Begini, Cara Mengenali Perbedaan Telat Haid dengan Hamil

Terkadang bagi sebagian perempuan, masih cukup sulit untuk mengenali perbedaan telat haid dengan hamil secara jelas dan pasti. Bahkan, sebagian besar orang mungkin bertanya-tanya, mengapa begitu sulit untuk mengenali dan membedakan tanda antara telat haid dan juga kehamilan.

Jawaban yang paling pasti dari pertanyaan mendasar seperti itu jelas, karena, antara telat haid dan hamil sama-sama diawali dari proses yang disebut sebagai Ovulasi. Ovulasi sendiri merupakan fase ketika indung telur telah melepaskan sel telur yang sudah matang dan siap untuk dibuahi oleh Sperma.

Masa Ovulasi pada dasarnya merupakan fase dimana seorang wanita dewasa mengalami proses alamiah dan menandakan bahwa tubuhnya dalam kondisi yang sehat. Masa terjadinya Ovulasinya biasanya antara 12 hingga 14 hari sebelum datangnya fase Menstruasi.

Lalu, bagaimanakah cara mengenali dan membedakan tanda antara telat haid dan hamil? simak ulasannya berikut ini ;

Baca juga:  Orang Tua Memberi Hukuman dan Penghargaan ke Anak, Masih Efektif kah?

Kram pada Perut

Gejala kram pada bagian perut  bawah bisa menjadi cara pertama untuk mengenali perbedaan apakah seorang perempuan sedang mengalami telat atau sedang hamil. Bila seorang perempuan sedang dalam masa awal kehamilan, maka kram pada perut biasanya akan terjadi secara berpindah-pindah, bisa ke bagian bawah perut maupun juga punggung bagian bawah.

Beda halnya dengan rasa kram yang diakibatkan karena telat haid ataupun juga PMS, dimana rasa kram hanya akan satu bagian saja. Rasa kram tersebut hanya bisa terjadi di bagian bawah perut ataupun juga punggung bagian bawah saja.

Nyeri pada bagian Payudara

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengenali apakah seseorang sedang mengalami telat haid atau hamil adalah melalui nyeri pada bagian Payudara. Ketika seorang perempuan sedang dalam fase telat haid, maka rasa nyeri akan mengakibatkan pembengkakan, namun rasa nyeri akan hilang saat masa PMS telah usai. Lain halnya dengan saat masa kehamilan, dimana payudara menjadi lebih sensitif dan rasa nyerinya menjadi lebih sakit dibanding sebelumnya.

Baca juga:  Ini Dia, Daftar 10 Nama Pahlawan yang Perlu Anak Ketahui
sumber gambar ; femina.in

Mual

Cara ketiga untuk mengenali apakah seorang wanita sedang dalam masa telat haid atau sedang dalam masa hamil adalah dengan melalui ciri mualnya. Seorang wanita yang sedang dalam masa telat haid, akan timbul masalah gangguan pencernaan yang mengakibatkan rasa mual. Namun, rasa mual tersebut hanya akan berlangsung dalam waktu yang relatif tidak lama. Lain halnya dengan rasa mual yang dialami seorang perempuan yang berada dalam masa kehamilan, dimana, rasa mual biasanya akan terjadi setiap pagi dan dapat berlangsung selama 3 bulan pertama masa kehamilan.

Sensifitas Indera Penciuman

Cara keempat yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah seorang wanita sedang dalam masa telat haid atau sedang hamil adalah dengan melalui sensifitas indera penciumannya. Bila seorang wanita hanya sedang mengalami masa telat haid, maka, sensifitas indera penciumannya tidak banyak terlalu banyak terpengaruh terhadap berbagai aroma yang ada disekitarnya.

Baca juga:  Bagaimana Cara Mendapatkan Anak Kembar? Ini Tipsnya!

Namun, lain halnya dengan perempuan yang sedang dalam masa kehamilan, dimana indera penciumannya menjadi jauh lebih sensitif. Hidung menjadi jauh lebih peka terhadap aroma parfum maupun berbagai bumbu dapur yang ada disekitarnya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui dan mengenali perbedaan telat haid dan hamil dari seorang wanita. Anda bisa mengeceknya dan mengenali berbagai tanda-tandanya dengan mendasarkannya pada beberapa poin yang sudah disebutkan diatas.

Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan untuk anda yang membaca artikel ini.

sumber referensi ; https://www.ruangmom.com/perbedaan-telat-haid-dengan-hamil.html