Bagusan SMA atau SMK? Begini Seharusnya yang Kamu Pahami

bagusan sma atau smk
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Bagusan SMA atau SMK? Begini seharusnya yang kamu pahami, sebelum menjawab mana yang lebih bagus antara SMA dan SMK. Sebab, kedua-duanya punya tujuan yang sama bagusnya, namun dengan orientasi program pendidikan yang tidaklah sama.

Merupakan hal yang lumrah, ketika seorang anak yang baru lulus SMP masih bingung mempertimbangkan mana yang terbaik untuk dirinya. Apakah dirinya harus melanjutkan studinya ke SMA atau bahkan memilih SMK sebagai jenjang pendidikan menengahnya.

Hal tersebut secara tidak langsung telah memicu suatu pertanyaan, mana yang lebih bagus antara SMA dan SMK? hingga menjadi perdebatan kecil. Padahal, sebenarnya, sebelum menjawab hal itu, ada beberapa hal yang sangat perlu untuk kamu ketahui.

Bagusan SMA atau SMK?

Bila seseorang bertanya, mana yang lebih bagus antara SMA atau SMK? jawabannya sangatlah mudah dan sekaligus sederhana ; sama bagusnya. Keduanya sama-sama merupakan wadah pendidikan yang sama baiknya bagi seorang anak yang akan melanjutkan studinya ke jenjang menengah akhir.

Baca juga:  Rumus Integral dan Contoh Soal Beserta Penyelesaiannya

Baik SMA maupun SMK sama-sama dirancang dengan program dan orientasi program yang sedemikian rupa untuk mewadahi minat dan bakat seorang anak. Bagaimana bisa? justru itulah, SMA dan SMK dirancang dengan beberapa perbedaan sebagaimana beriku ini.

SMA dan SMK Berbeda Orientasi

Tidak sedikit anak yang semasa di SMP tumbuh dengan keterampilan tertentu yang sangat potensial untuk bisa menjadi penghasilan baginya. Sebut saja keterampilan dan minat untuk membongkar dan memperbaiki sepeda motor, nah, itu berarti bahwa anak tersebut cocok untuk masuk ke SMK.

bagusan sma atau smk
sumber gambar : unsplash.com

SMK sendiri merupakan sekolah kejuruan yang berfokus pada pendidikan kejuruan untuk mengasah dan sekaligus mengembangkan bakat dan keterampilan siswanya. Termasuk pada contoh seorang anak yang memiliki minat untuk memperbaiki motor, anak tersebut bisa masuk jurusan Teknk Otomtif.

Baca juga:  Rumus Luas Layang-Layang dan Cara Menghitungnya

Sedangkan SMA berfokus pada program-program yang mempersiapkan para peserta didiknya agar bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Bila seorang anak di SMP sangat menonjol pada prestasi akademiknya, maka dia sangat pas untuk melanjutkan studinya ke SMA.

Perbedaan Biaya Pendidikan

Secara garis besar, biaya pendidikan di SMK jauh lebih mahal ketimbang di SMA. Hal itu dikarenakan banyaknya kegiatan praktik di SMK dibanding di SMA.

Perbedaan Tempat Belajar

Anak SMA hampir selalu menghabiskan banyak waktunya dengan belajar di Kelas, sedangkan anak SMK banyak menghabiskan waktunya untuk praktikum diluar kelas.

Perbedaan Tujuan Program

SMK mencetak para alumninya menjadi tenaga produktif yang siap kerja, sedangkan alumni SMA belum siap untuk terjun di dunia kerja dan harus kuliah terlebih dahulu. Meskipun begitu, anak SMK juga bisa lanjut berkuliah untuk bisa mempertajam kompetensinya.

Baca juga:  Bagaimana Cara Menyusun Rangkaian Listrik Paralel? Ini Jawabannya