Bareskim Resmi Terima Laporan Sandy Tumiwa Soal ‘Wayang Haram’ Khalid Basalamah

Sandy Tumiwa, Ketua Humas DPP Setya Kita Pancasila telah melaporkan Ustad Khalid Basalamah ke Bareskim Polri mengenai kasus ujaran kebencian dan penodaan budaya. Bareskim telah resmi mengonfirmasi laporan tersebut.

“Terkait laporan saudara ST (Sandy Tumiwa), Bareskrim telah menerima laporan dari saudara ST dengan laporan polisi nomor LP/B/0069/II/2022/SPKT/BARESKRIM tanggal 17 Februari 2022,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Jumat (18/2/2022).

“Pelapor atas nama ST dan terlapor atas nama KB (Khalid Basalamah),” sambungnya.

Ramadhan menjelaskan, Khalid Basalamah diduga telah melanggar pasal yang mengatur tentang penghapusan diskriminasi ras dan etnis. Namun, Ramadhan sendiri belum menjelaskan secara detail kapan pihak terlapor maupun pelapor akan dipanggil polisi untuk dimintai klarifikasi.

Baca juga:  Heboh El Rumi Menang Tinju Lawan Winson Reynaldi, Ahmad Dhani Ungkapkan Rasa Bangga

“Tentang peristiwa tindak pidana ujaran kebencian dan atau kejahatan tentang penghapusan diskriminasi ras dan etnis. Sebagaimana dimaksud Pasal 14 KUHP dan atau Pasal 15 KUHP, Pasal 16 Nomor 40 Tahun 2008 tentang penghapusan diskriminasi ras dan etnis,” kata Ramadhan.

Sebelumnya, Sandy Tumiwa, resmi melaporkan Ustaz Khalid Basalamah ke Bareskrim Polri. Pelaporan tersebut terkait ujaran kebencian dan penodaan budaya ‘wayang haram’.

“Laporan kita sudah terima, untuk syarat formil dan materiil juga sudah terpenuhi semua. Laporan sudah kita pegang,” ujar kuasa hukum Sandy Tumiwa, Yulsandi Pramana Putra, kepada wartawan di Bareskrim Polri, Kamis (17/2).

Dalam kesempatan yang sama, Sandy menyatakan ia tak akan menempuh jalur damai. Sebab, Sandy menilai permintaan maaf yang disampaikan Ustaz Khalid Basalamah tidak akan melunturkan unsur pidana dalam kasus tersebut

Baca juga:  Akibat Video Viral 19 Detik, Nama Pasar Rejowinangun Magelang Tercoreng

“Karena kita sudah memberikan ini kepada kepolisian, ya, kita serahkan kepada kepolisian. Ya harusnya kalau kita sudah masukkin laporan artinya sudah nggak ada pintu damai,” kata Sandy.

“Ya itu kalau namanya minta maaf boleh, tapi kan tidak menghilangkan suatu tindak pidana. Saya sarankan kepada KB jadilah penerus-penerus yang baik untuk menjaga warisan-warisan para leluhur. Tidak mengulang lagi tindakannya dan ucapannya,” imbuhnya.

 

Sumber:

https://news.detik.com/berita/d-5948468/bareskrim-terima-laporan-sandy-tumiwa-soal-wayang-haram-khalid-basalamah