Bagaimana Sejarah Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu Budha di Indonesia?

OMTELOLET – Pengaruh agama Hindu dan Budha di Indonesia sangat besar hingga membentuk keanekaragaman budaya. Bagaimana sejarah perkembangan agama dan kebudayaan Hindu Budha di Indonesia? Simak selengkapnya disini.

Banyak peninggalan-peninggalan sebagai bukti sejarah dari masuknya Hindu dan Budha yang tersebar di Indonesia, seperti candi, prasasti, dan lainnya.

Masuknya agama Hindu dan Budha ke Indonesia berawal melalui kegiatan perdagangan. Pasalnya, Indonesia telah melakukan transaksi dagang dengan bangsa asing sebelum bangsa kolonial datang ke Nusantara.

Bangsa asing yang terutama banyak melakukan kegiatan dagang dengan Indonesia adalah Tiongkok dan India. Kedua negara tersebut merupakan pusat agama Hindu dan Budha terbesar di Asia.

Selain itu, berikut ini adalah beberapa teori yang menjelaskan masuknya agama Hindu dan Buddha di Indonesia.

1. Teori Ksatria

Teori ini menyatakan agama Hindu dan Buddha dibawa oleh kaum ksatria yang melalukan ekspedisi militer ke Indonesia.

Baca juga:  Gap Year adalah Apa?

2. Teori Waisya

Teori ini menyatakan kalau agama Hindu Buddha dibawa oleh pada pedagang India ke Indonesia

3. Teori Brahmana

Teori ini menyatakan bahwa agama Hindu Buddha dibawa oleh kaum brahmana dengan 2 cara, yaitu kaum brahmana dari India diundang raja-raja Indonesia dan kaum brahmana datang dari India bersama para pedagang ke Indonesia

4. Teori Arus Balik

Teori ini menyatakan bahwa agama Hindu Buddha dibawa oleh orang Indonesia yang pergi belajar ke India dan ketika kembali dari India, mereka menyebarkan agama Hindu Buddha ke Indonesia.

Nah, itulah penjelasan mengenai sejarah perkembangan agama Hindu dan Budha di Indonesia. Semoga bermanfaat ya.