Bagaimana Proses Pembuatan Baju? Ini 6 Langkahnya

Sumber: kabar-lumajang.pikiran-rakyat

OMTELOLET – Bagaimana proses pembuatan baju? Soal ini seringkali dipertanyakan pada materi Tematik kelas 4 SD. Materi mengenai proses pembuatan baju ini penting diektahui oleh anak. Pasalnya, proses ini akan memberikan pengetahuan kepada anak bahwa pakaian yang ia gunakan ternyata membutuhkan pengolahan yang tidak sederhana.

Nah, untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, uraian kali ini bisa menjadi salah satu referensi bagi orang tua untuk membantu anak mengisi jawabannya. Setidaknya, akan diuraikan 6 langkah penting dalam proses pembuatan baju yang bisa dipelajari.

Ini Jawaban Bagaimana Proses Pembuatan Baju

Perlu anak-anak pikirkan bahwa perjalanan baju yang ia kenakan berawal dari sebuah kapas yang kemudian dikelola menjadi benang. Untuk sampai bisa dijahit, benang-benang tersebut harus diolah terlebih dahulu untuk disatukan menjadi kain.

Baca juga:  Mengenal Apa itu Independen? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Barulah kain yang telah siap akan dijahit menjadi baju yang siap pakai. Berikut ini adalah rangkuman proses panjang perjalanan kapas menjadi sebuah baju.

  1. Memetik Kapas

Sebagai informasi penting, sebuah baju atau pakaian, pada umumnya berbahan dasar kapas. Kapas sendiri dapat diperoleh dari suatu pohon kapas yang memiliki batang kayu yang cukup tinggi. Bunga dari pohon kapas sendiri harus dipetik dan dikeringkan terlebih dahulu.

Barulah kemudian kapas bisa diproses untuk dijadikan benang. Tentu saja proses memetic kapas ini sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

  1. Memintal

Setelah bunga kapas yang dipetik tadi sudah dikeringkan, seratnya kemudian dipintal. Hasil dari proses memintal kapas kering tadi akan menghasilkan benang jahit seperti yang banyak kita temui di tukang jahit.

  1. Menenun

Benang jahit yang telah jadi kemudian harus ditenun terlebih dahulu untuk menjadi sebuah lembaran kain. Jika kamu melihat baju yang memiliki berbagai motif dengan warna yang berbeda-beda, itu dihasilkan dari benang yang telah dicelup ke dalam pewarna sebelumnya.

Baca juga:  Inilah Cara Cek Hasil PPDB Jabar 2022 yang Diumumkan Hari Ini

Proses menenun ini sangatlah rumit. Seperti misalnya, kain songket Palembang yang merupakan kain tradisional, itu masih menggunakan proses tenun manual.

Namun, kini proses menenun telah dilakukan menggunakan mesin modern. Sehingga kain yang dihasilkan pun cukup banyak dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama.

  1. Membuat Pola

Ketika kain telah siap, maka proses selanjutnya adalah membuat pola baju atau pakaian yang hendak dibuat. Dengan adanya pola, tentu saja pakaian yang dihasilkan akan sesuai dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan.

  1. Memotong dan Menjahit

Pola yang sudah terbentu kemudian siap untuk dijahit menjadi pakaian yang siap pakai. Nah, itulah penjelasan mengenai bagaimana proses pembuatan baju yang bisa kamu ketahui, semoga bermanfaat, ya!