Bagaimana Proses Penyusunan Teks Proklamasi?

Sumber: edukasi.okezone

OMTELOLET – Penyusunan teks proklamasi tidak dilakukan dalam waktu yang singkat, melainkan membutuhkan proses yang panjang. Selain itu, proses penyusunan teks proklamasi tersebut juga menuai banyak rintangan yang harus dilalui para pendiri bangsa. Bagaimana proses penyusunan teks proklamasi?

Sebelum akhirnya dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945, teks proklamasi telah melewati sejumlah proses yang tidak mudah. Hal itulah yang membuat uforia ketika proklamasi dibacakan oleh presiden pertama, Ir. Soekarno, sangatlah gegap gempita. Sebab, dengan proklamasi tersebut, Indonesia telah merdeka.

Peristiwa Sebelum Proklamasi

Meski begitu, sejarah terbentuknya teks proklamasi tersebut juga harus diketahui oleh rakyat Indonesia. Sebab, proses penyusunan itu bukanlah hal yang mudah. Adapun proses panjang yang dilalui dalam penyusunan teks proklamasi tersebut diawali dari pertemuan di Dalat.

Baca juga:  Ini Dia, Daftar Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia

Dua hari sebelum Jepang menyerah kepada sekutu pada 12 agustus 1945, tiga tokoh pahlawan nasional datag memenuhi undangan Jenderal Terauchi di Dalat. Adapun ketiga tokoh tersebut adalah Ir Soekarno, Drs. Moh Hatta, dan Dr Radjiman Wedyodiningrat.

Pada pertemuan tersebut, sang Jenderal menyampaikan beberapa hal. Di mana salah satunya adalah kabar bahwa pemerintahan Jepang akan memberikan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Kabar tersebut disambut dengan sigap oleh para tokoh nasional.

Sehingga, sepulang dari Dalat, Ir Soekarno dan Hatta diantarkan oleh Laksamana Muda Maeda untuk menemui Kepala Staff Tentara Angkatan Darat Jepang. Di mana pada pertemuan tersebut, pihak Jepang mengatakan bahwa Pemerintah Jepang belum bisa memberikan kemerdekaan bagi Indonesia.

Baca juga:  Roboguru Vs Brainly, Mana yang Lebih Bagus? Begini Hasil Perbandingannya

Hal itu tentu membuat kecewa Ir Soekarno dan yang lainnya.Lantas bagaimana proses selanjutnya hingga terbentuk teks proklamasi?

Bagaimana Proses Penyusunan Teks Proklamasi?

Ketika urusannya dengan Kepala Staff tersebut selesai, Soekarno dan Hatta kemudian pergi ke kediaman Laksamana Maeda. Hal ini dalam rangka melakukan rapat persiapan pembuatan teks proklamasi. Proses tersebut diikuti oleh sejumlah tokoh nasional yang lain.

Di antaranya adalah Achmad Soebardjo, Sukarni, BM Diah Sudiro, dan Sayuti Melik. Pada proses penyusunan tesebut, muncul gangguan dari Shigetada Nishijima yang kemudian mencampuri penyusunan teks proklamasi tersebut.

Ia memberikan saran pemindahan kekuasaan yang berarti hanya pemindahan kekuasaan administratif saja. Hal itu tentu ditentang oleh para tokoh tersebut. Selanjutnya, konsep diselesaikan dan disalin oleh Sayuti Melik.

Baca juga:  Membahas Bagaimana Cara Mempertahankan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Itulah uraian mengenai proses penyusunan teks proklamasi yang bisa kemu ketahui secara singkat. Semoga uraian tersebut dapat menjawab pertanyaanmu tentang hal itu.