Bagaimana Proses Terjadinya Bunyi? Ini Penjelasannya!

Gambar oleh Pixabay

Kedua telinga kita berfungsi untuk mendengar bunyi, sehingga kita bisa mendapatkan sebuah informasi tentang berbagai hal di dunia ini. Bunyi dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat didengar oleh telinga. Bunyi dapat berupa getaran di udara yang bersumber dari berbagai benda yang memiliki getaran frekuensi.

Ada banyak sumber bunyi mulai dari alat musik, aktivitas manusia, maupun aktivitas alami seperti hujan, petir, percikan air dan bunyi angin. Selain itu, tentunya masih banyak hal yang menjadi sumber bunyi. Dalam kajian ilmu fisika, bunyi atau suara tersebut dapat dijelaskan secara ilmiah. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang apa itu bunyi dan bagaimana proses terjadinya bunyi.

Baca juga:  Catat! Berikut Jadwal SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2022.

Pengertian Bunyi

Bunyi dapat dikeluarkan oleh hampir semua makhluk hidup di bumi. Bunyi merupakan energi yang hadir berupa getaran melalui media udara yang berasal dari berbagai benda yang mempunyai getaran frekuensi. Jadi, bunyi dapat dikatakan sebagai energi gelombang yang bersumber dari benda yang bergetar.

Berbicara soal bunyi, kita tak akan lepas dari berbagai istilah yang terkait, misalnya nada sebagai bentuk bunyi yang memiliki frekuensi teratur, desah sebagai bunyi yang memiliki frekuensi tidak teratur, dentum sebagai bunyi yang memiliki amplitudo sangat besar dan biasanya terdengar mendadak, serta timbre sebagai bunyi yang memiliki frekuensi sama tetapi terdengar berbeda.

Proses Terjadinya Bunyi

Bunyi hanya dapat terjadi ketika memiliki tiga komponen di dalamnya, yaitu sumber bunyi, media pengantar, dan pendengar bunyi. Proses terjadinya bunyi dimulai ketika terdapat getaran dari sumber bunyi. Misalnya dari gitar yang dipetik, pita suara manusia, gendang yang ditabuh, atau petir yang menggelegar. Setelah itu, getaran akan menghasilkan gelombang bumi di udara yang berfungsi sebagai penghantar bunyi. Semakin kuat getaran, semakin kuat pula suara yang dihasilkan.

Baca juga:  Rangkuman Materi Usaha Dan Pesawat Sederhana Singkat

Setelah gelombang suara melalui perantara, bunyi akan ditangkap oleh daun telinga atau pendengar bunyi yang kemudian akan masuk ke liang telinga lalu ke gendang telinga hingga bergetar. Getaran tersebut akan diteruskan ke dalam tulang martil, tulang landasan, tulang sanggurdi hingga ke rumah siput. Getaran itu membuat rumah siput bergetar dan juga sel rambut melengkung. Selanjutnya, sinyal akan dikirim ke otak melalui saraf auditori hingga otak menerjemahkan sinyal sebagai bunyi.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang apa itu bunyi dan bagaimana proses terjadinya bunyi. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi terkait bunyi.

Sumber:

https://kumparan.com/berita-hari-ini/pengertian-jenis-jenis-dan-proses-terjadinya-bunyi-1vvZWZbSGif

https://hot.liputan6.com/read/4882966/bunyi-adalah-gelombang-dari-benda-yang-bergetar-kenali-sifat-dan-jenis-jenisnya