Bagaimana Proses Terjadinya Hujan Asam? Ini Penjelasannya!

Sumber gambar: ikons.id

Semua makhluk hidup, baik manusia, hewan dan tumbuhan sangat bergantung pada keberadaan air.  Selain air dapat diperoleh melalui sumur, sungai dan danau, air juga dapat hadir ketika hujan turun. Tak hanya untuk dikonsumsi secara pribadi sebagai air minum, air hujan juga bermanfaat bagi pertanian dan industri lain. 

Keberadaan air hujan sangat penting untuk kelangsungan hidup semua makhluk hidup di dunia ini. Namun, terdapat jenis air hujan yang alih-alih dibutuhkan keberadaannya malah harus diwaspadai karena dapat mendatangkan dampak negatif. Hujan ini disebut sebagai hujan asam. Lantas, apa itu hujan asam? simak penjelasannya berikut ini. 

Apa itu Hujan Asam? 

Hujan asam adalah hujan yang memiliki pH rendah dan mempunyai sifat asam korosif (dapat mengikis partikel lain). Hujan asam juga dikenal sebagai hujan dengan kandungan endapan asam,  yaitu sulfur (SO2) dan nitrogen oksida (NOX).  Hal paling sering yang membuat hujan asam terjadi yakni pembakaran bahan bakar fosil. Contohnya pembakaran di pusat pembangkit listrik, kendaraan bermotor, atau hal lain yang dapat memicu pemanasan global. 

Baca juga:  Cara Bayar Ruangguru Via Bank Mandiri

Proses terjadinya hujan asam dimulai dari pembakaran bahan fosil misalnya kendaraan bermotor dan pabrik, pembangkit listrik dan industri lainnya. Pembakaran ini dapat menimbulkan asap yang mengandung berbagai jenis zat di dalamnya, seperti sulfur oksida, gas karbon dioksida, dan nitrogen oksida. Ketiga jenis zat ini akan naik ke atmosfer lalu bereaksi dengan air. Dari proses ini akan terbentuk asam sulfat dan asam nitrat yang mudah larut sehingga jatuh bersama air hujan. 

Selain karena aktivitas manusia seperti  yang disebut sebelumnya, hujan asam juga dapat terjadi secara alami akibat semburan dari gunung berapi dan dari proses biologis di tanah, rawa, dan laut. Tetapi memang intensitas terjadinya hujan asam karena hal tersebut jarang terjadi. 

Baca juga:  Inilah 25 Sekolah Kedinasan Perikanan, Lulus Langsung Kerja!

Bahaya Hujan Asam

Berbeda dengan hujan pada umumnya, hujan jenis ini dapat membahayakan kehidupan. Berikut ini beberapa dampak yang dapat ditimbulkan hujan asam:

  1. Mengancam hidup tumbuhan akibat dari efek pengikisan hujan asam. Tumbuhan yang mengalami pengikisan epidermis akan mudah mengalami kekeringan. Selain itu, tumbuhan juga rentan terkena hama sebab hujan asam dapat mengubah kandungan dalam tanah
  2. Hewan terancam mati karena peningkatan jumlah karbon dioksida
  3. Dapat memicu berbagai macam penyakit pernapasan seperti asma dan bronkitis
  4. Dapat merusak material bangunan dan mengancam kelangsungan industri 
  5. Merusak ekosistem air

Itulah penjelasan bagaimana proses terjadinya hujan asam, mulai dari pengertian, proses terjadinya hingga bahaya yang ditimbulkan. Sebagai makhluk yang hidup di bumi, patutlah kita terus menjaga alam dan tidak merusaknya. 

Baca juga:  Review Ruangguru Privat, Solusi Jitu Menjawab Kebutuhan Bimbel Privat

Sumber:

https://www.orami.co.id/magazine/proses-terjadinya-hujan-asam

https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/08/172429269/apa-itu-hujan-asam