Begini, Cara Daftar KIP Kuliah Bagi yang Tidak Punya KIP

Program Kartu Indonesia Pintar merupakan salah satu terobosan yang dicanangkan pemerintah dalam upaya pemerataan kesempatan pendidikan bagi para pelajar yang kurang mampu secara finansial untuk berkuliah di perguruan tinggi. Akan tetapi, mungkin tak semua pelajar bisa mengakses program tersebut bila tidak mengetahui cara daftar KIP kuliah bagi yang tidak punya KIP.

Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) diwujudkan dalam bentuk uang tunai bagi para pelajar yang menerima program bantuan KIP kuliah. Besaran bantuan biaya pendidikan kuliah dalam KIP sendiri diklasifikasikan berdasarkan akreditasi prodi dari para pelajar penerima program KIP kuliah itu sendiri.

Maka, sudah sewajarnya bagi para pelajar yang memiliki kemampuan akademik yang mumpuni namun kurang mampu dalam hal finansial untuk bisa menerima program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Atas dasar hal tersebutlah, disini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara daftar KIP kuliah bagi yang tidak punya KIP.

  • Pelajar atau Mahasiswa yang ingin mendafarkan diri pada program KIP kuliah harus terlebih dahulu mempersiapkan data-data pribadi. Adapun data tersebut meliputi NIK, NPSN, NISN serta yang tak kalah pentingnya, yakni alamat email yang berstatus aktif.
  • Para pelajar yang ingin mendaftarkan diri pada program KIP kuliah bisa melakukan pendaftaran secara mandiri melalui laman resmi Kemendikbud, atau juga melalui aplikasi KIP Kuliah yang bisa diinstal melalui Play Store.
  • Setelah selesai melakukan pendaftaran, maka selanjutnya sistem akan memvalidasi data-data yang telah dimasukkan oleh pendaftar. Artinya, pendaftar program KIP Kuliah harus menunggu terlebih dahulu selama beberapa hari. Bila proses pendaftaran dinyatakan berhasil, maka pendaftar akan mendapatkan nomor pendaftaran peserta dan password yang dikirimkan melalui alamat email yang telah dimasukkn saat tahap pengisian data.
  • Langkah selanjutnya, yakni pendaftar KIP kuliah harus memasukkan nomor pendaftaran beserta password yang sudah didapatkan. Kemudian, pendaftar harus memilih jalur seleksi masuk ke perguruan tinggi yang hendak diikuti. Beberapa pilihan diantaranya yakni SBMPTN, SNMPTN, SBMPN dan juga SNMPN.
  • Pendaftar wajib melakukan finalisasi pendaftaran berdasarkan jalur seleksi yang sudah dipilih sebelumnya.
  • Proses verifikasi lanjutan wajib dilakukan bagi pendaftar KIP yang dinyatakan diterima masuk ke perguruan tinggi pilihannya.
Baca juga:  Bagaimana Cara Menghormati Pendapat Temanmu?
sumber gambar : m.tribunnews.com

Maka, pada dasarnya cara mendaftar KIP Kuliah hanya memerlukan beberapa data pribadi seperti NIK, NPSN, NISN serta alamat email yang aktif. Lalu mengikuti prosedur pendaftaran KIP kuliah sebagaimana yang sudah tertera dalam penjelasan diatas. Bila dinyatakan diterima di perguruan tinggi pilihannya, maka pendafar hanya perlu melakukan tahapan verifikasi lanjutan.

Sekedar informasi tambahan mengenai timeline KIP 2022, berikut ini catatan timeline pentingnya!

  • Pendaftaran Akun KIP Kuliah dimulai dari 2 Februari hingga 31 Oktober 2022
  • SNMPN dimulai dari 7 Februari hingga 17 Maret 2022
  • SNMPTN dimulai dari 13 Februari 2022 hingga 27 Februari 2022
  • UTBK SBMPTN dimulai dari 22 Maret 2022 hingga 14 April 2022
  • SBMPN dimulai dari 5 April hingga 29 Juni 2022
  • Seleksi Mandiri PTN dimulai dari 1 Juni 2022 hingga 7 Oktober 2022
  • Seleksi Mandiri PTS dimulai dari 8 Juni 2022 hingga 31 Oktober 2022
Baca juga:  Apa yang Dimaksud dengan Kalimat Thayyibah? Ini Penjelasannya!

Jadi, begitulah ulasan panjang mengenai tahapan cara daftar KIP kuliah bagi yang tidak punya KIP. Semoga ulasan cara pendataran KIP kuliah tersebut berguna bagi para pelajar yan hendak melanjutkan studinya ke perguruan tinggi.

 

Sumber referensi : https://mamikos.com/info/cara-daftar-kip-kuliah-bagi-yang-tidak-punya-mhs/