Begini, Cara Memakai Sumpit yang Baik dan Aman

Cara Memakai Sumpit
sumber gambar ; unsplash.com

OMTELOLET – Cara memakai sumpit? beberapa diantara kita yang gemar menonton film drama Korea pasti sangat familiar dengan alat bernama sumpit. Ya, orang-orang Korea, Cina ataupun jepang memang lihai saat makan dengan cara memakai sumpit, karena seperti itulah kebudayaan mereka.

Lain halnya dengan budaya kita sebagai bangsa Indonesia, yang pada umumnya makan dengan menggunakan sendok dan juga garpu. Bahkan, dalam beberapa makanan tertentu, masih ada beberapa tradisi makan dengan menggunakan tangan secara langsung.

Namun bila kita makan ke restoran cina, korea ataupun jepang, kemungkinan besar kita akan bertemu dengan sumpit sebagai alat makan. Jadi. tidak adalah salahnya bila kita juga mempelajari cara memakai sumpit saat makan.

Baca juga:  Intip 6 Mitos tentang Gunung Rinjani yang Bakal Dibangun Kereta Gantung

Berikut ini adalah tutorial cara memakai sumpit yang benar saat makan.

Cara Memegang Sumpit

Cara yang pertama yakni dimulai dengan menyiapkan sepasang sumpit, yang terdiri dari dua bilah sumpit. Capitkan setiap sumpit diantara ibu jari dan juga jari telunjuk, persis seperti saat kita memegang pensil. Cara itu berlaku untuk memegang bagian atas sumpit agar bisa digerakkan.

Sedangkan cara memegang sumpit lainya yakni dengan meletakkan sumpit dibagian bawah antara ibu jari dan jari telunjuk. Pastikan juga agar sumpit dapat menyentuh bagian sisi dari jari manis. Namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, yakni harus memegang sekitar sepertiga bagian bawah sumpit.

Kemudian, secara natural sumpit harus disangga oleh jari manis serta jari kelingking. Serta, pastikan ukuran sumpit harus nyaman dan pas saat dipegang oleh tangan.

Baca juga:  Perhatikan Ini, Tips Presentasi Agar Menarik dan Efektif
Cara Memakai Sumpit
sumber gambar ; unsplash.com

Cara Menggerakkan Sumpit

Setelah anda sudah memahami teknik dasar dalam memegang sumpit, berikutnya anda sudah bisa belajar untuk menggerakkan sumpit. Pertama, bagian atas sumpit harus didukung oleh bagian sendi pertama di jari tengah. Ciri bahwa anda sudah melakukanya dengan benar ketika ujung sumpit menyentuh secara bersamaan. Sedangkan bagian lainnya tidak dapat bersentuhan secara bersamaan.

Sehingga, dalam hal ini anda sudah bisa menggerakkan sumpit secara naik dan turun melalui jari tengah dan jari telunjuk. Cobalah mengulanginya lagi  tanpa menggerakkan bagian bahwa sumpit. Bila ujung sumpit sudah bisa terbuka dan tertutup, itu pertanda bahwa anda sudah bisa menggunakan sumpit untuk makan.

Itulah tutorial mengenai cara menggunakan sumpit yang baik dan aman. Pastikan agar anda terus berlatih sesuai dengan tutorial diatas. Cepat atau lambat anda akan menjadi mahir makan menggunakan sumpit seperti di adegan film drama Korea.

Baca juga:  Rekomendasi Cafe di Bogor yang Instagramable dan Kekinian

sumber referensi ; https://livejapan.com/id/article-a0000335/