Bagaimana Proses Pencernaan di Lambung? Ini Jawabannya

Sumber: suarasurabaya.net

OMTELOLET – Lambung merupakan salah satu organ penting dalam proses pencernaan makanan dalam tubuh manusia. Organ ini berada di bagian kiri atas pada perut. Dalam pencernaan, lambung merupakan organ yang menerima makanan dari kerongkongan. Lantas, bagaimana proses pencernaan di lambung?

Untuk dapat mengerti bagaimana urgensi menjaga kesehatan lambung, kamu harus mengetahui beberapa fungsi penting lambung bagi tubuh manusia. Selain itu, proses pencernaan di lambung pun perlu diketahui untuk lebih menghargai kesehatan.

Fungsi Lambung pada Tubuh dan Proses Pencernaan Pada Lambung

Tidak hanya untuk mencernakan makanan, lambung memiliki beberapa fungsi penting lainnya. Di antara fungsi lambung tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Mencerna Makanan

Pada bagian awal telah dijelaskan bahwa lambung memiliki fungsi dalam mencerna dan mengolah makanan. Pasalnya, di dalam organ ini terdapat banyak jaringan yang menyelimutinya. Selain jaringan, organ ini juga mengandung berbagai enzim yang berguna untuk membantu mencerna makanan.

Baca juga:  Langkah-langkah dalam Membuat Rangkuman Materi

Proses pencernaan menuju lambung diawali dengan masuknya makanan dari mulut ke kerongkongan. Sebagai informasi, di dalam lambung sendiri terdapat dua jenis proses pencernaan makanan, yakni pencernaan mekanik dan kimiawi.

Sebab, di lambung terdapat gerak peristaltic yang berfungsi untuk mendorong makanan menuju ke lambung. Makanan yang telah sampai di lambung akan kembali diproses secara mekanik dan dihaluskan menggunakan otot-otot pada lambung.

Selain itu, pada organ ini terjadi pula pencernaan dengan bantuan berbagai enzim. Hal inilah yang membuat proses pencernaan di lambung juga disebut sebagai pnecernaan kimiawi.

  1. Mengandung Enzim Pencerna Makanan

Di antara beberapa enzim yang terdapat dalam organ ini adalah enzim pepsin, renin, dan asam klorida. Adapun enzim pepsin sendiri memiliki fungsi untuk mengubah protein menjadi asam amino.

Baca juga:  Bagaimana Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia

Sementara, enzim renin akan mengubah protein menjadi kasein, ketika asam klorida (HCl) membantu memecahkan protein.

  1. Menyimpan Makanan

Setelah diproses, makanan tidak langsung disalurkan ke usus halus, melainkan beberapa tersimpan di dalam lambung. Jadi, salah satu fungsi dari lambung adalah menyimpan makanan yang dikonsumsi.

  1. Memilih dan Membuang Zat Berbahaya

Lambung juga menghasilkan asam hidrokloril. Cairan berfungsi untuk memudahkan lambung dalam memecah makanan dan memilah serta membuang zat atau mikroba berbahaya yang ada dalam makanan. Sehingga, nantinya makanan yang diserap oleh tubuh akan lebih aman.

  1. Menyerap Zat Berguna bagi Tubuh

Selain memilah zat yang berbahaya, lambung juga memiliki kemampuan untuk menyerap zat-zat berguna bagi tubuh. Sebab, lambung juga memproduksi zat yang mempu mempermudah tubuh dalam menyerap zat berguna seperti vitamin B12.

Baca juga:  Apakah Skill Academy Dapat Sertifikat? Berikut Info Lengkapnya

Nah, begitulah uraian mengenai proses pencernaan di lambung yang bisa kamu ketahui. Semoga uraian ini bisa membantu kamu dalam menjawab pertanyaan terkait persoalan tersebut.