Belajar Memahami, Apa itu Kalimat Penjelas?

Apa itu Kalimat Penjelas
sumber gambar ; unsplash.com

OMTELOLET – Apa itu kalimat penjelas? mungkin, sebagian besar orang mungkin belum banyak mengetahui pengertian dari kalimat penjelas. Pasalnya, setiap jenis kalimat juga memegang peranan penting dalam kelancaran proses komunikasi di berbagai bidang kehidupan.

Kalimat penjelas juga termasuk kedalam jenis kalimat yang memegang peranan penting dalam kelancaran proses komunikasi yang dilakukan orang-orang. Maka, orang-orang perlu mengetahaui apa itu kalimat penjelas? baik dari pengertian, ciri dan juga jenisnya.

Atas dasar itulah, di artikel kali ini akan dibahas mengenai kalimat penjelas. Tujuannya jelas, agar orang-orang memahami konsep dari kalimat penjelas. Sehingga, orang-orang bisa memahami apa itu kalimat penjelas sebagaimana fungsinya dalam kegiatan komunikasinya setiap harinya.

Pengertian Kalimat Penjelas

Kalimat penjelas adalah salah satu jenis kalimat yang kedudukannya sebagai penguat dari gagasan utama yang ada dalam kalimat utama. Keberadaan kalimat penjelas didalam suatu paragraf memiliki kedudukan yang khusus, karena kalimat penjelas menjadi pengembangan dari kalimat utama.

Baca juga:  Bagaimana Cara Agar Tanaman Teh Bisa Bermanfaat Menahan Erosi?

Kalimat penjelas dapat hadir dalam bentuk data, opini maupun juga fakta dalam suatu paragraf untuk menguatkan kalimat utama. Artinya, semakin banyak kalimat utama dalam suatu paragraf, maka juga membutuhkan banyak kalimat penjelas untuk menguatkan kalimat utama.

Ciri Kalimat Penjelas

  • Kalimat Penjelas memiliki kedudukan yang bersifat khusus.
  • Kalimat Penjelas memiliki hubungan dengan kalimat sebelumnya.
  • Kalimat Penjelas disisipi oleh kata sambung dalam setiap kalimatnya.
  • Kalimat Penjelas tidak bisa bermakna sendiri, karena harus berkaitan dengan kalimat lainnya.
  • Kalimat Penjelas dapat berupa data, fakta dan juga opini.
Apa itu Kalimat Penjelas
sumber gambar ; unsplash.com

Kegunaan Kalimat Penjelas

  • Kalimat Penjelas memiliki kegunaan untuk memperkuat topik yang terdapat dalam kalimat utama, agar pembaca memahaminya.
  • Kalimat Penjelas memiliki kegunaan untuk memaparkan informasi pendukung. Hal itu dikarenakan informasi utama sudah dimuat dalam kalimat utama, sehingga informasi pendukung dipaparkan dalam kalimat penjelas.
  • Paragraf yang padu dan berisi adalah paragraf yang tersusun atas berbagai informasi dan data yang saling melengkapi. Kalimat penjelas memilik kegunaan untuk membuat sebuah paragraf menjadi lebih padu dalam hal pemaparan informasi.
Baca juga:  Rumus Luas Permukaan Kerucut dan Cara Menghitungnya

Contoh Kalimat Penjelas

(1) Brandon Jawato adalah pebasket profesional terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. (2) Pebasket keturunan Indonesia-Amerika Serikat itu dikenal karena skill basket dan keatletisan fisiknya yang diatas rata-rata pemain Indonesia. (3) Brandon Jawato telah berlatih Basket dengan keras sejak masih kecil. (4) Sehingga, dia pernah bermain di Liga Basket Profesional Jepang bersama Utsunomiya Brex di tahun 2022.

Sumber referensi ; https://www.dosenpendidikan.co.id/kalimat-penjelas/