Bagaimana Proses pernapasan Pada Manusia

Sumber: kompascom

OMTELOLET – Seperti yang telah diketahui, benapas merupakan aktivitas penting yang dibutuhkan oleh manusia. Oleh karena itu, kesehatan sistem pernapasan pada manusia perlu untuk dijaga. Lantas, bagaimana proses pernapasan pada manusia hingga terjadinya pertukaran oksigen dan karbondioksida?

Artikel kali ini akan menguraikan terkait sistem pernapasan manusia. Mulai dari masuknya oksigen melalui hidung sampai pada alveolus, yakni tempat pertukaran okesigen dan karbondioksida. Langsung saja simak apa saja organ pernapasan dan bagaimana prosesnya.

Bagaimana Proses Pernapasan pada Manusia?

Proses pernapasan manusia bermula ketka seseorang menghirup udara melalui hidung atau mulut. Udara tersebut akan masuk menyusuri jalur udara hingga masuk ke dalam paru-paru.

Baca juga:  Syarat dan Cara Daftar PPPK Guru dan Tenaga Kesehatan 2023

Proses menghirup udara ini kemudian dikenal dengan sebutan inhalasi. Ketika proses inhalasi ini, otot diafragma akan turun dan memberikan efek vakum. Hal itulah yang mendorong udara memasuki paru-paru.

Urutan yang runtut setelah udara memasuki hidung adalah melalui kerongkongan, kemudian ke trakea, bronkus, bronkiolus, dan terakhir di alveolus sebelum udara yang penuh karbondioksida dikeluarkan kembali.

Dalam paru-paru yang sehat, setidaknya terdapat sekitar 600 juta alveolus. Di alveolus inilah terjadi pertukaran oksigen yang dihirup dengan karbondioksida. Karbondioksida merupakan hsil atau sisa metabolism sel setelah oksigen yang sebelumnya dibawa.

Oksigen yang baru didapatkan dari proses pernapasan tersebut kemudian akan dibawa ke seluruh tubuh melalui pembuluh kapiler. Jadi, oksigen tersebut nantinya akan dibawa oleh hemoglobin yang terkandung dalam sel daran merah.

Baca juga:  Membahas Tuntas Gambar Tali Busur Lingkaran dan Rumusnya

Agar paru-paru bisa berfungsi dengan baik, seluruh rangkaian pernapasan ini harus bebas dari hambatan. Baik itu berupa radang, benda asing, dahak, dan sebagainya.

Bagaimana Sistem Pernapasan Bisa Membersihkan Udara yang Dihirup?

Udara tentu saja tak bisa dihindarkan dari adanya debu. Oleh karena itu, udara yang dihirup tak bisa serampangan masuk ke dalam paru-paru. Itulah mengapa terdapat bulu dalam hidung manusia. Hal itu digunakan untuk menyaring urdara dari kotoran, seperti debu atau partikel udara lainnya.

Sayangnya, bulu hidung ini tidak bisa menyaring asap rokok. Padahal asap rokok maupun asap kendaraan memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan pernapasan. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu harus menghindari asap rokok tersebut.

Baca juga:  Program yang Ditawarkan Alta School Bilingual, TOP Banget!

Nah, itulah uraian mengenai bagaimana proses pernapasan pada manusia yang bisa kamu ketahui. Semoga uraian ini bisa membantu kamu menjawab pertanyaan tersebut.