nilai rapor, hal lain yang mempengaruhi diterima tidaknya peserta SNMPTN di Universitas yang diinginkan adalah banyaknya peminat dan daya tampung setiap perguruan tinggi.

Adapun peserta yang mengikuti jalur SBMPTN, nilai rapor bukan menjadi dasar penentu kelulusan, melainkan nilai passing grade atau batas nilai minimal dari tes bersama yang ditetapkan masing-masing universitas. Biasanya passing grade ini ditampilkan dengan persentase.

Baca juga:  Bagaimana Cara Membuat Mind Mapping Kuliah?

Jurusan Psikologi sendiri, secara rata-rata memiliki passing grade di kisaran 40-60 an persen. Misalnya di Universitas Indonesia sebesar 60 persen, Universitas Gadjah Mada sebesar 58,7 persen, Universitas Airlangga sebesar 56,4 persen, dan Universitas Padjajaran sebesar 40,4 persen.

Itulah rata rata nilai untuk masuk jurusan psikologi yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan informasi tambahan bagi Anda.

Sumber:

https://buku.kompas.com/read/1419/simak-rata-rata-nilai-untuk-masuk-jurusan-psikologi