Bagaimana Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia

Sumber: health.kompas

OMTELOLET – Proses pencernaan makanan pada manusia memang menjadi topik atau materi yang diajarkan pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas VI SD. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan diuraikan bagaimana proses pencernaan makanan pada manusia agar kamu lebih memahaminya.

Materi ini penting untuk diajarkan sebagai bentuk upaya agar manusia peduli terhadap Kesehatan pencernaannya. Sebagaimana kita ketahui bahwa proses pencernaan makanan dalam tubuh manusia melewati sejumlah organ. Melalui organ apa sajakah pencernaan makanan pada manusia?

Bagaimana Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia?

Seperti yang terlihat pada proses pada umumnya, makanan dimasukkan dan dikunyah di dalam mulut. Di mana di dalam organ mulut ini terdapat beberapa suborgan seperti gigi, lidah, liur yang berguna untuk membantu proses pelembutan makanan. Dalam mulut, makanan akan melalui proses mekanik dan kimiawi.

Baca juga:  Review Kelas AI for Creating Innovative Graphic Design dari Skill Academy

Selanjutnya, makanan yang sudah dikunyah akan melewati faring atau yang disebut sebagai persimpangan rongga mulut ke kerongkongan. Di dalam kerongkongan nantinya makanan akan didorong menuju lambung. Dalam kerongkongan ini pula, makanan akan mendapatkan Gerakan peristaltik.

Setelah sampai di lambung, makanan kemudian akan diolah secara kimiawi dan mekanik. Di mana secara kimiawi, makanan akan dicerna oleh asam lambung, enzim pepsin, dan renin. Sementara itu, secara mekanik, makanan akan diremas-remas di dalam lambung.

Di mana dari lambung tersebut, makanan akan didorong ke dalam usus besar. Fungsi usus besar ini adalah sebagai tempat untuk menyerap air dan mineral dari sisa-sisa makanan. Makanan yang sudah dicerna ini akan dikeluakan kembali melalui anus berupa feses.

Baca juga:  Keren! Intip 7 Insinyur Teknik Sipil Paling Insipiratif di Indonesia, Nomor 6 Nggak Nyangka

Organ Yang Terlibat Dalam Pencernaan Makanan

Jadi, menurut arus pencernaan makanan di atas, kita bisa melihat bahwa organ yang kemudian terlibat dalam proses pencernaan makanan pada manusia adalah mulut, lidah, gigi, faring, kerongkongan, lambung, usus besar, dan anus.

Proses tersebut akan terganggu apabila salah satu organ pencernaan itu bermasalah. Itulah pentingnya menjaga kesehatan organ pencernaan. Sehingga kita bisa makan dengan leluasa. Demikian uraian mengenai proses pencernaan makanan.

Semoga uraian ini bisa menjawab pertanyaanmu terkait bagaimana proses pencernaan makanan pada manusia.