Bakal Habis, Inilah Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Segala hasil kekayaan alam yang ada di muka Bumi merupakan sumber kehidupan bagi seluruh mahluk yang di Bumi, terutama Manusia. Namun, pada umumnya, segala hasil kekayaan alam yang ada di muka Bumi tergolong sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui banyak sekali yang bersumber dari tumpukan bebagai jenis fosil serta tumbuh-tumbuhan yang telah tertimbun selama jutaan tahun didalam perut Bumi. Sumber daya alam inilah yang kemudian dapat digunakan para Manusia untuk menghidupi diri dan membangun peradaban kehidupannya.

Namun, suatu saat nanti akan tiba saatnya ketika persediaan Sumber daya alam tersebut akan habis, serta Manusia akan dipaksa untuk mencari sumber daya alam lain yang dapat diperbarui. Berikut ini adalah daftar sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

  • Gas Alam
sumber gambar ; Manmonthly.com

Gas Alam adalah bahan bakar utama dalam pengoperasian sistem Pembangkit Listrik Tenaga Uap (UAP). Gas Alam berasal dari fosil para mahkuk hidup sejak jaman purba yang tertimbun di dalam perut bumi. Artinya, suatu saat nanti jumlah persediaan Gas Alam yang di Bumi akan benar-benar habis dan Manusia harus berusaha menemukan sumber daya alam lainnya yang dapat diperbarui jumlahnya.

  • Batu Bara
Baca juga:  Ogive Diagram itu Mudah Dipelajari kok, Simak Artikel ini!

Batu bara telah lama dikenal sebagai bahan bakar utama dalam menggerakkan roda industri perekonomian. Batu bara tak hanya dapat digunakan untuk memproduksi Gas, tapi juga berguna untuk membantu dalam sistem produksi pupuk di bidang Pertanian serta bermanfaat dalam kegiatan produksi di pabrik Kertas.

Batu bara dikenal sebagai batuan dari jenis sendimen yang tercipta melalui tumpukan berbagai tumbuhan yang mati pada jutaan tahun lalu. Maka, selain bersifat mudah terbakar, keberadaan batu bara di dunia suatu akan habis seiring dengan penggunaannya yang masih terus berlangsung hingga saat ini.

  • Minyak Bumi

Minyak Bumi merupakan sumber daya alam berupa minyak yang bersumber dari dalam perut Bumi. Minyak Bumi secara proses alamiah tercipta melalui tumpukan berbagai fosil purba yang selama jutaan tahun telah terperangkap dan mengendap didalam perut Bumi.

Baca juga:  Daftar Rekomendasi Buku Sejarah untuk Pelajar dan Mahasiswa

Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk serta perkembangan industri di bidang makanan, Manusia semakin sering mengeksplorasi keberadaan minyak Bumi sebagai sumber daya alam melalui proses pengeboran. Maka dengan demikian, minyak bumi yang didapatkan dari hasil pengeboran tersebut masih mentah sehingga harus diproses terlebih dahulu agar bisa digunakan oleh manusia. Sehingga, akan datang suatu masa ketika jumlah persediaan Minyak Bumi di Alam sudah benar-benar habis dan Manusia akan mencari sumber daya alam lain yang dapat diperbarui untuk menggantikan Minyak Bumi.

sumber gambar ; depositphotos.com
  • Besi

Besi diketahui memiliki banyak sekali kegunaan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai peralatan rumah tangga. Besi merupakan salah satu material utama dalam membangun berbagai infrastruktur umum seperti rel kereta api, konstruksi jembatan hingga kerangka atap bangunan.

Baca juga:  Apakah Jurusan Akuntansi Harus Pintar Matematika?

Besi pun termasuk kedalam jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, karena Besi merupakan salah satu unsur yang banyak sekali ditemukan di Bumi berdasarkan Massanya. Besi memiliki jumlah yang sangat melimpah, terutama yang terletak pada bagian kerak Bumi. Seiring dengan penggunaan Besi yang semakin masif ditengah pesatnya pembangunan gedung-gedung serta infrastruktur lainnya, maka suatu saat jumlah Besi di muka Bumi akan menjadi langka dan habis.

 

Itulah beberapa ulasan mengenai beberapa contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Seiring dengan berjalannya waktu, Manusia akan terus berusaha agar bisa menemukan sumber daya alam yang dapat diperbarui jumlahnya.

 

Sumber referensi ; https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/devi-ari-rahmadhani/sumber-daya-alam-yang-tidak-dapat-diperbaharui/7