Bagaimana Proses Terjadinya Interaksi Sosial?

Foto oleh EKATERINA BOLOVTSOVA dari Pexels

Pada hakikatnya, manusia adalah makhluk sosial. Artinya, manusia akan selalu membutuhkan bantuan orang lain. Manusia akan selalu hidup berkelompok dan saling berinteraksi satu sama lain. Interaksi sosial akan selalu terjadi dalam kehidupan manusia sebagai bentuk akibat dari manusia adalah makhluk sosial.  

Pengertian Interaksi Sosial

Secara etimologi, interaksi berasal dari dua kata, yaitu action (aksi) dan inter (antara). Jadi interaksi adalah serangkaian tingkah laku yang terjadi antara dua orang atau lebih yang menghadirkan aksi reaksi atas tindakan tersebut. Interaksi sosial merupakan hubungan timbal balik antar individu, antar kelompok, atau individu dengan kelompok. Proses interaksi sosial ini dapat terjadi dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. 

Baca juga:  Bagaimana Cara Melakukan Start Jongkok? Ini Penjelasannya

Menurut H.Bonner, interaksi sosial dapat didefinisikan sebagai hubungan dua individu atau lebih, yang mana kelakuan pihak yang satu saling memengaruhi, mengubah atau memperbaiki kelakuan pihak lainnya. Dalam hubungan sosial, dapat terjadi hubungan saling bekerja sama atau berkonflik baik dilakukan secara formal maupun informal, secara langsung maupun tidak langsung. 

Syarat Interaksi Sosial

Suatu interaksi dapat disebut sebagai interaksi sosial ketika interaksi tersebut memiliki empat ciri-ciri berikut:

1.Pelaku Lebih dari Satu Orang

Dalam melakukan interaksi, haruslah lebih dari satu pihak, sebab akan ada pihak yang memberikan aksi dan ada pihak yang memberikan reaksi. 

2. Ada Kontak Sosial Komunikasi yang Terjadi

Interaksi sosial dapat terjadi antara kedua pihak yang melakukan kontak sosial dan komunikasi. Kontak sosial ini menjadi hal pertama sehingga terbentuk hubungan sosial. Sedangkan komunikasi adalah cara yang dilakukan untuk menyampaikan informasi, menafsirkan hal tersebut dan memberikan reaksi atas informasi yang disampaikan.  

Baca juga:  Memahami Apa itu Integritas? Pengertian, Jenis dan Contohnya

3.Terdapat Dimensi Waktu, Ruang, dan Situasi

Interaksi sosial dapat terjadi ketika interaksi tersebut dapat dilihat melalui; dimensi waktu, seperti sekarang dan masa lampau; dimensi ruang yaitu menunjukkan dimana interaksi tersebut terjadi; dan dimensi situasi yaitu gambaran suasana seseorang memberikan reaksi ketika terjadi interaksi tersebut.  

3.Terdapat Tujuan Tertentu Dibalik Terjadinya Interaksi Tersebut

Integrasi dapat dikatakan interaksi sosial ketika interaksi tersebut memiliki tujuan yang ingin dicapai. Misalnya dalam jual beli, seorang guru yang mengajari, dan gotong royong membersihkan kampung. 

Bagaimana Proses Terjadinya Interaksi Sosial?

Proses interaksi sosial dapat terjadi ketika terdapat lebih dari satu pihak yang terlibat. Proses ini dimulai dengan kontak sosial yakni bertemunya kedua pihak baik secara langsung maupun tidak langsung. Setelah terjadi kontak sosial maka akan muncul komunikasi di antara keduanya untuk memberi dan menyampaikan suatu informasi dan terjadilah interaksi sosial. 

Baca juga:  Dikenal Sebagai Kerajaan Terbesar di Nusantara, Begini Sejarah Kerajaan Majapahit

Itulah penjelasan terkait bagaimana interaksi sosial dapat terjadi. Tak bisa dipungkiri, interaksi sosial menjadi salah satu bagian penting dalam hidup. Hal ini karena interaksi sosial akan selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber:

https://edukasi.okezone.com/read/2022/05/04/624/2589339/bagaimana-proses-interaksi-sosial

https://katadata.co.id/safrezi/berita/61de96cad59a5/arti-interaksi-sosial-syarat-jenis-dan-faktornya